Advertorial

Tips-tips Merawat Motor yang Jarang di Pakai agar Tetap Prima

Kompas.com - 15/04/2020, 13:00 WIB

Dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti sekarang, mengakibatkan banyak masyarakat yang membatasi diri untuk keluar rumah. Kegiatan sebisa mungkin dilakukan di rumah demi melindungi diri risiko terpapar virus Covid-19.

Selain untuk melindungi diri, #DiRumahAja juga merupakan bentuk bantuan masyarakat kepada pemerintah agar dapat meredam penyebaran virus dan dapat segera mengatasi masa-masa pandemik ini.

Hal ini juga menyebabkan banyak orang yang terbiasa berkegiatan di luar dan mempunyai mobilitas tinggi menjadi berkurang. Terutama bagi kalian yang biasanya memakai kendaraan pribadi seperti motor untuk aktivitas sehari-hari.

Karena mobilitas berkurang, tentu saja ini berdampak terhadap pemakaian kendaraan. Kendaraan yang jarang digunakan dapat memunculkan masalah pada mesin dan komponen lainnya.

Di bawah ini terdapat tips-tips yang bisa di lakukan agar kendaraan kalian tetap prima sehingga saat pandemik ini selesai walaupun jarang dipakai.

1. Panaskan Mesin Setiap Hari

Walaupun motor sekarang sudah banyak menggunakan teknologi injeksi, namun memanaskan motor masih dibutuhkan agar stasioner dan oli dapat bersirkulasi. Hal ini dilakukan tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 30 detik sampai 1 menit saja. Tetapi, jika kalian masih memakai motor dengan teknologi karburator, maka memanaskan motor menjadi kewajiban setiap harinya dilakukan selama 15 sampai 30 menit.

2. Menguras Bensin

Jika Anda berencana untuk tidak memakai kendaraan dalam waktu lama, maka menguras bensin adalah keharusan. Menguras bensin kendaraan yang tidak digunakan bertujuan untuk menghindari endapan bensin basi di dalam tangki yang dapat mengakibatkan kerusakan fuel pump pada tangki motor Anda.

3. Cabut Aki

Aki merupakan sumber listrik yang vital bagi kendaraan Anda. Jika Aki rusak, maka electric starter tidak akan merespons sehingga motor tidak bisa dinyalakan. Sebaiknya cabut aki Anda jika motor tidak digunakan dalam waktu lama karena pada saat kendaraan mati dan tidak digunakan dalam waktu lama, aki tidak mempunyai asupan listrik yang bisa menyebabkan soak.

4. Ganti Oli

Jika sebelum PSBB Anda belum sempat mengganti oli mesin motor, maka ganti oli juga salah satu hal yang bisa di lakukan. Walaupun pada masa PSBB ini mengakibatkan sulitnya mencari bengkel yang buka, namun sekarang ada layanan ganti oli di rumah sehingga kita masih tetap #DiRumahAja.

Seperti yang dilakukan oleh Proban Motoparts. Dalam rangka membantu pemerintah melancarkan program PSBB, Proban Motorparts meluncurkan layanan baru yaitu service#DiRumahAja.

Service #DiRumahAja adalah layanan penggantian ban dan oli secara langsung dengan cara mengunjungi rumah konsumen. Konsumen akan dilayani oleh montir yang berpengalaman dan ahli di bidangnya di rumah Anda.

Selain itu, Proban Motoparts juga memberikan layanan gratis penyemprotan disinfektan untuk mencegah virus Covid-19 di kendaraan Anda. Semua montir dan karyawan yang datang ke rumah juga sudah dipastikan kesehatannya dengan cara melakukan pengecekan suhu tubuh secara rutin, dan diwajibkan untuk memakai masker hingga hand sanitizer.

Berbagai keuntungan juga bisa didapat karena Proban Motoparts menyediakan promo bagi member seperti diskon 10%, garansi ban 6 bulan, dan asuransi kecelakaan gratis 6 bulan. Layanan Service #DiRumahAja juga direncanakan bisa diakses melalui situs-situs e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Sementara ini, layanan Service #DiRumahAja baru tersedia untuk wilayah Jabodetabek. Bagi yang berminat silakan langsung menghubungi WhatsApp +62 815-9013-133.

Maka, yuk jaga kendaraan Anda agar tetap prima walaupun jarang digunakan. Sehingga, pada saat pandemik ini selesai, kendaraan Anda bisa langsung siap untuk dipakai.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.