Advertorial

Dukung Bauran Energi Baru Terbarukan, PPSDM KEBTKE Selenggarakan Pelatihan Jarak Jauh Instalasi Rooftop PV untuk Rumah Tinggal

Kompas.com - 30/04/2020, 18:41 WIB
. .

KOMPAS.com - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Badan Pengembangan SDM ESDM, Kementerian ESDM, menggelar pelatihan “Instalasi Rooftop Photovoltaic (PV) untuk Rumah Tinggal” secara daring pada Kamis (30/04/2020).

Pelatihan tersebut diikuti 26 peserta dari berbagai institusi, mulai dari institusi pendidikan, perusahaan swasta, lembaga negara, pemerintah daerah, BUMN, hingga yayasan.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antara lain urgensi rooftop PV, pengetahuan dasar rooftop PV, komponen-komponen rooftop PV, instalasi rooftop PV, dan keekonomian rooftop PV.

Kelas daring tersebut juga diisi diskusi paralel semua materi yang telah disampaikan dan berbagai pengalaman di antara peserta. Narasumber dalam pelatihan ini merupakan widyaiswara atau tenaga pengajar di PPSDM KEBTKE yang punya pengalaman di bidang rooftop PV.

Kepala PPSDM KEBTKE, Laode Sulaeman, menjelaskan metode pembelajaran jarak jauh atau distance learning dipilih agar mampu menjangkau peserta lebih luas dari berbagai lokasi.

Sistem belajar daring ini juga sebagai dukungan PPSDM KEBTKE agar target bauran energi nasional sebesar 23 persen pada 2025 bisa tercapai. Saat ini, target tersebut baru mencapai 17 persen.

“Layanan kami bisa berjalan tidak terlepas dari antusias peran serta para mitra energi yang bergabung mendukung setiap program yang kami tawarkan. Kebanggaan bagi kami dapat berinteraksi dengan mitra energi tepercaya,” jelas Laode Sulaeman.

Laode menambahkan, pihaknya akan menambahkan progam-program unggulan, kekinian, praktis, dan ekonomis untuk pelatihan jarak jauh bagi mitra.

Program-progam tersebut di antaranya Pengenalan EBT Bioenergi (19-20 Mei 2020), Pelatihan Pengenalan Panas Bumi (4 Mei 2020), Pelatihan Regulasi Ketenagalistrikan (6 Mei 2020), dan Pelatihan Listrik Rumah Tinggal (12 Mei 2020).

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan lain, seperti bimbingan teknis, jasa audit energi, dan jasa penunjang lain yang terkait ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan.

“Kami siap menjadi bagian dan partner tepercaya dalam pengembangan SDM bidang ketenagalistrikan energi baru terbarukan dan konservasi energi,” pungkas Laode.