Advertorial

Beradaptasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi, Astra Life Gaungkan #iGotYourBackLawanCOVID

Kompas.com - 12/05/2020, 08:00 WIB
Astra Life gaungkan kampanye #iGotYourBackLawanCOVID Dok. Astra LifeAstra Life gaungkan kampanye #iGotYourBackLawanCOVID

Pandemi yang mewabah di seluruh dunia membawa dampak sangat besar di seluruh sektor kehidupan manusia.

Perubahan besar terjadi di cara kita bekerja, cara kita bersosialisasi, cara kita bertransaksi, dan cara kita menjalani hidup lainnya.

Adapun perubahan perilaku konsumen diprediksi akan terus bertahan hingga masa pandemi berakhir, dan menjadi the new normal.

Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi menyampaikan peran sesungguhnya dari sebuah proteksi makin terasa begitu penting di dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini. Manajemen risiko menjadi hal kunci yang wajib dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Astra Life sendiri sudah beberapa tahun ini fokus memasarkan berbagai produk asuransi tradisional melalui beberapa kanal distribusi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Maksimalkan produk dan layanan berbasis digital

Direktur Astra Life, Windawati Tjahjadi mengatakan bahwa masa pandemi ini menjadi suatu turning point bagi industri asuransi untuk mempercepat adopsi digitalisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Astra Life sejak awal telah fokus pada pengembangan infrastruktur berbasis digital yang diyakini akan menjadi katalis pertumbuhan asuransi jiwa,” pungkasnya.

Proses pembelian dan pengajuan klaim di Astra Life telah didigitalisasi, mulai dari product suitability, e-Quotation, e-Submission, e-Payment, e-Policy, dan e-Claim. Astra Life selalu mengedepankan budaya inovasi, dengan penerapan prinsip agility.

“Selama masa pandemi, nasabah tetap memiliki akses secara digital ke produk dan layanan Astra Life dengan tingkat kenyamanan yang tetap sama,” imbuhnya.

Pada jalur distribusi yang berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknologi untuk pertemuan secara online.

Calon nasabah nantinya dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam.

Selanjutnya, nasabah akan diarahkan untuk melengkapi pengisian data pribadi yang dibutuhkan, persetujuan pembelian produk asuransi, foto kartu identitas serta melakukan pembayaran secara online.

Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life.

Produk digital Astra Life yang dapat diakses lewat Ilovelife.co.idDok. Astra Life Produk digital Astra Life yang dapat diakses lewat Ilovelife.co.id

Calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dengan batasan uang pertanggungan  hingga Rp 5 miliar melalui produk asuransi jiwa dan penyakit kritis.

Calon nasabah dapat dengan fleksibel mengatur sendiri besar perlindungan, frekuensi dan metode pembayaran, cek harga premi dan dapat dibeli tanpa cek medis.

Selain Ilovelife.co.id, tersedia juga aplikasi Buddies dimana nasabah dapat mengakses portal nasabah, baik nasabah individu maupun kumpulan, akses ke polis serta untuk melakukan klaim secara online.

Khusus untuk nasabah asuransi kumpulan, Astra Life bekerjasama dengan aplikasi Halodoc untuk layanan konsultasi dan klaim terkait Covid-19.

Bersama mitra PermataBank, Astra Life juga hadirkan 4 produk unggulan yang dapat dibeli di super app PermataMobileX dari rumah.

Permudah nasabah selama pandemi

Selama periode pembelian polis bulan April dan Mei 2020, Astra Life memberikan santunan khusus untuk keluarga nasabah yang positif terdiagnosa Covid-19 hingga sebesar Rp 5 juta.

Adapun santunan tersebut berlaku untuk produk-produk Astra Life AVA iSmart, AVA iFuture, AVA iFuture Premier, AVA iPrime, AVA iBright, ASLI Rencana Optima, ASLI iSignature, Flexi Life dan Flexi Critical Illness.

Astra Life permudah nasabah selama masa pandemiDok. Astra Life Astra Life permudah nasabah selama masa pandemi

Beberapa program lain pun diluncurkan perusahaan sebagai bentuk tanggap akan kondisi pandemi.

Program tersebut diantaranya adalah memperpanjang masa pembayaran premi untuk nasabah agar perlindungan nasabah tetap aktif, fasilitas perubahan frekuensi pembayaran premi agar jumlah preminya lebih terjangkau, relaksasi masa tunggu khusus untuk diagnosa Covid-19, serta pengaktifan kembali polis secara otomatis.

Astra Life terus berupaya untuk memberi kepastian perlindungan nasabah tetap aktif di tengah masa pandemi.

Dorong produktivitas karyawan dari rumah

Semenjak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Astra Life menerapkan metode kerja work from home (WFH) untuk karyawan dan tenaga pemasar.

Meski menjadi sesuatu yang baru, namun perusahaan dapat beradaptasi dengan cepat dan tetap menjaga kualitas layanan ke nasabah. Infrastruktur, sistem komunikasi dan engagement yang dilakukan membuat karyawan tetap dapat produktif bekerja dan membantu nasabah dari rumah.

Sementara itu, sejumlah pelatihan secara online tetap dijalankan oleh Astra Life Academy untuk menjaga kualitas tenaga pemasar Astra Life.

Suarakan hal positif dan ajak masyarakat untuk peduli

Tak hanya inovasi melalui produk dan layanan, tapi juga dukungan kesehatan mental dan produktifitas masyarakat dan nasabah.

Astra Life melalui akun instagram @astralifeID dan tenaga pemasar melalui pertemuan nasabah secara virtual, rutin menyuarakan pesan motivasi dan ajakan untuk produktif dengan berbagai kegiatan bincang online bersama berbagai narasumber mengenai keuangan, kesehatan, dan hal produktif lainnya.

Selain itu, Astra Life pun menyalurkan sumbangan dana untuk pekerja sektor informal, sebagai bentuk dukungan untuk mereka bisa melalui masa krisis lewat kampanye Satu Polis #iGotYourBackLawanCovid.

Adapun dana tersebut didapat dari donasi Rp 100 ribu untuk setiap pembelian produk asuransi di ilovelife.co.id dan Buddies selama periode 30 Maret 2020 – 31 Mei 2020 dan juga donasi Rp 50 ribu dari  peserta customer gathering online yang diadakan oleh tenaga pemasar.

Selain sektor informal, guna membantu akses masyarakat ke alat kesehatan, Astra Life, bekerja sama dengan kitabisa.com, melakukan penggalangan dana yang terbuka untuk masyarakat umum dan nasabah.

Layanan call center Hello Astra Life dapat diakses selama 24/7Dok. Astra Life Layanan call center Hello Astra Life dapat diakses selama 24/7

Astra Life akan melipatgandakan jumlah donasi masyarakat selama periode 16-23 Mei 2020. Dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat terkumpul dana sebesar Rp 500 juta untuk pengadaan alat kesehatan.

Astra Life berharap, baik inovasi produk dan layanan yang disediakan dapat membantu meringankan beban dari ketidakpastian dan juga kegelisahan selama masa-masa sulit ini. Berbagai upaya tersebut adalah bentuk komitmen Astra Life untuk selalu ada bagi nasabah.

Hal tersebut kemudian menjadi kekuatan Astra Life untuk  melayani nasabah di masa pandemi ini dengan semangat #iGotYourBackLawanCovid.

“Mari kita terus jaga kesehatan, tetap berpikir positif dan mengupayakan agar pandemi ini cepat berlalu dan ekonomi Indonesia segera pulih bahkan lebih kuat dari sebelumnya. Don’t worry, Astra Life will always got your back,” tutup Windawati.

Layanan call center 24/7 Hello Astra Life senantiasa dapat diakses di 1-500-282. Kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya mengenai Astra Life.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.