Advertorial

Bank Mandiri Menyiagakan 121 Cabang untuk Melayani Nasabah saat Libur Lebaran

Kompas.com - 14/05/2020, 15:58 WIB

Menyambut hari libur Idul Fitri 1441 H yang jatuh pada tanggal 24 – 25 Mei 2020 bulan ini, Bank Mandiri menyiagakan 121 Cabang yang tetap beroperasi untuk melayani nasabah.

Kantor cabang Bank Mandiri akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergantian pada periode Idul Fitri 1441 H, yakni tanggal 21 - 25 Mei 2020. Namun, khusus pada tanggal 24 Mei 2020 yang bertepatan dengan perayaan Idul Fitri, seluruh kantor tidak beroperasi.

Kantor yang beroperasi ini nantinya akan memberikan layanan sejak pukul 09.00 hingga 14.00.

Direktur Operasi Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi cek saldo, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah, termasuk pada hari besar keagamaan,” ujar Panji

Selain itu, diakui Panji, pada tahun ini memang jumlah cabang yang beroperasi lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan bank mandiri mengikuti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah.

Selanjutnya, untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang, dan pembayaran bulanan, nasabah dapat melakukan transaksi melalui jaringan elektronik Bank Mandiri yang meliputi 18.291 unit Mandiri ATM.

E-channel atau Mandiri ATM kami terhubung ke jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa, lebih dari 250 ribu unit mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan Mandiri Online, Mandiri e-money, dan Mandiri cash management. Sehingga masyarakat masih bisa melakukan transaksi tanpa harus ke kantor cabang,” lanjut Panji.

Di samping layanan elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 58.000 mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia.

Mandiri agen ini menjadi kepanjangan tangan Bank Mandiri dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening Mandiri dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa.

Bank Mandiri juga telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp19,2 triliun sejak 4 Mei 2020 lalu, untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Jumlah tersebut turun 24 persen dibandingkan jumlah yang disiapkan pada musim sebelumnya mengingat penerapan PSBB, cuti bersama yang lebih singkat dan himbauan untuk tidak mudik.

Sebagian besar dari alokasi tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian uang tunai ATM Bank Mandiri yang mencapai sekitar Rp1,7 triliun per hari pada periode tersebut, sama dengan kebutuhan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu.

Bank Mandiri juga sudah membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga untuk memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal.

Hal ini untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada channel pembayaran elektronik, seperti ATM, SMS Banking, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000 agar tidak ada gangguan.

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.

Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya yaitu, Mandiri Sekuritas (Jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (Perbankan Syariah), Bank Mandiri Taspen atau Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (Asuransi jiwa).

Selain yang disebutkan di atas, ada juga Mandiri InHealth (Asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (Asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (Jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (Jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (Remitansi), Mandiri Europe (Treasury & financial institution), dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Desember 2019, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.583 jaringan kantor.

Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 18.291 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Mandiri Online, SMS Banking dan Call Center 14.000.

Informasi lengkap tentang cabang-cabang yang tetap beroperasi pada periode libur tersebut dapat diakses di sini dan juga bisa melalui layanan Mandiri Call di 14000.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com