Advertorial

Menjaga Hidrasi Tubuh Bisa Bantu Optimalkan Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 30/04/2020, 16:33 WIB
- Kompas.com-

KOMPAS.com – Tiap kali datang musim pancaroba atau pergantian musim, beragam penyakit biasanya muncul, mulai dari influenza, demam berdarah (DBD), batuk, dan lain-lain.

Penyakit ini muncul lantaran virus dan bakteri mudah berkembang biak saat musim pancaroba. Bila sistem imun lemah, penyakit-penyakit tersebut mudah sekali masuk ke tubuh manusia.

Apalagi saat ini, bersamaan dengan musim pancaroba, pandemi Covid-19 juga sedang mendera dunia, termasuk Indonesia. Penyakit yang disebabkan infeksi virus SARS-CoV-2 ini ditularkan melalui droplet dari batuk atau bersin.

Saat daya tahan tubuh lemah, SARS-CoV-2 juga lebih mudah masuk dan menginfeksi. Oleh karena itu, selain melakukan pembatasan fisik dan sosial, meningkatkan daya tahan tubuh dibutuhkan demi menangkal Covid-19,

Lantas, bagaimana kunci menjaga imun tetap kuat di musim pancaroba sembari melakukan physical distancing di rumah?

Sudah banyak informasi kesehatan yang menyebut bahwa rumus hidup sehat sebenarnya tidak susah. Cukup makanan bergizi dan beragam, tidur malam 7-9 jam, olahraga minimal 30 menit setiap hari, menjaga hidrasi tubuh, serta menerapkan pola hidup bersih, seperti rajin cuci tangan dengan sabun.

Masalahnya, rutinitas sehari-hari akan berubah drastis ketika kebijakan physical distancing diterapkan guna menekan penyebaran Covid-19. Dengan kebijakan baru ini, semua aktivitas di luar rumah harus dikurangi dan masyarakat diimbau untuk tetap berada di rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika lebih sering menghabiskan waktu di rumah, Anda mungkin cenderung akan minim bergerak, makan makanan yang kurang sehat, jarang minum air putih, dan tidur pun menjadi kurang teratur.

Berdasarkan riset yang dilakukan Thriveglobal.com terhadap 5.000 responden, hampir 75 persen responden merasa was-was dalam menjaga rutinitas hidup sehat akibat physical distancing. Sebab, aktivitas yang dilakukan di luar rumah berkurang drastis.

Untungnya, saat ini ada banyak cara bisa dilakukan untuk tetap sehat sekalipun hanya beraktivitas di dalam rumah saja. Misalnya, berolahraga dalam ruangan, memasak makanan sehat, mengonsumsi suplemen makanan, dan membuat jadwal bekerja di rumah agar pola tidur sehat tetap terjaga.

Namun, soal hidrasi tubuh justru kerap disepelekan dan bahkan dilewatkan, apalagi saat bekerja di rumah. Ketika bekerja di kantor, Anda mungkin dengan mudah mengambil air minum sembari rehat sejenak atau sekadar mengobrol dengan teman kantor.

Nah, ketika bekerja dari rumah, rutinitas minum mungkin berkurang karena sepanjang pagi hingga sore, Anda hanya duduk di tempat yang sama. Anda pun mungkin terlalu fokus mengerjakan tugas sehingga abai dengan hidrasi tubuh.

Padahal, selain makan sehat, rutin olahraga, dan tidur cukup, menjaga hidrasi tubuh juga merupakan salah satu kunci penting dalam menjaga imunitas. Dengan menjaga hidrasi tubuh, performa tubuh optimal, kulit makin sehat, dan kerja otak meningkat.

Jaclyn London, RD, CDN, seorang ahli gizi, menjelaskan bahwa level energi dan kesehatan sangat ditentukan oleh hidrasi tubuh karena 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan.

“Menjaga hidrasi tubuh menjadi kunci untuk memastikan sel-sel kita berfungsi dengan baik dan untuk membantu kita tetap waspada, fokus, dan berenergi,” jelas J London, seperti dikutip Kompas.com dari Thriveglobal.com.

Jaga hidrasi tubuh, jaga imunitas

Claudia Hleap, RD, juga seorang ahli gizi, mengatakan bahwa cara menjaga hidrasi tubuh selama beraktivitas di rumah bisa dilakukan dengan mengatur jadwal minum harian. Misalnya, saat bangun tidur, sebaiknya minum dua gelas air. Juga saat sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

Rutinitas minum air sebelum makan bisa mengurangi mengonsumsi makanan berlebih. Sebab, bisa saja keinginan makan muncul imbas dari rasa haus.

Cara mudah lainnya adalah dengan mengatur alarm di ponsel. Hleap menambahkan, mengatur alarm untuk minum bisa mengingatkan jadwal minum air agar hidrasi tubuh selalu terjaga.

“Dengan menjaga hidrasi, Anda dapat mengoptimalkan kemampuan imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, menjaga hidrasi juga membantu mencegah sakit kepala dan kecapekan yang merupakan dua gejala awal sebelum sakit,” imbuhnya.

Bila ingin menjaga hidrasi tubuh secara optimal selama physical distancing di rumah, Anda bisa mengonsumsi minuman isotonik elektrolit, seperti Pocari Sweat. Minuman isotonik ini mempunyai komposisi serupa cairan tubuh, yakni ion dan air.

Mengonsumsi Pocari Sweat bisa bantu menjaga cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, Pocari Sweat bisa dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas seharian. Pocari Sweat juga aman dikonsumsi karena tanpa bahan pengawet dan diproduksi dengan standar tinggi.

Kandungan ion Natrium dan Magnesium dalam Pocari Sweat juga menjaga kinerja sistem imun tubuh. Ion tersebut bisa bantu jaga hidrasi tubuh sehingga sel imun bisa maksimal bekerja.

Tidak hanya mencegah terserang penyakit, hidrasi tubuh yang optimal juga mampu membantu penyembuhan penyakit. Contohnya saat demam tinggi, cairan dalam tubuh turut membantu menurunkan suhu tubuh.

Kebutuhan cairan tubuh saat masa penyembuhan bisa terpenuhi dengan mengonsumsi minuman elektrolit isotonik, seperti Pocari Sweat.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.