Advertorial

Konsumsi Air Mineral dan Istirahat yang Cukup Bisa Jaga Stamina Tubuh Anda

Kompas.com - 24/03/2020, 10:25 WIB
Ilustrasi orang minum air mineral. Dok.ShutterstcokIlustrasi orang minum air mineral.

Di musim pancaroba dengan perubahan cuaca yang tak menentu bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Baik dikarenakan kondisi tubuh yang lemah atau juga virus.

Selain menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari penyakit di musim pancaroba.

  • Selalu higienis
    Pertama yang harus dilakukan adalah kepedulian akan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pastikan mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah bepergian, dan jika tangan kotor. Jangan lupa untuk mengganti pakaian atau segera mandi setelah berpergian ke luar rumah.

    Kebersihan rumah juga harus dijaga. Bersihkan tempat-tempat yang memungkinkan kuman bersarang, seperti sela-sela lemari, belakang hiasan dinding, dan bagian dalam gorden. Bagi Anda yang juga bekerja, jaga kebersihan lingkungan kerja seperti meja kantor dengan cairan disinfektan.

  • Istirahat yang cukup
    Miliki waktu tidur yang cukup. Pastikan Anda tidak begadang melakukan hal sia-sia ya.
    Namun, jika sudah terserang demam, flu, atau diare, pastikan Anda banyak beristirahat.

    Berdiam diri di rumah dan minimalkan aktivitas akan membantu tubuh untuk recovery dengan baik. Singkirkan pekerjaan dan jauhkan diri sementara dari ponsel, supaya Anda mendapatkan istirahat yang maksimal. 

  • Pastikan tubuh terhidrasi dengan benar
    Kekebalan tubuh harus dimiliki untuk membentengi diri dari ancaman berbagai penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan hidrasi sehat lewat konsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup.

    Menurut Tria Rosemiarti, Nutrition and Science Director Danone-AQUA, mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang memadai juga mempunyai manfaat besar untuk membantu fungsi dan sistem organ tubuh seperti jantung, otak, dan otot berjalan baik. (Pivarnik JM and Palmer RA. (1994) Water and electrolytes during exercise.)

    Selain itu, hidrasi yang sehat juga bisa membantu proses eliminasi sisa metabolisme dalam tubuh serta membawa nutrisi ke sel-sel tubuh. (Santoso, Hardinsyah, Siregar, Pardede. 2017)

    Namun, permasalahannya saat hujan dan udara dingin Anda kerap tidak merasa haus. Selain itu, saat tubuh demam atau flu, rasa haus juga terkadang terabaikan.

    Padahal, hidrasi sehat dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko dehidrasi. Apalagi saat demam, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga membutuhkan cairan yang lebih banyak.

    Atau saat hidung tersumbat, maka Anda akan bernapas melalui mulut. Saat inilah Anda akan kehilanganan air lebih banyak yang keluar melalui mulut dibandingkan dengan bernapas melalui hidung.

    Kehilangan air lebih dari satu persen berat tubuh, bisa berdampak terhadap penurunan kemampuan fisik dan kognitif tubuh. Bahkan, pengaturan suhu tubuh dan fungsi kardiovaskular bisa terganggu (Harvard Health, The Importance of Staying Hydrated).

    Gangguan tersebut bisa menurunkan kekebalan tubuh dan pada saat kekebalan tubuh menurun yang disertai ketidakseimbangan fungsi organ tubuh, kita akan rentan terhadap penyakit menular.

    Pasalnya, air membantu menjaga fungsi fisik dan kognitif normal dengan asupan minimal 2 liter per hari (Kementerian Kesehatan RI. Angka Kecukupan Gizi bagi Orang Indonesia. 2013)

    Tak hanya itu, salah satu manfaat hidrasi yang telah divalidasi oleh European Food Safety Authority (EFSA) adalah air membantu mengatur suhu tubuh sehingga sangat baik bagi demam.

    Konsumsi air mineral berkualitas dari AQUA bisa Anda lakukan. Danone-AQUA berkomitmen untuk terus menyediakan air mineral yang berasal dari sumber air terlindungi, demi melindungi kesehatan bagi keluarga Indonesia. 

    AQUA melindungi kealamian ekosistem sumber airnya sehingga kekayaan dan kealamian mineralnya senantiasa terlindungi. Setelah memilih sumber terbaik, kami melakukan upaya-upaya nyata untuk melindungi sumber air kami. Ini semua kami lakukan untuk selalu melindungi keluarga Indonesia,” ujar Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo.

Dengan demikian, untuk menjaga kesehatan, pastikan Anda minum air secara teratur. Jadi, sudah berapa banyak air mineral yang Anda minum hari ini?

Informasi lebih lanjut, silakan klik tautan berikut ini.