Advertorial

Cegah Corona, Tingkatkan Imunitas dengan Mengonsumsi Makanan Kaya Vitamin E, Astaxanthin, dan Glutathione

Kompas.com - 20/04/2020, 19:05 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com – Keberadaan virus corona jenis baru menimbulkan kekhawatiran banyak pihak. Pertama kali muncul pada akhir 2019 di Wuhan, Tiongkok, virus yang kini bernama SARS-CoV-2 telah menyebar di seluruh benua, kecuali Antartika, dan ditetapkan sebagai pandemi.

Berdasarkan data covid19.go.id, per 6 April 2020, sebanyak 1.285 orang di Indonesia dinyatakan positif tertular SARS-CoV-2, 209 meninggal dunia, dan 192 sembuh. Menghadapi pandemi ini, pemerintah pun telah mengimbau untuk melakukan physical distancing dan menerapkan pola hidup sehat.

Adapun, penularan virus tersebut melalui droplet (cairan) yang berasal dari batuk dan bersin. Bila imunitas tubuh kurang prima, seseorang bisa dengan mudah tertular virus corona.

Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, dr. Michael Reo, menuturkan, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk tetap dijaga agar tidak tertular COVID-19, penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2.

“Asupan makanan sehat, bergizi dengan kecukupan nutrisi yang merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga imunitas tubuh kita,” jelas dr. Michael Reo.

Ia pun mencontohkan asupan gizi yang perlu diperhatikan demi menjaga imunitas, di antaranya vitamin, mineral, dan zat-zat esensial lainnya. Beberapa kandungan gizi yang sering disarankan untuk meningkatkan imunitas adalah vitamin C, vitamin B kompleks, dan zat besi (zinc).

Selain asupan gizi tadi, dr. Michael Reo juga menyarankan untuk menambah asupan vitamin E, astaxanthin, dan glutathione. Ketiga zat tersebut juga punya keistimewaan untuk menjaga imunitas tubuh.

Vitamin E

Vitamin E, dr. Michael Reo menjelaskan, bisa meningkatkan respons imunitas tubuh sehingga tubuh akan tetap bugar, meski bertambah usia. Vitamin E sendiri juga punya peran sebagai antioksidan.

“Zat alpha tocopherols yang ada di vitamin E merupakan zat antioksidan. Zat in berfungsi mencegah proses oksidasi dari asam lemak tak jenuh dengan menangkap radikal bebas peroxyl,” jelasnya lagi.

Vitamin E, imbuh dr. Reo, sangat penting dalam mengawal sistem pertahanan antioksidan dengan cara melindungi dari peroksidasi lipid. Dengan menambah asupan vitamin E, sistem kekebalan tubuh bisa berfungsi dengan normal.

“Vitamin E, bersama dengan zat esensial lainnya berfungsi meningkatkan sel-sel darah putih serta membantu menangkap radikal bebas yang menyebabkan hancurnya sel-sel kekebalan tubuh,” imbuhnya.

Astaxanthin

Natur-E Advanced mengandung astaxanthin dari ganggang merah, antioksidan yang terbukti 6.000 lebih kuat dari vitamin C.Dok. Natur-E Natur-E Advanced mengandung astaxanthin dari ganggang merah, antioksidan yang terbukti 6.000 lebih kuat dari vitamin C.

Zat kedua yang perlu ditambah untuk meningkatkan kekebalan tubuh menurut dr. Reo adalah astaxanthin. Zat ini merupakan zat carotenoid yang umumnya ditemukan dalam ganggang (alga), udang, lobster, kepiting, dan salmon.

Carotenoid ini merupakan pigmen warna yang terjadi secara ilmiah dan mendukung kondisi kesehatan. Bagi tubuh manusia, astaxanthin menjadi antioksidan yang sangat ampuh dengan berbagai manfaat bagi kesehatan.

“Bahkan, melampaui antioksidan lain, seperti beta carotene, zeaxanthin, vitamin E, C, D, dan selenium. Astaxanthin tidak pernah berubah menjadi pro-oksidan di dalam tubuh,” tutur dr. Reo.

Keistimewaan dari astaxanthin, zat ini bisa meresap ke dalam setiap sel dalam tubuh. Ini lantaran astaxanthin memiliki sifat molekular lipophilic dan hydrophilic sehingga zat tersebut mampu menyebar ke seluruh sel.

Dengan kedua sifat ini, astaxanthin mampu melindungi sel yang larut lemak dan sel yang larut air. “Astaxanthin alami merupakan zat yang sangat kuat,” tuturnya lagi.

Efektivitas astaxanthin sebagai antioksidan dibuktikan dalam sebuah penelitian pada 2007. Berdasarkan penelitian tersebut, astaxanthin terbukti 6.000 lebih kuat dibandingkan vitamin C.

Bukan itu saja, astaxanthin juga 800 lebih kuat dari CoQ10, 550 kali lebih kuat dari teh hijau, dan 75 kali lebih kuat dari asam alpha lipoic dalam melawan radikal bebas.

“Uji klinis membuktikan bahwa konsumsi astaxanthin dapat meningkatkan sub-populasi sel limfosit T dan limfosit B yang merupakan sel tubuh yang bertanggung jawab terhadap imunitas tubuh. Oleh sebab itu, sangat bermanfaat apabila kita mengonsumsi suplemen yang mengandung astaxanthin,” terang dr. Reo.

Glutathione

Terakhir, zat yang perlu ditingkatkan dalam tubuh, menurut dr. Reo, adalah glutathione. Zat ini mampu meningkatkan fungsi kerja limfosit. Bila sel lymphoid memiliki kadar glutathione yang seimbang, akan memberikan efek pada kekebalan tubuh.  

“Oleh karena itu, glutathione sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh untuk dua alasan utama. Pertama, melindungi sel-sel imunitas melalui mekanisme antioksidan. Kedua, memberikan fungsi yang optimal pada limfosit dan sel-sel kekebalan tubuh yang lain,” jelas dr. Reo.

Dr. Reo menambahkan, glutathione ini dapat ditemukan di asparagus, alpukat, bayam, brokoli, tomat, kacang almon, dan walnuts.

Ketiga asupan gizi tersebut bisa ditemukan dengan mengonsumsi sumber makanan alami. Namun, bila kadarnya tidak mencukupi, suplemen bisa menjadi solusi untuk menambah asupan vitamin, astaxanthin, dan glutathione.

Meski demikian, memilih suplemen pun harus bijak. Pastikan suplemen yang dipilih sudah melewati serangkaian tes dan kualitas pun dikontrol dengan baik.

Natur-E White mengandung glutathione yang terbukti efektif melindungi sel-sel imunitas.Dok. Natur-E Natur-E White mengandung glutathione yang terbukti efektif melindungi sel-sel imunitas.

Pastikan pula, suplemen yang dipilih terbuat dari bahan alami yang aman serta halal untuk dikonsumsi. Contohnya suplemen makanan Natur-E.

Natur-E sebagai merek perawatan kulit dari dalam dan luar sudah tepercaya selama lebih dari 40 tahun di Indonesia. Natur-E pun sudah memiliki sertifikat halal.

Natur-E mengandung vitamin alami dari minyak biji bunga matahari. Vitamin E dalam minyak biji bunga matahari termasuk ke dalam jenis alfa tokoferol. Jenis ini merupakan jenis paling efektif dalam menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem imun.

Suplemen Natur-E Advanced sudah memiliki kandungan zat astaxanthin yang berasal dari ganggang merah dan merupakan antioksidan yang 6.000 kali lebih kuat dari vitamin C. Sementara, suplemen Natur-E White mengandung glutathione yang diproduksi oleh OPITAC, produsen terbaik glutathione dari Jepang. Glutathione dalam Natur-E White dapat mengoptimalkan kerja sel-sel kekebalan tubuh.

Dengan memilih suplemen makanan yang terbaik, manfaat yang didapat bagi tubuh pun bisa maksimal.