Advertorial

Manfaatkan THR, Ini Pilihan Investasi Tepat di Tengah Wabah Virus Corona

Kompas.com - 18/04/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi investasi Dok. SHUTTERSTOCK/LOOKERSTUDIOIlustrasi investasi

Tunjangan hari raya (THR) selalu menjadi salah satu hal yang paling ditunggu kehadirannya oleh para pekerja menjelang momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya uang THR akan digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, seperti baju lebaran, kue lebaran, gadget baru, hingga rencana mudik.

Selain menggunakan THR untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, ada baiknya menyisihkan beberapa persennya untuk berinvestasi. Tak hanya menambah aset, menginvestasikan THR juga bisa membantu keuangan tetap stabil setelah Lebaran.

Akan tetapi, di tengah gejolak ekonomi yang terjadi akibat pesatnya penyebaran virus corona (Covid-19), Anda harus lebih cermat dan berhati-hati dalam memilih investasi. Pasalnya, pandemi virus corona membuat pasar saham bergejolak dan nilai tukar rupiah melemah.

Meski begitu, masih ada instrumen investasi lain yang dapat menjadi pilihan tepat di tengah kondisi ekonomi saat ini.

Investasi emas

Menurut CEO dan pendiri perusahaan penyedia aplikasi keuangan Jouska Financial Adviser, Aakar Abyasa Fidzuno, investasi emas menjadi salah satu investasi yang dinilai paling aman meski terjadi gejolak ekonomi.

"(Kalau emas) safety, kita omongin risiko saja sih," ujarnya, seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (7/3/2020).

Sejak dahulu emas memang dikenal sebagai salah satu cara berinvetasi paling aman dengan harga yang terus mengalami kenaikan atau disebut juga safe heaven.

Melansir Kompas.com, Senin (9/3/2020), banyak investor yang menyimpan sebagian asetnya dalam bentuk investasi emas agar tidak tergerus inflasi dalam jangka waktu lama atau tergerus kepanikan pasar karena gejolak keuangan dunia.

Pasalnya, nilai emas tidak terpengaruh kebijakan suku bunga, moneter, dan kebijakan fiskal lain, baik dari bank sentral maupun pemerintah. Selain itu, nilai emas juga tidak dipengaruhi pergerakan bursa saham.

Untuk memulai investasi emas pun cukup mudah dan terjangkau. Anda bisa memulainya dengan menggunakan beberapa persen THR dan menginvestasikannya di Tokopedia Emas.

Serupa dengan investasi emas konvensional, Anda bisa membeli, menabung, dan menjual emas di Tokopedia kapan pun. Tinggal cek harga emas hari ini untuk mengetahui waktu yang tepat dan  menguntungkan untuk bertransaksi.

Nilai awal investasinya pun sangat terjangkau. Dengan modal mulai Rp 500, Anda sudah bisa berinvestasi emas.

Selain itu, Tokopedia Emas juga aman dan terpercaya karena bekerja sama dengan PT Pegadaian, yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuannya untuk memastikan investasi emas Anda tercatat dan tersimpan dengan baik.

Reksa dana

Instrumen investasi lain yang patut dipilih adalah reksa dana. Investasi jenis ini bisa jadi pilihan karena untuk mulai berinvestasi tidak butuh dana besar.

Kelebihan lainnya, reksa dana memiliki banyak ragam denga tingkat risiko yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan profil dan kebutuhan investor. 

Investor pun tidak perlu terjun langsung dalam mengelola investasi. Semua dana yang tertanam akan didiversifikasi dan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman.

Oleh karena itu, penting untuk memilih manajer investasi yang berpengalaman dan terpercaya, seperti Tokopedia Reksa Dana.

Pasalnya, dalam melaksanakan aktivitas investasi, Tokopedia bekerja sama dengan Syailendra Capital sebagai manajer investasi dan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), serta diawasi oleh OJK.

Untuk berinvestasi di Tokopedia Reksa Dana pun tidak perlu mengeluarkan modal besar. Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000 untuk mendapatkan keuntungan hingga 6,5 persen per tahun.

Saat ini, Tokopedia menyediakan dua produk pilihan pasar uang beresiko rendah, yakni Syailendra Dana Kas dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra. Pembelian unitnya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode pembayaran yang ada di Tokopedia.

Selain berinvestasi, Anda pun dapat memenuhi semua kebutuhan Ramadhan di Tokopedia. Sejak 1 April-13 Mei 2020, Tokopedia memberikan berbagai promo Ramadhan, hadiah, dan penawaran menarik lainnya untuk para pengguna.

Jangan lupa gunakan OVO untuk setiap transaksi. Anda juga bisa top-up saldo OVO melalui Tokopedia untuk transaksi belanja online lebih praktis. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.