Advertorial

Pengabdi Setan, Film yang Menandai Kebangkitan Genre Horor Indonesia

Kompas.com - 04/06/2020, 20:21 WIB
Poster film Pengabdi Setan Dok. Rapi FilmsPoster film Pengabdi Setan

Beberapa tahun terakhir banyak bermunculan film-film horor tanah air yang layak untuk ditonton setelah satu dekade terakhir genre film horor banyak ter-disrupsi dengan munculnya horor-horor sensual. 

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari lahirnya film remake Pengabdi Setan (2017) yang di garap oleh Joko Anwar. 

Film Pengabdi Setan yang dirilis pada 28 September 2017 lalu menuai sukses besar dengan tercatat sebagai film horor Indonesia terlaris, ditonton sebanyak 4,2 juta penonton. 

Selain dari segi penonton, film ini juga menyabet beberapa penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Tak tanggung-tanggung, film besutan Joko Anwar ini menyabet 7 dari 13 nominasi yang diikutsertakan dalam Festival Film Indonesia 2017. 

Tidak hanya itu, film Pengabdi Setan juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Horror Film di Toronto After Dark Film Festival Kanada, Scariest Film Award di Seven-night Popcorn Frights Film Festival Florida Amerika Serikat. 

Pada tahun 2018, film Pengabdi Setan juga dinobatkan sebagai Film Terbaik Overlook Film Festival 2018 yang merupakan festival film horor bergengsi di Amerika Serikat dan bersaing dengan film-film kelas Hollywood seperti Hereditary, Don’t Leave Home, dan Upgrade. 

Plot film ini menceritakan tentang kehidupan seseorang bernama Rini yang tinggal di rumah milik neneknya. Rini tinggal bersama Ibu, Bapak, dan ketiga adiknya. Namun, ibunya mulai sakit secara misterius dan akhirnya berdampak kepada keadaan finansial keluarga yang bermasalah karena biaya pengobatan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Plot yang rapi dan masuk akal, teknik sinematografi yang mumpuni, dan scoring suara yang dijamin membuat bulu kuduk merinding menjadikan film ini harus ditonton bagi yang menyukai film bergenre horor. 

Setelah rilis film ini, banyak film horor Indonesia berkualitas yang mulai bermunculan sehingga film ini seperti menjadi momentum bangkitnya perfilman horor tanah air yang sebelumnya redup. 

Contohnya seperti film Ikut Aku ke Neraka (2019), Kuntilanak (2018), Sesat (2018), dan Jailangkung (2017) yang turut meramaikan film horor di tanah air. 

Semua film horor yang disebutkan di atas tersedia di platform streaming film terhubungdarirumah.com bekerja sama dengan iflix. Langsung datangi website-nya untuk mendapatkan pilihan film-film berkualitas lainnya yang dijamin bisa menemani waktu kalian saat #DiRumahAja

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.