Advertorial

Tingkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Kompas.com - 06/04/2020, 15:42 WIB
Penyakit mudah menyerang jika tubuh tidak memiliki imunitas yang baik. Dok. Laboratorium Klinik ProdiaPenyakit mudah menyerang jika tubuh tidak memiliki imunitas yang baik.

Imunitas tubuh sangat penting untuk dijaga dengan baik karena memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Imunitas atau daya tahan tubuh dapat saja menurun ketika bakteri, virus, parasit maupun jamur menyerang sehingga dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit.

Beberapa penyebab menurunnya imunitas tubuh, di antaranya adalah kurang berolahraga, kurang istirahat, pergantian cuaca, kurangnya asupan nutrisi, dan juga stres yang berlebih.

Imunitas tubuh setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang memiliki imunitas yang rendah maupun yang kuat.

Maka dari itu, coba terapkan beberapa cara berikut agar dapat menjaga hingga meningkatkan imunitas tubuh supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Perbanyak makan sayur dan buah

Cara termudah menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh Anda adalah dengan memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Perbanyak makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, dan nutrisi lainnya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, pastikan pula pola makan, usahakan untuk makan secara teratur dan tepat waktu sesibuk apa pun kegiatan Anda. Jangan lupa untuk cukupi konsumsi air putih, sedikitnya delapan gelas per hari.

  1. Istirahat yang cukup

Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam. Tubuh menghasilkan sedikit antibodi pada saat tubuh kurang beristiraha sehingga tubuh menjadi lebih mudah stres dan imunitas dapat lebih menurun. Cukupi jam istirahat Anda agar tubuh tetap fit.

  1. Perbanyak olahraga

Dengan rutin berolahraga, kebugaran dan kesegaran tubuh Anda akan meningkat yang turut meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Setidaknya, coba untuk rutin berolahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Usahakan berolahraga di luar ruangan saat pagi hari agar Anda cukup terpapar sinar matahari yang juga baik untuk tubuh. Beberapa penelitian mendukung teori bahwa vitamin D dalam tubuh yang aktif setelah berjemur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi saluran pernapasan akut.

  1. Hindari stres

Hindari rasa stres berlebih karena dapat mempengaruhi suasana hati dan juga berakibat menurunkan sistem daya tahan tubuh. Ini dikarenakan kadar kortisol dan adrenalin lebih tinggi sehingga membuat Anda mudah jatuh sakit. Kelola agar stres tidak berlebih dengan meluangkan waktu santai dengan melakukan hobi atau kegemaran Anda.

  1. Konsumsi suplemen maupun vitamin

Lengkapi pola hidup sehat Anda dengan mengonsumsi suplemen maupun vitamin, terlebih jika Anda merasa asupan yang dikonsumsi kurang bernutrisi.

Suplemen yang mengandung vitamin B6, C, D, E dapat membantu tubuh menjaga hingga meningkatkan imunitas. Vitamin C misalnya, dapat menstimulasi sistem imun untuk melawan sel-sel asing yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Jaga kebersihan tubuh

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau gunakan hand sanitizer.

Tanpa disadari, orang sering memegang muka, hidung atau mengucek mata dengan tangan yang belum tentu bersih. Cuci tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri dan menjaga sistem imun.

  1. Rutin lakukan pemeriksaan kesehatan

Lakukan pemeriksaan kecukupan vitamin dan mineral dalam tubuh untuk mencegah berbagai jenis penaykit menyerang. Manfaatkan harga spesial untuk semua pemeriksaan Paket Daya Tahan Tubuh selama bulan Maret hingga April 2020 hanya di Laboratorium Klinik Prodia.

Program ini hanya berlaku untuk pemesanan yang dilakukan melalui e-Prodia (Pesan Online Prodia) pada kolom “Penawaran Spesial”. Untuk informasi lebih lanjut mengenai paket pemeriksaan daya tahan tubuh, kunjungi www.prodia.co.id atau hubungi Kontak Prodia 1500 830.