Advertorial

Lebih Mudah dan Hemat Penuhi Kebutuhan Ramadan dengan 4 Tips Ini

Kompas.com - 06/04/2020, 18:53 WIB

Kurang dari satu bulan lagi, umat Muslim akan memasuki bulan Ramadan. Biasanya, pada bulan ini biaya bulanan akan meningkat. Hal ini dikarenakan ada beberapa  pengeluaran yang tidak biasa, mulai dari buka puasa bareng teman, beli baju lebaran, hingga THR untuk orang terdekat.

Nah, supaya tidak tekor saat Lebaran, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut untuk menyelamatkan keuangan saat Ramadan tiba.

1. Catat rencana pengeluaran

Catat semua kebutuhan selama satu bulan. Mulai dari beras, minyak, gula, teh, kurma, hingga daging dan sayur. Anda bisa belanja sesuai dengan catatan tersebut. Ingat, harus disiplin ya karena saat Ramadan biasanya kita punya lebih banyak keinginan dibandingkan hari biasanya.

Selanjutnya, Anda juga bisa mencatat kebutuhan akan baju lebaran. Misalnya, tahun ini akan mebelikan baju lebaran bagi siapa saja. Tulis secara lengkap beserta anggarannya supaya bisa diprioritaskan. 

2. Beli secara bertahap

Supaya tidak merasa menyesal, Anda bisa membeli kebutuhan secara bertahap. Misalnya minggu ini, Anda membeli kebutuhan untuk dua minggu ke depan, minggu selanjutnya Anda bisa membelinya lagi.

Mengapa? Sebab, Anda tidak pernah tahu kapan ada diskon atau promo yang akan menguntungkan dompet.

3. Manfaatkan promo yang ada

Sekarang hampir semua tempat perbelanjaan memiliki program yang menarik. Anda bisa memanfaatkannya supaya lebih hemat, seperti promo ramadhan yang ada di Tokopedia mulai dari 1 April - 13 Mei 2020.

Guna mendukung Anda dalam menyambut bulan Ramadan, Tokopedia memberikan promo berupa bebas ongkos kirim hingga lima kali sehari, penawaran menarik dari puluhan brand, dan potongan harga hingga 99 persen dari berbagai kategori produk.

Selain itu, mulai 6 April – 13 Mei 2020, Tokopedia punya Kotak Kejutan yang berisi berbagai hadiah menarik. Mulai dari kupn diskon, kupon cashback, OVO Points, hingga kupon undian Grand Prize.

Tak tanggung-tanggung, hadiah Grand Prizenya berupa 1.000 powerbank, 500 emas 1 gram, 50 buah smartphone, 5 motor, dan 1 mobil. Tentu, Anda juga bisa berkesempatan memenangkannya.

Satu lagi yang tak boleh terlewat dari Tokopedia adalah Gajian Ekstra. Anda bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari baju, kosmetik, aksesoris, hingga makanan dengan harga murah meriah. 

4. Bayar dengan cara digital

Supaya lebih mudah dalam melakukan pembelian di Tokopedia, Anda bisa menggunakan OVO untuk pembayarannya. Anda juga bisa top-up OVO melalui Tokopedia lho. Jadi, semua transaksi lebih praktis dalam satu aplikasi, Tokopedia.

Melalui Tokopedia, Anda bisa penuhi semua kebutuhan Ramadan. Nikmati juga berbagai promo Ramadhan, hadiah, dan penawaran menarik yang bisa membuat pengeluaran lebih hemat. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com