Advertorial

Melalui Agen BRILink, BRI Salurkan Bantuan Sembako Senilai 5 Miliar ke Masyarakat Terdampak COVID-19

Kompas.com - 31/03/2020, 11:46 WIB
Ilustrasi transaksi di Agen BRILink. Dok. BRIIlustrasi transaksi di Agen BRILink.

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan bantuan sembako langsung (BSL) kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Bantuan tersebut disalurkan melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR) BRI. Jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 50 ribu paket dengan total senilai Rp5 miliar. Adapun dalam pembagian tahap pertama, setiap satu paket sembako terdiri dari 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan lain-lain.

“Sebagai bagian dari korporasi BUMN, kegiatan ini merupakan kontribusi kami untuk ikut meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Rencananya, pembagian sembako gratis akan dilakukan secara bertahap di beberapa wilayah. Khususnya, wilayah yang terdampak COVID-19, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, dan Denpasar.

Aman menegaskan, demi memudahkan penyaluran dan menghindari penularan COVID-19, BRI akan bekerja sama dengan Agen BRILink di setiap wilayah untuk membagikan paket sembako. Keberadaan Agen BRILink sendiri merupakan wujud BRI yang selalu hadir memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami pastikan bantuan ini bisa disalurkan dengan optimal dan bisa tepat sasaran untuk masyarakat yang membutuhkan,” tegas Amam.

Bantuan sembako langsung ini merupakan salah satu inisiatif perseroan dalam melaksanakan tanggap jawab sosial kepada lingkungan dan masyarakat. Selain itu, penyaluran bantuan ini juga menindaklanjuti arahan pemerintah untuk melaksanakan physical distancing sebagai pencegahan penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, BRI juga telah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana penunjang Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Rinciannya, 3 buah kendaraan roda tiga, 3 freezer, 3 cooler, 5 misty fan, 10 troli, 500 palet, 30 buah dispenser, 100 galon air mineral, dan puluhan kain pembersih lantai.

Tak hanya itu, BRI juga menyediakan wastafel portabel yang diletakkan di sekitar area kantor operasional BRI. Wastafel ini untuk memudahkan masyarakat umum menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan dengan bersih.