Advertorial

Bantu Pemerintah Tangani Covid-19, Prodia Siap Lakukan Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA

Kompas.com - 18/05/2020, 22:41 WIB

Setelah melakukan persiapan dan perizinan, PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) siap menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) untuk menjawab kebutuhan tes laboratorium Covid-19 yang semakin meningkat.

Adapun metode tersebut dapat mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

Pemeriksaan PCR COVID-19 merupakan pemeriksaan utama untuk screening sekaligus menegakkan diagnosis seorang pasien terkonfirmasi positif infeksi SARS-CoV-2 dan dapat dilakukan di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia (Prodia National Referral Laboratory/PNRL) sejak Senin (11/05/2020).

Permintaan pemeriksaan PCR Covid-19 dapat dilakukan di seluruh cabang Prodia dalam bentuk rujukan sampel swab nasofaring dan orofaring dari Rumah Sakit/Klinik dan layanan kesehatan lain.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty mengatakan bahwa Prodia berupaya untuk terus berkontribusi mendukung pemerintah dalam menangani COVID-19 di Indonesia melalui penyediaan pemeriksaan PCR COVID-19 yang sesuai dengan protokol WHO.

“Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang langsung mendeteksi keberadaan virus melalui materi genetiknya sehingga hasilnya lebih akurat,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Dewi menambahkan, adanya pemeriksaan PCR COVID-19 dari Prodia, kami berharap dapat membantu rumah sakit, klinik dan fasilitas layanan kesehatan lainnya dalam menangani pasien suspek COVID-19.

PCR COVID-19 merupakan metode yang digunakan dalam biologi molekuler yang secara cepat menghasilkan jutaan hingga miliaran salinan sampel DNA tertentu, sehingga memungkinkan para ilmuwan mengambil sampel DNA yang sangat sedikit dan menguatkannya ke jumlah yang cukup besar untuk dideteksi dan dipelajari lebih lanjut.

Tes RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligusDok. Prodia Tes RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus

Pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi tiga target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP dapat secara pasti mengkonfirmasi apakah seseorang positif Covid-19.

Product Manager Prodia, Trilis Yulianti mengatakan, perbedaan antara rapid test dan metode PCR untuk pemeriksaan COVID-19 adalah materi yang di deteksi dan sampel yang digunakan.

“Pemeriksaan rapid test mendeteksi antibodi IgM dan IgG dari SARS-CoV-2 menggunakan sampel darah. Sedangkan, pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (PCR) menggunakan sampel swab nasofaring dan orofaring pasien yang secara langsung mendeteksi virusnya,” imbuhnya.

Trilis menambahkan, Prodia menerima sampel rujukan dari rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya. Pengambilan sampel swab ini dilakukan oleh tenaga kesehatan rumah sakit yang telah memiliki kompetensi keahlian dalam pengambilan sampel swab.

Prodia menyediakan dua jenis pemeriksaan terkait COVID-19 yakni pemeriksaan serologi cepat (rapid test antibodi) anti SARS-CoV-2 IgM/IgG, dan pemeriksaan SARS-CoV-2 real-time RT-PCR.

Bagi pasien yang berminat melakukan rapid test antibodi, dapat mengunjungi cabang Prodia tertentu atau menghubungi Kontak Prodia di 1500-830 terlebih dahulu untuk informasi lebih lanjut.

Pada pemeriksaan PCR COVID-19, Prodia tidak melakukan pengambilan sampel swab di klinik Prodia, namun menerima sampel swab rujukan dari rumah sakit, klinik atau fasilitas layanan kesehatan lainnya yang kemudian dilakukan pemeriksaannya di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional Prodia.

“Tim Riset dan Pengembangan Prodia telah melakukan evaluasi menyeluruh dan persiapan yang cukup komprehensif untuk melaksanakan pemeriksaan terkait COVID-19 ini. Keselamatan dan kesehatan pelanggan dan tenaga kesehatan Prodia benar-benar menjadi prioritas utama kami saat ini,” ungkap Dewi.

Dewi menambahkan, Prodia telah melengkapi tenaga kesehatan dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di lingkungan operasional Prodia di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Prodia telah berkontribusi dalam menangani Covid-19 ini dengan berbagai cara diantaranya bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Adapun kerjasama tersebut dengan memberikan layanan pemeriksaan medical check-up bagi 1.000 tenaga kesehatan dan relawan rumah sakit khusus COVID-19 di Wisma Atlet yang dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 26 dan 30 Maret 2020.

Prodia juga telah mendistribusikan buah-buahan dan suplemen vitamin bagi tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit di wilayah Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya sesuai cabang Prodia berada.

Selain itu, Prodia pun memfasilitasi webinar nasional bagi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) untuk sosialisasi informasi terupdate bagi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) seluruh Indonesia pada tanggal 4 April 2020.

Terakhir, Prodia memberikan donasi 1.000 rapid test kepada beberapa rumah sakit di bulan April 2020.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com