Advertorial

4 Ide Aktivitas Ngabuburit Seru Saat Physical Distancing

Kompas.com - 23/04/2020, 09:04 WIB
Ilustrasi ngabuburit di rumah Dok. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi ngabuburit di rumah

Bulan Ramadhan tahun ini terasa cukup berbeda dengan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di sejumlah daerah membuat warga harus mengurangi kegiatan di luar rumah.

Alhasil, aktivitas yang biasa dilakukan selama bulan puasa banyak berubah. Contohnya, shalat tarawih yang dilaksanakan berjamaah di masjid atau mushola disarankan untuk diselenggarakan di rumah.

Tradisi ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa, seperti mencari takjil, berkumpul bersama teman, atau sekadar jalan-jalan sore pun tidak bisa lagi dilakukan.

Meski begitu, kegiatan ngabuburit tetap bisa dilakukan dengan cara lain yang tidak kalah menyenangkan. Contohnya, memanfaatkan handphone untuk mengisi waktu luang sambil menunggu azan magrib.

Berikut beberapa ide ngabuburit seru bermodal handphone yang bisa Anda coba di rumah.

1. Menghubungi keluarga atau teman

Ide kegiatan ngabuburit pertama adalah mengobrol dengan keluarga, kerabat, atau teman lewat sambungan telepon. Manfaatkan waktu kosong sebelum berbuka puasa untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang terdekat.

Bagi yang tinggal sendiri, cara itu pun cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan, mengobati rasa kangen, hingga menjaga kesehatan mental.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan kegiatan buka puasa bersama virtual. Meskipun berjauhan, Anda tetap bisa bercengkrama dan mengobrol dengan teman-teman layaknya kegiatan buka puasa bersama pada umumnya.

Caranya dengan memanfaatkan handphone untuk melakukan video konferensi bersama teman-teman sambil menikmati hidangan buka puasa.

2. Mendengarkan ceramah dan kajian online

Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk memperdalam ilmu tentang agama dengan mendengarkan kajian atau ceramah dari para pemuka agama.

Di kondisi saat ini, Anda tetap bisa mendengarkan ceramah atau kajian dari ulama atau ustaz favorit lewat video-video di platform Youtube.

Selain itu, ada juga aplikasi-aplikasi khusus yang menyediakan berbagai kajian dan ceramah agama yang dapat Anda unduh di handphone.

3. Streaming film

Menonton film atau serial favorit bisa jadi pilihan kegiatan seru untuk mengisi waktu ngabuburit. Di tengah anjuran physical distancing saat ini, Anda tetap bisa streaming film terbaru tanpa harus pergi ke bioskop.

Sebab, sekarang sudah banyak layanan bioskop online yang dapat diakses dengan mudah menggunakan handphone maupun laptop. Genre film dan serial televisi yang bisa ditonton sangat beragam. Mulai dari film romantis, horor, komedi, fantasi, hingga drama-drama hit korea.

Sayangnya, di balik kemudahan yang ditawarkan itu, pengguna sering dibuat bingung karena layanan streaming yang disukai tidak menyediakan metode pembayaran yang sesuai. Misalnya, pembayaran berlangganan hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit atau lewat operator tertentu.

Akan tetapi, kini Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin berlangganan layanan streaming. Pasalnya, Tokopedia menyediakan berbagai voucher streaming film, video, dan musik dengan cara pembayaran yang mudah dan praktis.

Adapun layanan streaming yang bisa Anda bayar di Tokopedia di antaranya, yakni Joox, Genflix, Catchplay, Viu, dan iflix.

4. Bermain game mobile

Cara seru ngabuburit di rumah lainnya adalah bermain game di handphone, seperti Mobile Legend (ML) dan Free Fire (FF). Kedua game ini cocok untuk mengisi waktu ngabuburit karena bisa dimainkan bersama teman.

Biar semakin seru jangan lupa upgrade kemampuan karakter Anda agar bisa menjadi pemenang. Pengembang game biasanya menyediakan beberapa item atau karakter yang bisa diakses secara gratis oleh pemain.

Namun, untuk item-item atau karakter dengan kemampuan tinggi hanya bisa didapatkan dengan membelinya menggunakan diamond.

Tidak perlu khawatir soal cara top up game mobile yang terkesan sulit. Pasalnya, lewat Tokopedia top up ML dan top up FF jadi lebih mudah dan praktis.

Tak hanya itu, Tokopedia juga menyediakan berbagai macam cara pembayaran, seperti Ovo, kartu kredit, internet banking, atau metode pembayaran instan lainnya.

Lewat Tokopedia, Anda juga bisa memenuhi seluruh kebutuhan Ramadhan. Ada berbagai promo Ramadhan, hadiah, dan penawaran menarik yang dapat dinikmati mulai 1 April - 31 Mei 2020. Terus gunakan dan top up saldo Ovo Anda agar aktivitas belanja online makin praktis.