Advertorial

Antisipasi Perlambatan Ekonomi Global, BRI Siapkan Rp3 Triliun untuk Buyback Saham

Kompas.com - 17/03/2020, 13:14 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sudah menyiapkan strategi dalam menghadapi perlambatan ekonomi global akibat pandemi COVID-19. Bank pelat merah ini mengalokasikan dana Rp3 triliun untuk membeli kembali saham berkode bursa BBRI.

Rencana buyback ini terungkap dalam Surat Keterbukaan Informasi perusahaan tertanggal 13 Maret 2020. Adapun, nilai pembelian saham kembali tersebut tidak akan melebihi 20% dari jumlah modal disetor dengan ketentuan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal disetor perseroan.

Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, aksi buyback saham perseroan tersebut untuk merespons kebijakan relaksasi yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Relaksasi diberlakukan demi menyikapi tekanan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

“Aksi korporasi ini akan menggunakan kas internal perusahaan dan tidak akan memengaruhi kondisi keuangan BRI. Saat ini, kami memiliki modal kerja dan cash flow yang memadai untuk membiayai seluruh kegiatan usaha perseroan,” imbuh Sunarso.

Nantinya, Sunarso menambahkan, pembelian kembali saham ini akan dialokasikan sebagai treasury stock. BRI pun siap melakukan buyback kapan saja bila dianggap perlu.

“Eksekusi buyback siap dilakukan kapan saja dalam periode tiga bulan terhitung sejak 13 Maret-12 Juni 2020, mengingat kondisi likuiditas dan permodalan BRI yang memadai,” pungkas Sunarso.

Perlu diketahui, saham berkode BBRI terus tertekan sepanjang Maret 2020. Hal ini terjadi akibat perlambatan ekonomi global karena pandemi COVID-19.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.