Advertorial

4 Alasan Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Kompas.com - 27/03/2020, 11:19 WIB
Setiap pengusaha tentunya ingin bisnisnya terus berkembang, memisahkan rekening bisnis dan pribadi adalah salah satu upaya penting yang perlu dilakukan. Dok. ShutterstockSetiap pengusaha tentunya ingin bisnisnya terus berkembang, memisahkan rekening bisnis dan pribadi adalah salah satu upaya penting yang perlu dilakukan.

 

Saat kamu menjalankan sebuah bisnis, pengaturan keuangan tentunya menjadi elemen penting untuk kelangsungan usahamu. Selain tertata rapi dan transparan, pengaturan keuangan bisnis harus dikelola secara profesional.

Salah satu cerminan pengelolaan keuangan bisnis yang profesional adalah dengan memisahkan rekening pribadi dengan bisnis. Mengapa harus dibuat terpisah? Simak alasannya di bawah ini.

1. Mudahkan perencanaan keuangan

Memantau masuk dan keluarnya uang perusahaan akan jadi lebih mudah jika kamu memisahkan rekening bisnis dengan pribadi. Hal ini akan sangat membantumu menyusun laporan keuangan bisnis secara lebih rapi dan tertata.

Laporan keuangan yang rapi akan memudahkanmu untuk membuat perencanaan keuangan, sehingga pengeluaran dan pendapatan perusahaan dapat diprediksi sejak awal.

2. Evaluasi kinerja perusahaan

Performa bisnis dapat dilihat secara lebih baik dengan memisahkan rekening pribadi dan bisnis. Arus kas perusahaan yang tercampur akan menyulitkanmu dalam menghitung peningkatan laba dan rugi dalam bisnismu.

Lewat penghitungan arus kas yang tepat, kamu bisa mengevaluasi kondisi dan kinerja perusahaan secara lebih tepat.

3. Pengambilan keputusan bisnis

Keputusan bisnis yang tepat akan membantumu memaksimalkan keuntungan perusahaan. Hal ini akan mendorong daya saing dan perkembangan usahamu ke arah yang lebih positif.

Hal tersebut dapat terwujud dengan perencanaan keuangan dan evaluasi kinerja bisnis yang tepat lewat pemisahan rekening bisnis dan pribadi.

4. Perhitungan pajak

Pajak menjadi salah satu komponen penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Pajak sendiri dihitung dari laba bersih yang diperoleh dari usaha yang dijalankan. Terbayang kan kompleksnya perhitungan pajak jika keuangan pribadi digabung dengan bisnis?

Oleh karenanya, pemisahan rekening bisnis dan pribadi sangatlah penting terkait dengan persoalan pajak. Perhitungan pajak yang tidak sesuai tentunya akan merugikan bisnis dari segi profit.

Agar lebih mudah memisahkan rekening bisnis dan pribadi, kamu bisa memanfaatkan Akun Bisnis di Jenius.

Fitur ini adalah rekening tambahan bagi pengguna Jenius yang memiliki usaha untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dalam satu aplikasi. Kamu bisa berpindah dari akun bisnis dan personal dengan dengan cepat di aplikasi Jenius.

Aktivasinya pun sangat mudah dan tidak perlu registrasi ulang. Terlebih, kamu bisa menikmati berbagai kemudahan seperti aktivasi yang praktis tanpa perlu ke bank (cukup di aplikasi), tanpa setoran minimum, dan tanpa dokumen tambahan.

Setelah mengaktifkan akun bisnis, kamu secara otomatis akan mendapatkan nomor rekening dan $Cashtag baru, sehingga memudahkan segala transaksi bisnismu.

Selain itu, kamu juga bisa mengirim uang ke sesama Jenius atau bank lain secara lebih praktis dengan fitur “Send It”. Kamu bahkan bisa membuat penjadwalan pengiriman uang sesuai tanggal yang ditentukan dan mengatur frekuensi uang sesuai waktu yang diinginkan.

Memeriksa transaksi bisnis pun semakin mudah dengan fitur “In & Out” yang dimiliki Jenius. Kamu dapat menggunakan fitur ini untuk melihat laporan uang masuk dan keluar dalam periode waktu tertentu.

Lebih jauh lagi, kamu bisa melihat transaksi keluar masuk berdasarkan nominal, kategori, periode, dan tipe transaksinya. Kamu juga bisa mengunduh histori transaksi bisnismu dalam periode tertentu langsung di aplikasi, tanpa harus pergi ke bank.

Bertransaksi online untuk keperluan bisnis makin praktis dan mudah dengan hadirnya fitur m-Card, kartu debit virtual yang secara otomatis tersedia setelah mengaktifkan akun bisnis. Kamu bisa mengatur limit dan cek histori transaksi m-Card dari menu “Card Center” yang tersedia di aplikasi Jenius.

Sebagai pendukung Akun Bisnis, Jenius juga merilis aplikasi Bisniskit untuk membantu memaksimalkan potensi bisnismu.

Bisniskit dapat memberikan banyak kemudahan untuk pengelolaan bisnis. Kemudahan ini mulai dari membantumu membuat pencatatan bisnis yang lebih simpel, menyajikan data yang lebih jelas, hingga mempercepat pertumbuhan usahamu.

Jadi tunggu apa lagi? Segera pisahkan rekening bisnis dan pribadi agar usahamu dapat berkembang secara maksimal. Manfaatkan inovasi Akun Bisnis dan aplikasi Bisniskit dari Jenius agar menjalankan bisnis menjadi lebih mudah dan praktis.

Kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya mengenai Akun Bisnis dari Jenius.