Advertorial

Berbekal Ilmu Baru, Tim Suryanation Motorland Berniat Majukan Custom Scene Indonesia

Kompas.com - 29/03/2020, 17:41 WIB
Tim Surynation Motorland saat melakukan touring Dok. Suryanation MotorlandTim Surynation Motorland saat melakukan touring

Tim Suryanation Motorland hampir menyelesaikan perjalanan penuh inspirasinya di Amerika Serikat. Negara Paman Sam tersebut mempunyai banyak sekali builder-builder dengan nama besar di dunia motor internasional.

Setelah sebelumnya sempat mendatangi Mooneys Company, Chopper Dave’s, dan juga Arlen Ness Motorcylces. Sekarang tim melanjutkan pencarian ilmu baru dengan mengunjungi dua bengkel ternama lainnya di Los Angles, yaitu Chabbott Engineering dan Powerplant Motorcycles.

Chabbott Engineering merupakan bengkel yang didirikan oleh builder asal jepang, yaitu Shinya Kimura. Shinya mulai membangun bengkelnya di Amerika Serikat dari tahun 2006.

Walaupun sudah mempunyai bengkel di Jepang dengan banyak karyawan, ia bertekad memenuhi hasratnya di dunia custom dan bekerja sendiri dalam proses pembuatan motor demi menjaga kualitas motor garapannya, meski harus mengorbankan kuantitas.

Jika dihitung, Shinya membutuhkan sekitar satu tahun untuk membangun satu motor. Karena, membangun suatu karya harus bisa konsisten, terutama jika berbicara mengenai kualitasnya.

"Sebagai builder, kita harus yakin dengan kemampuan dan karya yang kita buat. Konsistensi terhadap kualitas juga merupakan salah satu kunci yang paling terpenting untuk bertahan di industri ini," ujar Shinya.

Setelah itu, tim berlanjut ke Powerplant Motorcycles. Dirintis oleh Yanis Evan sejak 2002, motor yang berada di sini mempunyai style yang banyak dipengaruhi oleh kultur hot rod dan dunia penerbangan.

Pembuatan motor disini juga mempunyai ciri khasnya sendiri. Yaniv biasa membuat segala part untuk motor yang sedang dibangunnya menggunakan tangannya sendiri (hand made), mulai dari frame, sistem rem, sampai part mesin.

Kenyang mendapatkan ilmu dari builder, tim Suryanation Motorland melanjutkan perjalanannya sebagaidengan melakukan touring di Amerika Serikat.

Perjalanan tim Surnayation Motorland menjelajah kota Los Angeles, dan mampir ke landmark populer seperti Hollywood Sign, lalu lanjut ke Mulholland Drive menikmati pemandangan.

Menurut pemenang Suryanation Motorland Battle Medan, Budi Kurniawan, perjalanan ini sangatlah berkesan karena tidak semua orang dapat merasakan kesempatan langka ini. Hal serupa juga diucapkan oleh Luthfi Ardika, pemenang Suryanation Motorland Battle Surabaya.

“Bertemu Shinya Kimura merupakan kesempatan langka. Kami berdiskusi mengenai dunia custom, dedikasinya, dan karya-karyanya yang keren. Saya dapat banyak pelajaran berharga darinya,” kata Lufti.

Komang Gde Putra, builder Indonesia dari Kedux Garage yang sempat mencoba motor garapan Yanis Evan mengaku sangat mengagumi karya builder Amerika Serikat itu.

“Seru sekali bisa mencoba motor garapan Yaniv yang sangat rapi dan detail ini. Ia bahkan membuat sendiri sebagian besar part untuk motornya. Kali ini saya banyak belajar mengenai teknik yang ia gunakan sehingga bisa membantu saya dalam membuat motor setelah kembali ke Indonesia,” ujar Komang.

Hal ini sejalan dengan salah satu misi Suryanation Motorland untuk mendukung para builder Indonesia dan memperkaya custom scene tanah air.

“Diharapkan rangkaian perjalanan ke Amerika Serikat ini bisa menambah inspirasi builder Indonesia yang diwakili oleh para pemenang Suryanation Motorland Battle 2019,” tutup Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Selain mendapatkan banyak inspirasi custom, tim Suryanation Motorland juga mendapatkan ilmu dari segi bisnis.

“Saat mengunjungi Arlen Ness Motorcycle, saya belajar tentang bagaimana sebuah brand custom bisa bertahan dan menjadi besar,” menurut Den Dimas, yang merupakan salah satu bagian dari tim Suryanation Motorland.

Menurutnya, perjalanan di Amerika ini sangat memorable dan seru. “Saya bangga bisa menjadi bagian tim yang membawa empat motor karya builder Indonesia ke Amerika,” tutupnya.

Jika Anda merupakan pecinta motor custom, ikuti terus keseruan Suryanation Motorland 2020 dengan mengunjungi website https://www.suryanation.id/. Bisa juga melalui channel Youtube: Official Suryanation Motorland dan akun Instagram resmi @suryanation_motorland.

Show Your Pride!!!