Advertorial

Gairahkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19, Pertamina Gelar Pelatihan Daring Digital Marketing

Kompas.com - 29/05/2020, 10:04 WIB
Pelatihan daring digital marketing dari Pertamina untuk mitra UMKM. Dok. PertaminaPelatihan daring digital marketing dari Pertamina untuk mitra UMKM.

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) mengadakan pelatihan daring digital marketing kepada mitra bisnis dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina.

Harapannya, pelatihan tersebut dapat mendorong pelaku UMKM untuk menguasai bidang digital marketing. Dengan demikian, bisnis pelaku UMKM pun turut naik kelas.

Pelatihan daring tersebut diselenggarakan di beberapa daerah dan dimulai pertama kali di Situbondo pada 18 Mei 2020. Rencananya, pelatihan ini akan dilanjutkan kembali di beberapa kota lain setelah Lebaran.

Pelatihan daring pertama dari Pertamina ini mengangkat tema “Instagram Marketing: Menulis Caption yang Menarik”. Pemateri di pelatihan tersebut adalah Pemimpin Redaksi Takananta.id, Mohammad Farhan S.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, kegiatan pelatihan daring tersebut merupakan bagian dari rangkaian seri pelatihan digital marketing Pertamina untuk mitra bisnis dan UMKM RKB Pertamina.

Kegiatan tersebut juga merupakan komitmen Pertamina untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar bisa bersaing dan dapat memaksimalkan internet sebagai media marketing.

“Kita ingin adanya peningkatan pemahaman digital marketing oleh para pelaku UMKM. Tema yang dipilih pun disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat sehingga bahasa pemasaran yang digunakan dapat dipahami, baik pelaku UMKM maupun follower social media pelaku UMKM,” kata Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, kegiatan pelatihan daring dari Pertamina juga bertujuan untuk menggairahkan bisnis UMKM di masa pandemi Covid-19. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat mengambil peluang, meski di masa pandemi.

Online training di Situbondo berhasil menjadi pionir dan program percontohan bagi wilayah lain. Agenda online training selanjutnya adalah di Palangkaraya, Pekanbaru, Minahasa Selatan, dan Temanggung yang akan dilaksanakan setelah Lebaran,” imbuhnya.

Pelaku UMKM di daerah menyambut baik pelatihan daring dari RKB Pertamina. Elfira, salah satu pelaku UMKM yang menggeluti usaha tanaman hias, bibit sayuran, dan pot hias di Situbondo, mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia berharap pelatihan serupa dapat diadakan kembali dengan beragam materi untuk bisnis UMKM sehingga peluang untuk sukses makin besar.

"Saya sangat terbantu akan informasi dari pelatihan kali ini. Semoga RKB semakin jaya, merangkul lebih banyak pelaku UMKM, dan memberikan peluang yang lebih besar lagi untuk bersama menuju kesuksesan,” kata Elfira, pemilik usaha “Kebun Kinara” ini.