Advertorial

Saatnya Berpuasa! Ini Dia Tips-tips yang Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

Kompas.com - 24/04/2020, 12:46 WIB

Tidak terasa dalam beberapa hari ini kita akan memasuki bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia, yaitu bulan Ramadhan.

Di bulan yang suci ini, seluruh umat Islam akan melakukan banyak ritual keagamaan seperti salat tarawih, salat Ied, berzakat untuk membantu sesama, dan yang utama yaitu tentu saja berpuasa.

Berpuasa merupakan bentuk umat Islam untuk mensyukuri nikmat dan karunia Allah SWT, dengan menahan lapar dan haus dari pagi hingga adzan maghrib. Hal ini bertujuan menjadi pengingat bahwa di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang sulit untuk makan sehari-hari.

Setelah menahan lapar dan haus hampir satu hari penuh, berbuka puasa merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu. Dalam hal berbuka puasa, ada beberapa anjuran atau Sunnah yang dapat dilakukan.

Contohnya seperti berbuka puasa dengan yang manis terlebih dahulu. Ini dilakukan karena pada saat berpuasa, kita tidak mempunyai asupan energi yang cukup, sehingga minuman atau makanan manis dapat mengisi energi yang kurang pada saat berpuasa.

Kompas.com sudah mempersiapkan tips-tips hidangan manis yang dapat disiapkan pada menu berbuka puasa Anda saat #DiRumahAja.

1. Mempersiapkan Buah Kurma

Mempersiapkan buah kurma juga merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan dalam berbuka puasa. Selain sunnah, kurma juga dapat menambah atmosfer bulan Ramadhan dalam rumah Anda karena merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW.

2. Es Buah

Setelah berpuasa hampir sehari penuh, membuat tenggorokan menjadi kering karena haus. Es buah dapat menjadi pelepas dahaga terbaik pada saat berbuka puasa, karena selain manis, es buah juga bisa mempunyai banyak vitamin yang bisa melengkapi kebutuhan tubuh.

3. Jajanan Pasar

Jajanan pasar juga bisa dijadikan hidangan pembuka sebelum menyantap menu buka puasa yang utama. Karena dalam berbuka puasa kita dianjurkan untuk makan dengan cukup dan tidak berlebih walaupun sudah menahan lapar seharian.

Jajanan pasar bisa terdiri atas, bolu, klepon, lemper, onde-onde, kue cucur, dan masih banyak yang lainnya.

4. Madu

Mempersiapkan madu juga merupakan ide yang baik untuk menunjang kesehatan terutama pada saat Ramadhan dan juga pandemi ini. Madu mempunyai banyak manfaat salah satunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh jika dikonsumsi secara teratur setiap hari.

Memenuhi kebutuhan berbelanja bahan-bahan makanan untuk bulan Ramadhan, Tokopedia menawarkan berbagai promo dan penawaran menarik lainnya dimulai pada 1 April – 13 Mei 2020. Selain itu, jangan lupa top up Ovo untuk transaksi berbelanja online agar lebih praktis!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com