Advertorial

Mitra Binaan CSR Perta Arun Gas Tetap Produktif di Tengah-tengah Pandemi Corona

Kompas.com - 29/04/2020, 09:58 WIB
Petani buah naga mitra binaan Perta Arun Gas sedang panen Dok. PertaminaPetani buah naga mitra binaan Perta Arun Gas sedang panen

Menghadapi pandemi Covid-19 di tahun 2020, tidak membuat para petani mitra binaan Perta Arun Gas (PAG) untuk melakukan panen. Tentunya hal tersebut dilakukan dengan melakukan protokol Covid-19 yang ketat dan disiplin.

Terbatasnya ruang gerak di tengah wabah Covid-19 ini, PAG berupaya untuk tetap melakukan pengembangan usaha produktif agar Mitra Binaan yang tersebar di 13 Desa sekitar PAG masih tetap bisa menjalankan roda ekonominya.

Sebelumnya, PAG memberikan bibit buah naga kepada para petani binaan yang menghasilkan panen buah naga sebanyak 2400 kg pada April 2020. Panen tersebut rencananya akan didistribusikan langsung ke pasar untuk dijual dengan harga kurang lebih Rp 25.000 per kilogram.

Tidak hanya itu buah naga, para pelaku usaha rumah tangga binaan PAG juga memproduksi kerupuk opak singkong sebanyak mencapai 1000kg, yang bertujuan untuk dipasarkan langsung di Kota Lhokseumawe, dengan harga per kilogram mencapai Rp 15.000.

Sementara itu, Corporate Secretary PAG, Ahmad Sujandhi mengatakan situasi pandemi Covid seperti ini tidak menghentikan para pelaku usaha binaan PAG untuk tetap beraktivitas. Tentunya dengan tetap menggunakan protokol covid-19 yang berlaku sesuai dengan arahan Pemerintah.

Sujandhi juga mengimbau dan mengarahkan para pelaku usaha di 13 Desa binaan PAG ini agar tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan adanya aktivitas seperti ini, para petani tetap dapat memanfaatkan lahan pertaniannya untuk memenuhi kebutuhan mereka selama pandemi Corona ini. Untuk itu, PAG akan terus berupaya untuk melakukan optimalisasi pada setiap sektor yang menjadi program keberlanjutan CSR Perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujar Sujandhi.

Untuk diketahui, Sejak Desember 2016, PAG sudah mempunyai Program Community Development yang dinamakan dengan Capacity Building for Nearby Community (CABINET) dengan konsep 5-Kemandirian dengan pemberdayaan pada sektor pertanian, perikanan, pendidikan, kewirausahaan, serta pelatihan untuk meningkatkan SDM Masyarakat di lingkungan Perusahaan.