Advertorial

Investasi Emas Jadi Pilihan Terbaik di Masa Pandemi, Ini Alasannya

Kompas.com - 28/05/2020, 13:56 WIB
- Shutterstock-

KOMPAS.com – Di masa krisis seperti pandemi Covid-19, Anda mungkin akan memilih menahan diri untuk berinvestasi. Namun sebenarnya, masih ada pilihan instrumen investasi menarik saat masa krisis.

Bila Anda memiliki cadangan dana yang tidak terpakai, investasi emas dapat menjadi pilihan paling aman dan menjanjikan di masa pandemi Covid-19. Bahkan, investasi logam mulia ini dapat menjadi aset safe haven.

Hal ini bukan tanpa sebab. Selama pandemi Covid-19, grafik harga emas cenderung stabil dan sempat meroket dalam waktu singkat.

Saat kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia pada 2 Maret 2020, harga emas digital di Tokopedia sebesar Rp 782.000 per gram. Grafik harga emas terus naik hingga menembus harga tertinggi, yakni Rp 922.000 per gram pada 8 April 2020.

Per 27 Mei 2020, harga emas memang turun di angka Rp 855.000 per gram. Meski begitu, sejak awal pandemi Covid-19 hingga sekarang, terdapat kenaikan harga Rp 73.000 per gram.

Dengan grafik harga emas seperti itu, tentu saja investasi emas sangat menjanjikan. Apalagi bila dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti saham.

Dalam rentang waktu yang sama, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru terus bergejolak. IHSG anjlok di level 5.361 saat kasus pertama Covid-19 diumumkan.

Kontraksi pasar saham di Indonesia terus berlanjut. Bahkan, pada bulan Maret, IHSG sempat menyentuh level terendah tahun ini, yakni 3.937 pada 24 Maret 2020. Per 27 Mei 2020, IHSG berada di posisi 4.626 dan belum kembali ke posisi sebelum pandemi.

Pergerakan harga emas yang lebih stabil dibandingkan instrumen saham menunjukkan bahwa risiko investasi logam mulia ini lebih kecil, terutama di masa pandemi.

Selain itu, grafik harga emas semasa pandemi juga menunjukkan bahwa investasi logam mulia ini lebih memberikan keuntungan ketimbang investasi saham.

Bukan itu saja, investasi emas lebih mudah dijual. Karena sifatnya yang lebih likuid dan cenderung terhindar inflasi, investasi emas dapat digunakan sebagai dana darurat. Sewaktu-waktu, instrumen investasi ini dapat dicairkan kapan saja saat dibutuhkan.

Saat ini, berinvestasi di instrumen emas sangat mudah sekali dan dijamin aman. Anda bisa membeli emas digital di Tokopedia Emas dengan investasi minimal Rp 5.000. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar.

Di Tokopedia, grafik harga emas mudah sekali diamati. Anda dapat melihat pergerakan harga dari jangka waktu 7 hari, 1 bulan, hingga 3 bulan. Menarik dan menjanjikan bukan?

Tidak hanya produk investasi emas, marketplace terbesar di Indonesia ini juga menyediakan produk financial technology (fintech), seperti Pinjaman Online dan Dana Instan.

Tokopedia menggandeng penyedia pinjaman yang terbukti aman sehingga Anda tak perlu khawatir lagi. Pinjaman online terpercaya dari Tokopedia dijamin tidak akan merugikan Anda.

Selain produk investasi dan fintech, Tokopedia juga menyediakan layanan Booking Hotel. Layanan ini dapat Anda gunakan untuk merencanakan perjalanan pasca-pandemi.

Lewat layanan Booking Hotel di Tokopedia, Anda tidak akan dikenakan biaya admin. Artinya, harga yang tertera tersebut merupakan harga final tanpa biaya tambahan.

Anda pun dipastikan mendapatkan kamar di hotel incaran Anda. Harga di layanan Booking Hotel Tokopedia pun sangat kompetitif. Costumer care Tokopedia juga siap membantu Anda bila terjadi kesulitan.

Masih ada tawaran menarik lain di Tokopedia. Anda bisa mendapatkan diskon voucher makanan sehingga bisa lebih berhemat di masa pandemi seperti sekarang.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera buka situs web atau aplikasi Tokopedia dan nikmati tawaran menarik yang ada di marketplace terbesar di Indonesia ini.