Advertorial

Sambut Bulan Puasa, Ini 5 Tips Aktivitas Ngabuburit Asyik dan Produktif

Kompas.com - 13/04/2020, 15:52 WIB
- SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGES.-

Lebih kurang seminggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadan atau akrab disebut bulan puasa. Bagi umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia pasti akan menyambutnya dengan suka cita.

Sesuai dengan namanya, yakni bulan puasa, seluruh umat Muslim akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Jika berbicara tentang puasa, pasti istilah “ngabuburit” tak akan bisa lepas darinya.

Asal tahu saja, ngabuburit merupakan istilah yang berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti menunggu waktu berbuka puasa. Ya, bagi mereka yang berpuasa, momen menanti adzan magrib sebagai penanda waktu berbuka puasa adalah salah satu momen penting.

Nah, supaya saat-saat menunggu waktu adzan magrib tidak membosankan dan tetap asyik serta produktif, silakan simak 5 tips aktivitas “ngabuburit” yang bisa Anda lakukan berikut.

  1. Meningkatkan ibadah

Bulan Ramadan tentu tak datang setiap saat, melainkan hanya setahun sekali. Oleh karena itu, banyak orang yang benar-benar memanfaatkan momen bulan suci ini. Salah satu caranya dengan memaksimalkan aktivitas ibadah, seperti mengaji atau mendengarkan kultum menjelang petang.

Supaya aktivitas ibadah lebih bermakna, ada baiknya untuk mengajak serta seluruh keluarga di rumah. Hal ini tentu akan membuat kegiatan ngabuburit menjadi lebih berfaedah.

  1. Membaca buku

Ada ungkapan, “buku merupakan jendela dunia”. Nah, dengan demikian semakin sering Anda membaca buku, maka semakin luas ilmu pengetahuan yang didapatkan. Tentu aktivitas produktif ini sangat bisa dilakukan saat ngabuburit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain buku dalam bentuk cetak, saat ini banyak pula buku yang sudah tersedia dalam bentuk audio. Jadi, jika sudah merasa bosan untuk membaca, Anda bisa mendengarkan audio book untuk variasi kegiatan.

  1. Streaming film terbaru

Ingin kegiatan lain yang lebih seru? Menonton film jawabannya. Saat ini, bahkan Anda tak perlu repot-repot untuk pergi ke bioskop guna menonton film terbaru. Pasalnya, sudah banyak platform bioskop online yang bisa Anda manfaatkan dengan layanan streaming kapan saja dan dimana saja.

Dengan banyaknya opsi layanan bioskop online, kini menonton streaming film terbaru atau menonton acara televisi secara online jadi semakin mudah.

Permasalahannya, semakin banyak opsi streaming yang tersedia di pasaran juga berarti semakin banyak varian metode pembayaran yang tersedia sehingga membayar layanan streaming pun jadi makin membingungkan.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa membayar tagihan atau berlangganan layanan streaming di Tokopedia secra mudah dan praktis dalam hitungan menit. Adapun layanan streaming yang bisa Anda bayar di Tokopedia mencakup Joox, Genflix, Catchplay, VIU, dan iflix.

  1. Belanja online

Selain menonton film secara online, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya secara online saat ngabuburit, yakni berbelanja. Terlebih, biasanya akan ada banyak promo menarik yang bisa Anda manfaatkan saat bulan puasa atau menjelang hari Lebaran.

  1. Bermain game online

Bagi kaum milenial dan generasi Z, aktivitas bermain game online tampaknya sudah menjadi kegiatan wajib setiap harinya.

Nah, aktivitas ini juga bisa dilakukan saat menunggu adzan magrib tiba. Agar menambah semarak, Anda bisa pula mengajak keluarga atau teman untuk bermain game online bersama. Adapun game online yang saat ini banyak digandrungi adalah permainan Mobile Legend (ML) dan Free Fire (FF).

Dalam bermain game, tentu sebuah kemenangan jadi incaran utama setiap pemain. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu upgrade kemampuan dengan cara top up.

Jangan khawatir untuk cara pembelian top up voucher game yang ruwet, karena dengan melakukan pembayaran di Tokopedia Anda bisa dengan mudah dan praktis melakukan transaksi pembelian. Jadi ingat, selalu top up ML dan top up FF di Tokopedia, ya.

Melalui Tokopedia, Anda bisa penuhi semua kebutuhan Ramadan. Nikmati juga berbagai promo Ramadan, hadiah, dan penawaran menarik lainnya yang bisa membuat pengeluaran lebih hemat. Jangan lupa pula untuk melakukan top up Ovo guna transaksi belanja online yang lebih praktis!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.