Advertorial

Tak Perlu Keluar, Ini 5 Ide Ngabuburit Seru Selama Ramadan #DiRumahAja

Kompas.com - 07/05/2020, 13:26 WIB
Meski di rumah, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk ngabuburit Dok. ShutterstockMeski di rumah, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk ngabuburit

Ramadan tahun ini terasa berbeda ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Situasi serba tidak pasti membuat masyarakat harus membatasi berbagai kegiatan di luar rumah.

Imbasnya, berbagai aktivitas yang biasa dilakukan selama bulan Ramadan pun banyak berubah. Sebut saja ibadah salat tarawih yang biasa dilaksanakan berjamaah di masjid atau mushola, kini harus dilakukan di rumah masing-masing.

Selain itu, berbagai keseruan yang biasa kita lakukan selama “ngabuburit” atau menanti waktu berbuka puasa pun tidak bisa lagi dilakukan untuk sementara waktu.

Imbauan physical distancing dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kita tidak bisa bermain dan berkumpul bersama teman, atau sekedar jalan-jalan sore untuk ngabuburit.

Meski demikian, bukan berarti kegiatan ngabuburit tak lagi seru. Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di rumah selagi menanti waktu berbuka.

1. Nonton film bersama

Salah satu ide menyenangkan untuk ngabuburit di rumah adalah menonton film bersama keluarga.

Terlebih saat ini, telah banyak platform streaming yang menyediakan ratusan pilihan film dengan berbagai genre. Cukup dengan koneksi internet dan gadget pendukung, kamu tidak perlu repot-repot ke bioskop untuk menyaksikan film seru.

2. Belajar memasak

Setelah beberapa hari menjalankan puasa, kita seringkali kebingungan menentukan menu makanan dan minuman untuk berbuka.

Terlebih, situasi saat ini membuat kita semakin kesulitan mencari takjil atau makanan untuk berbuka. Membuat sendiri makanan dan minuman untuk berbuka tampaknya menjadi alternatif yang bijak.

Oleh karena itu, kamu bisa belajar memasak lewat berbagai tutorial video online sebagai salah satu kegiatan seru untuk ngabuburit di rumah.

3. Bermain game

Di tengah imbauan physical distancing, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menganjurkan masyarakat untuk mulai bermain game di rumah lewat kampanye bertajuk #PlayApartTogether sebagai salah satu aktivitas untuk mengusir kebosanan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk bermain game seraya menanti waktu berbuka puasa. Banyak pilihan online game yang bisa kamu mainkan bersama teman, sehingga tetap dapat berkomunikasi dan bersenang-senang bersama meski dari kejauhan.

4. Menghubungi keluarga atau sahabat

Kamu juga bisa menghabiskan waktu ngabuburit dengan menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang terdekat. Hubungi mereka dengan berbagai saluran komunikasi yang tersedia, mulai dari telepon, SMS, hingga video call yang saat ini sedang populer.

Tetap menjalin komunikasi bersama keluarga dan teman-teman akan membuat kita terhindar dari rasa cemas dan kesepian di tengah karantina diri. Ceritakanlah segala kekhawatiran dan kecemasan kepada mereka, sehingga tekanan yang kamu rasakan berkurang.

Selain itu, Anda juga bisa saling memberikan dukungan agar tetap memiliki pikiran yang positif dan optimis.

5. Olahraga ringan

Saat berpuasa, banyak mengurangi aktivitas fisik seperti olahraga agar kuat menjalani puasa. Padahal, puasa tidak menjadi alasan untuk menghentikan rutinitas olahraga.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti jalan santai, naik turun tangga, push-up dan sit up, hingga lompat tali. Selain menjaga tubuh tetap bugar selama bulan Ramadan, olahraga ringan juga dapat menjadi alternatif menyenangkan untuk ngabuburit.

Akan tetapi, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan cairan tubuh jika kamu berolahraga selagi berpuasa.

Penuhi kebutuhan cairan selama Ramadan bersama VIT, puasa jadi adem dan bebas panik. Dok. VIT Penuhi kebutuhan cairan selama Ramadan bersama VIT, puasa jadi adem dan bebas panik.

Selama berpuasa, kita akan kekurangan cairan tubuh karena menahan haus selama kurang lebih 13 jam. Selain itu, kita juga perlu #TahanTahan berbagai godaan yang terkadang bikin stres dan panik selama berpuasa.

Oleh karena itu, VIT mengajakmu untuk minum air mineral yang cukup selama bulan Ramadan dengan minum air mineral, terutama saat sahur dan setelah berbuka puasa.

Pastikan untuk meminum 2-3 liter air mineral sehari agar badan dan pikiran tetap adem selama menjalankan ibadah puasa.

Hati yang adem dan tenang juga akan membantumu #TahanTahan segala godaan yang kerap menghampiri saat kita sedang berpuasa.

Ademkan hati dan minum air mineral yang cukup selama Ramadan bersama VIT. Temukan berbagai aktivitas ngabuburit seru dengan cek Instagram VIT sekarang!