Advertorial

Merindukan Deru Kereta Api di Tengah Suasana New Normal

Kompas.com - 27/05/2020, 15:06 WIB

Situasi pandemi yang merebak membawa banyak perubahan. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dicanangkan pemerintah pun membuat ruang gerak menjadi sangat terbatas. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menekan angka penyebaran virus.

Imbasnya, mereka yang berencana untuk mudik atau libur Lebaran pun terpaksa harus menunda rencananya, mengingat berbagai moda transportasi terbatas kegiatan operasionalnya untuk sementara waktu.

Salah satu moda transportasi yang terdampak adalah kereta api. Stasiun kereta api yang biasanya penuh oleh orang lalu lalang pun kini tampak sepi.

Padahal, kereta api selalu menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau, tepat waktu dan bebas dari macet menjadikan kereta api sebagai primadona untuk perjalanan bisnis, pulang kampung, atau liburan.

Terbukti, berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) total penumpang kereta api selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2019/2020 mencapai 6,2 juta penumpang atau 34 persen dari total penumpang angkutan umum. Jumlah tersebut menjadikan kereta api sebagai moda transportasi umum dengan volume penumpang terbanyak.


Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI hanya mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk tiga rute mulai 12-31 Mei 2020. KLB dioperasikan untuk melayani masyarakat yang dikecualikan dalam larangan mudik.

Adapun rute KLB yang dibuka oleh KAI diantaranya adalah Gambir - Surabaya Pasarturi pp (Lintas Utara), Gambir - Surabaya Pasarturi pp (Lintas Selatan) dan Bandung - Surabaya Pasarturi pp.

Kendati demikian, tak berarti rencana mudik atau liburan pupus begitu saja. Kamu bisa kembali merasakan riuhnya stasiun dan deru kereta api setelah situasi pandemi di Indonesia telah berakhir.

Selagi karantina diri di rumah, tak ada salahnya untuk mulai merencanakan mudik atau liburan. Kamu bisa mulai menentukan destinasi, itinerary, akomodasi, transportasi, hingga bujet yang diperlukan.

Nah, buat kamu yang berencana untuk mudik atau liburan menggunakan kereta api, kamu bisa membeli tiket kereta api secara mudah dan praktis di Tokopedia. Berikut adalah cara beli tiket kereta api di Tokopedia.

1. Cari tiket

Setelah mengaktifkan akun Tokopedia, kunjungilah halaman https://tiket.tokopedia.com/kereta-api. Kemudian, pilih kota asal dan tujuan pada “Pilih Rute”, jika kolom diklik otomatis akan keluar pilihan kota-kota populer.

Di sana, kamu bisa menemukan berbagai rute seperti tiket kereta Bandung Jakarta, tiket kereta Jakarta Malang, tiket kereta Jogja Bandung, dan tiket rute lainnya. Jika tidak menemukan kota asal atau tujuan yang dimaksud, kamu bisa ketik nama kota agar pilihan kota dan stasiun yang dimaksud muncul.

Setelah itu, kamu bisa menentukan apakah akan membeli tiket satu kali perjalanan atau tiket kereta pulang pergi.

2. Pilih tiket

Pada halaman “Cari Tiket”, kamu bisa menemukan tiket kereta yang tersedia dari rute dan waktu yang ditentukan sebelumnya. Jika tidak menemukan yang sesuai, kamu bisa klik “Ganti Tanggal”.

Kamu bisa bebas memilih jenis kereta, waktu keberangkatan kereta, dan jenis kelas. Selain itu, ada juga informasi penting lain seperti harga, durasi perjalanan, serta waktu berangkat dan tiba di tujuan.

Setelah menemukan yang sesuai, kamu bisa klik “Pesan Tiket Pergi”.

3. Isi data penumpang

Setelah memilih tiket, kamu bisa mengisi data pemesan dan data penumpang. Data pemesan akan otomatis terisi jika kamu telah mengisi data secara lengkap saat daftar akun Tokopedia.

Sementara itu, data penumpang adalah untuk penumpang yang akan naik kereta dan akan ada pada tiket kereta api. Data penumpang harus diisi nama lengkap, nomor identitas, nomor telepon dan tanggal lahir.

Kamu juga bisa memilih nomor/posisi kursi pada tahap ini. Setelah selesai, kamu akan mendapat rangkuman tiket yang dipesan dan total yang harus dibayarkan. Pastikan semua data telah sesuai.

4. Pembayaran

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran. Kamu bisa memilih salah satu dari berbagai metode pembayaran yang disediakan Tokopedia. Pastikan untuk melakukan pembayaran maksimal 10 menit setelah konfirmasi pemesanan agar transaksimu tidak dibatalkan.

Setelah selesai melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan notifikasi transaksi berhasil berikut dengan rincian pembayaran, Order ID, serta kode booking KAI yang dapat digunakan untuk mencetak tiket fisik di stasiun keberangkatan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai rencanakan mudik dan liburanmu yang saat ini tertunda dengan lebih mudah dan praktis bersama Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.