Advertorial

Siaga Covid-19, IIK Bhakti Wiyata dengan Para Pakar Kesehatan Meluncurkan Konsultasi Online Gratis

Kompas.com - 17/04/2020, 20:29 WIB
Para petugas pelayanan konsultasi gratis online IIK Bhakti Wiyata Peduli Dok. IIK Bhakti WiyataPara petugas pelayanan konsultasi gratis online IIK Bhakti Wiyata Peduli

Dalam kondisi pandemi seperti sekarang, membuat banyak pihak tidak bisa melakukan kegiatan seperti biasanya karena kebijakan physical distancing oleh pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Namun, hal itu juga turut memunculkan gerakan sosial atas dasar kemanusiaan untuk membantu sesama. Seperti yang dilakukan oleh Universitas IIK Bhakti Wiyata dengan membuka program pelayanan konsultasi gratis secara online.

Program ini diluncurkan melalui IIK BW Peduli. IIK BW Peduli merupakan lembaga sosial yang berdiri di bawah naungan IIK Bhakti Wiyata, kampus yang telah diakui oleh MURI sebagai Institut kesehatan pertama di Indonesia.

Munculnya program pengabdian masyarakat ini juga merupakan wujud untuk mengembangkan salah satu budaya PLUS yang diusung IIK BW yakni Prima dalam Pelayanan.

Layanan ini memfasilitasi konsultasi tentang kondisi kesehatan fisik, status gizi, psikologis, serta manfaat dan dampak obat maupun herbal yang dapat dilakukan dengan di rumah saja. Tak hanya itu saja, konsultasi kesehatan umum ini juga dapat melayani keluhan tentang Covid-19.

Program ini muncul didasari oleh inisiatif dari berbagai elemen Universitas IIK Bhakti Wiyata (IIK BW) seperti dosen dan para profesional yang ada di lingkungan IIK BW.

Dengan menggunakan tenaga profesional IIK BW seperti dosen ahli kesehatan di bidang S1 dan D3 Farmasi, S1 Kesehatan Masyarakat, D3 dan D4 Teknologi Lab Medis, S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Gizi, sampai ke S1 Kedokteran Gigi. Semua bersinergi untuk membantu masyarakat berkonsultasi tentang keluhan-keluhannya secara online.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Sebagai lembaga yang berada dalam naungan IIK Bhakti Wiyata, IIK BW Peduli selalu mengutamakan kegiatan di bidang sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup. Kini IIK BW Peduli memiliki program baru yakni “Konsultasi Kesehatan”. Dalam pelaksanaannya program ini akan dihandle langsung oleh dosen IIK BW dari berbagai profesi seperti dokter, apoteker, ahli gizi dan lainnya untuk memberikan konsultasi kesehatan. Yuk konsultasi sekarang dengan kirim DM ke @iikpeduli dan ikuti formatnya. Dirilisnya layanan ini sejalan dengan budaya IIK PLUS yakni “Prima dalam Layanan”yang turut mengabdi pada masyarakat. Penasaran apa saja layanan yang diberikan? Tunggu Postingan kami selanjutnya ya! #iiknews #iikinfo #konsultasikesehatanfree #dirumahaja #iikbwlawancorona #kampusberprestasi #kampusunggulan #iikbhaktiwiyata

A post shared by IIK BHAKTI WIYATA (@iikbhaktiwiyata) on Apr 9, 2020 at 10:51am PDT

 

Upaya ini dilakukan untuk turut mendukung himbauan pemerintah agar melakukan “Physical Distancing” di rumah  dan menghindari terjadi kontak fisik selama konsultasi berlangsung.

Caranya juga mudah, hanya dengan mengirim direct message ke Instagram @iikpeduli, lalu memberitahukan identitas pribadi, konsultasi sudah bisa dilakukan. Untuk catatan semua identitas Anda akan tetap terjaga kerahasiaannya karena hal ini merupakan bagian dari kode etik.

Layanan ini didukung langsung oleh praktisi dan dosen IIK Bhakti Wiyata yang terdiri dari dokter, apoteker, ahli gizi, ahli pengobatan tradisional yang dapat melayani konsultasi seputar:

  1. Kesehatan Umum
  2. Gizi
  3. Psikologi
  4. Kefarmasian dan Pengobatan Tradisional

Setelah memilih layanan dan menginfokan identitas, maka mulailah untuk berkonsultasi.  Ceritakan keluhan kesehatan/pertanyaan Anda. Tim kami akan membalas pesan Anda dengan secepatnya di jam kerja mulai hari Senin-Sabtu pukul 08.00 – 20.00 WIB. Layanan yang diberikan berupa sharing dan pemberian saran (tanpa melakukan diagnosa maupun meresepkan pengobatan).

Selain membuka layanan konsultasi kesehatan online, IIK BW Peduli juga telah melakukan aksi sosial pada hari Jumat (27/03/2020).

IIK BW Peduli bersama dengan Dosen Farmasi dan segenap elemen universitas membagikan jamu herbal buatan sendiri dan hand sanitizer masing-masing 2000 botol yang diracik sendiri oleh para pakar dari kampus IIK Bhakti Wiyata serta dilakukan juga pembagian sembako kepada warga di sekitar kampus IIK Bhakti Wiyata yang tidak mampu.

Program membagikan jamu dan hand sanitizer gratisDok. IIK Bhakti Wiyata Program membagikan jamu dan hand sanitizer gratis

Harapannya dengan adanya bantuan ini dapat meringankan beban yang ditanggung akibat adanya pandemi ini.

Sebagai kampus yang selalu berkomitmen tinggi dalam mencetak tenaga kesehatan professional, IIK Bhakti Wiyata telah dilengkapi dengan 22 prodi berkualitas dan siap menuju akreditasi A. Selain itu, beragam prestasi nasional dan internasional telah diraih mahasiswa dan dosen IIK BW.

Untuk informasi  selengkapnya tentang Universitas IIK Bhakti Wiyata Anda dapat mengakses website resminya di www.iik.ac.id.