Advertorial

Pastikan Keamanan Pelanggan dan Karyawan, Prodia Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 11/06/2020, 11:35 WIB
Salah satu cabang Prodia yang sedang dibersihkan dengan disinfektan Dok. Prodia Salah satu cabang Prodia yang sedang dibersihkan dengan disinfektan

Sejak pandemi virus Corona merebak di Indonesia, kesadaran masyarakat untuk menjaga imunitas serta kebersihan menjadi salah satu kunci penting dalam pengendalian Covid-19.

Sebagai klinik layanan kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, Prodia memprioritaskan keamanan, kesehatan, dan kenyamanan pelanggan termasuk seluruh karyawannya.

Beberapa langkah pencegahan Covid-19 dilakukan di lingkungan Prodia dengan meningkatkan kebersihan secara intensif.

Langkah yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan di ruang layanan kesehatan, ruang pemeriksaan pasien, ruang kerja, toilet, dan back office. Jumlah pendamping pelanggan pun dibatasi.

Petugas di area pelayanan wajib melakukan disinfeksi tangan secara rutin dengan menggunakan hand rub atau hand sanitizer serta cuci tangan menggunakan air dan sabun.

Langkah selanjutnya, melakukan pengecekan suhu tubuh bagi tenaga kesehatan maupun pelanggan dan pendamping pelanggan yang datang ke cabang Prodia serta menyediakan masker beserta hand sanitizer.

Pembayaran juga diimbau menggunakan kartu debit atau kredit demi menghindari kemungkinan penyebaran virus melalui uang tunai

Selain itu, pengisian formulir mengenai riwayat kondisi diri sebelum melakukan pemeriksaan juga dilakukan untuk memastikan keamanan dalam lingkungan Prodia. Formulir pernyataan diisi oleh pelanggan dan juga pendamping sebelum proses registrasi.

Jarak antara area duduk pelanggan di ruang tunggu dan di lift telah diatur sedemikian rupa untuk menerapkan physical distancing.

Proses pengambilan, pengumpulan dan penanganan sampel dan spesimen, baik darah, urine, dan spesimen lainnya dilakukan dengan sangat hati-hati dan mengedepankan prinsip patient safety.

Customer Service Manager Prodia, Evy Liswati Wong mengatakan bahwa Prodia mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan ini dengan sangat cepat.

Tenaga kesehatan Prodia harus menggunakan alat perlindungan diri berupa masker, jas lab yang wajib diganti setiap hari, dan sarung tangan nitrile yang diganti setiap dua jam sekali.

“Sejak virus corona masuk Indonesia, kami langsung menerapkan patient safety dan juga termasuk employee safety. Intinya safety first, kami berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga keselamatan, keamanan, kesehatan dan kenyamanan pelanggan kami mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” ujar Evy.

Bahkan, jika sangat menghindari bepergian keluar rumah, namun membutuhkan layanan Prodia, ada tiga layanan yang sudah dipersiapkan untuk Anda.

Seperti Home Service, Pesan Online dan Hasil Online atau Prodia Telekonsultasi untuk berkonsultasi dengan dokter melalui video call.

Penanganan limbah medis juga dilakukan dengan hati – hati termasuk memastikan plastik limbah tidak bocor selalu dilakukan penyemprotan disinfektan setelahnya.

Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan tersebut, Anda dapat menghubungi Kontak Prodia 1500 830.