Advertorial

Terkesan Sepele, Ternyata Memberi Kartu Lebaran Punya Manfaat Besar

Kompas.com - 15/04/2020, 11:37 WIB

KOMPAS.com – Satu atau dua dekade lalu, kartu Lebaran menjadi pilihan utama untuk menyambung silaturahmi, terutama bagi kerabat yang terpisah jarak.

Saat itu, kartu Lebaran dipilih karena memang teknologi telekomunikasi belum berkembang sepesat sekarang. Pesan selamat Lebaran ditulis melalui kartu dan dikirimkan via Pos.

Ketika mendapatkan kartu Lebaran, perasaan senang dan bungah menyeruak. Tak heran, ada beberapa orang mengoleksi dan menyimpan kartu Lebaran yang diterima.

Selain karena desain kartu yang unik, menerima kartu Lebaran memberikan kesan mendalam. Dengan menyimpan dan mengoleksi, ingatan dan kenangan bisa lebih lama tersimpan.

Sekarang, aktivitas mengirim kartu Lebaran memang cenderung menurun. Sebab, keberadaan ponsel dan jaringan internet mempermudah mengucapkan selamat Lebaran.

Mengirimkan ucapan Lebaran pun tak perlu repot. Tinggal cari gambar di internet maupun kata-kata dan kirim ke kerabat. Pesan instan tersebut akhirnya lebih dipilih dan tradisi mengirimkan kartu Lebaran mulai berkurang.

Sebenarnya, mengirimkan kartu Lebaran punya banyak manfaat. Beragam manfaat ini bahkan tidak bisa tergantikan dengan mengirimkan ucapan Lebaran via ponsel.

Nah, apa saja manfaat mengirimkan kartu Lebaran, yuk simak.

Memberikan kesan mendalam

Seperti yang telah disinggung, mengirimkan kartu Lebaran akan memberikan kesan mendalam bagi penerima. Apalagi, di era berkomunikasi makin mudah seperti sekarang.

Penerima kartu Lebaran akan merasa spesial dan terhubung secara emosional. Kata-kata menyentuh dalam kartu lebaran makin mempererat tali silaturahmi. Perasaan cinta, simpati, dan senang pun bisa tersampaikan dengan lebih nyata dan terasa dalam kartu Lebaran.

Mampu melatih kreativitas

Secara tidak langsung, mengirimkan kartu Lebaran dapat mengasah kreativitas. Mulai dari memilih desain kartu, menulis kata-kata ucapan, hingga cara mengemas kartu Lebaran itu sendiri.

Kegiatan-kegiatan tersebut mampu menstimulus kerja otak, terutama yang berkaitan dengan kreativitas. Makin maksimal lagi bila kartu Lebaran dibuat sendiri, mulai dari desain, bentuk, hingga kata-kata.

Mempertebal keakraban

Bagi pelaku bisnis, mengirimkan kartu Lebaran mampu mempertebal keakraban dengan klien. Misalnya, bila sebelumnya hubungan bisnis biasa-biasa saja, lewat kartu Lebaran hubungan tersebut bisa makin dekat dan erat.

Klien akan merasa diperhatikan dan spesial. Makin spesial lagi bila kartu Lebaran dikirimkan bersama parcel Lebaran. Hubungan yang akrab ini dapat meningkatkan hubungan bisnis ke level berikutnya.

Sebagai media promosi

Kartu Lebaran juga bisa dijadikan media promosi. Misalnya, pelaku bisnis bisa menyisipkan promo menarik saat mengirimkan kartu Lebaran kepada pelanggan setia. Pelanggan pun bisa makin terpikat dan tak pindah ke lain hati.

Gunakan desain dan kata-kata menarik agar lebih efektif dalam mempromosikan bisnis lewat kartu Lebaran.

Menunjukkan rasa hormat

Memberikan kartu Lebaran juga digunakan untuk menunjukkan rasa hormat. Baik untuk orang yang lebih tua, atasan, maupun kolega bisnis.

Pilih kata-kata dan desain yang tepat untuk lebih menunjukkan rasa hormat tersebut. Biasanya, pemberian kartu Lebaran ini juga disertai dengan pemberian parcel Lebaran.

Pastikan pula kartu dan parcel Lebaran sesuai dan tepat bagi penerima. Dengan begitu, rasa hormat yang ditunjukkan dapat dirasakan.

Mencari kartu dan parcel Lebaran pun sekarang tidak harus repot-repot keluar rumah. Anda bisa membeli dua bingkisan Lebaran itu melalui Tokopedia.

Beragam bentuk, desain, dan warna kartu dan parcel Lebaran tersedia di Tokopedia. Anda tinggal memilih kartu ucapan Lebaran 2020 yang cocok dan seusai. Agar lebih berkesan lagi, Anda bisa mencari inspirasi kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri.

Selain parcel dan kartu ucapan Lebaran 2020, Anda bisa juga memenuhi semua kebutuhan Ramadan melalui Tokopedia. Banyak promo, hadiah, dan penawaran menarik yang bakal ditebar Tokopedia selama Ramadan sehingga Anda bisa lebih hemat.

Jangan lupa pula untuk selalu mengisi saldo Ovo agar transaksi belanja online lebih praktis dan cepat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com