Advertorial

5 Keuntungan Investasi Obligasi ORI017 di Tengah Pandemi

Kompas.com - 17/06/2020, 08:26 WIB
Situasi pandemi mengingatkan kita untuk memiliki investasi agar siap menghadapi kondisi darurat Dok. Shutterstock Situasi pandemi mengingatkan kita untuk memiliki investasi agar siap menghadapi kondisi darurat

Masa pandemi menimbulkan dampak di semua sektor usaha. Meski demikian, minat masyarakat terhadap investasi justru kian meningkat. Saat pemasukan atau usahanya terganggu, masyarakat kian menyadari pentingnya memiliki sumber pemasukan yang lain, salah satunya dengan investasi obligasi.

Obligasi dikenal sebagai instrumen investasi yang minim risiko, aman, dan cocok bagi para investor pemula maupun profesional.

Berdasarkan data penerbitan Obligasi Penerbitan Negara (ORI) seri sebelumnya, jumlah investor melonjak hingga 260 ribu orang. Mayoritas investor berasal dari generasi milenial. Hal tersebut menunjukkan obligasi kian diminati sebagai pilihan investasi populer di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Indonesia baru-baru ini memajukan jadwal penawaran obligasi negara ritel seri ORI017 menjadi 15 Juni hingga 9 Juli 2020.

Selama periode tersebut, masyarakat dapat membeli ORI017 dengan return sebesar 6,4 persen per tahun, yang dibayarkan setiap bulan.

Siapapun bisa mulai berinvestasi obligasi dengan minimal pembelian hanya sejumlah Rp 1 juta. Berikut lima keuntungan berinvestasi di obligasi ORI017.

  1. Obligasi sebagai investasi yang relatif aman

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    Situasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Tak ada yang dapat memastikan kapan aktivitas ekonomi bisa kembali pulih dan industri bisa berjalan normal seperti biasa.

    Oleh karena itu, semua investor disarankan untuk memilih instrumen investasi dengan risiko rendah, seperti obligasi.

    Tak seperti investasi emas maupun reksa dana, investasi obligasi negara mendapatkan jaminan penuh dari pemerintah Indonesia, sehingga bisa meminimalisasi risiko kerugian.

  2. Mendapatkan kupon atau imbalan setiap bulan

    Keuntungan lain dari investasi obligasi ORI017 adalah kupon atau imbalan yang diterima langsung setiap bulan.

    Investor tidak perlu melakukan jual-beli apapun, karena kupon setiap bulan akan cair secara otomatis, sehingga bisa menjaga keseimbangan arus kas dan bisa langsung digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Artinya, kupon dari obligasi akan terasa seperti pendapatan pasif.

  3. Keuntungan lebih tinggi dari tabungan dan deposito

    Membeli ORI017 merupakan investasi terbaik di tengah pandemi Covid-19 yang berlangsung. Hal tersebut dikarenakan ORI017 menetapkan kupon tetap sebesar 6,4 persen per tahun. Sebagai perbandingan, rata-rata suku bunga deposito di Indonesia hanya mencapai maksimal 5,5 persen.

    Selain itu, nilai kupon sebesar 6,4 persen akan terus berlaku hingga obligasi jatuh tempo pada 15 Juli 2023. Berbeda dari investasi saham yang nilainya fluktuatif sesuai kondisi pasar, kupon obligasi bersifat tetap dan fixed, sehingga akan memberikan ketenangan bagi para investor.

  4. Bisa dijual sewaktu-waktu dan mendapatkan profit tambahan

    Keuntungan ORI017 tidak hanya dari kupon yang didapatkan setiap bulan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, investor juga bisa menjual ORI017 di pasar sekunder setelah melewati minimum holding period, yaitu pada tanggal 15 September 2020.

    Ketika harga jual lebih tinggi, maka investor bisa mendapatkan keuntungan tambahan berupa capital gain (selisih harga beli dan harga jual investasi). Dengan demikian, investor bisa mencairkan investasinya kapanpun dibutuhkan, tanpa harus menunggu jatuh tempo.

  5. Cashback reward hingga Rp 4,5 juta melalui aplikasi digibank by DBS

    Jika ingin membeli ORI017, investor bisa memulai dengan nilai minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Pembelian ORI017 dapat melalui aplikasi digibank by DBS di periode 15 Juni-9 Juli 2020.

    Salah satu keuntungan membeli ORI017 di aplikasi digibank by DBS adalah investor bisa mendapatkan cash reward hingga Rp 4,5 juta. Sementara untuk pembelian setelah tanggal 18 Juni 2020, investor berkesempatan untuk mendapat cash reward hingga Rp 3 juta.

Cara membeli ORI017

ORI017 bisa dibeli melalui aplikasi digital banking Bank DBS Indonesia, yaitu digibank. Aplikasi digibank bisa diunduh di Google Play Store serta Apple Play Store.

Cara memulai investasi obligasi ini pun sangat mudah dan tidak ribet. Investor tidak perlu pergi ke kantor cabang bank, karena aplikasi digibank by DBS telah dilengkapi dengan layanan e-SBN Ritel Online untuk mempermudah investasi obligasi.

Melalui layanan tersebut, investor dapat membuat single identification number (SID) untuk memulai investasi, mengecek profil risiko, dan membeli ORI017 langsung dari aplikasi, 24 jam dalam seminggu.

Aplikasi digibank selalu terjamin karena telah dilengkapi teknologi biometrik, soft token, dan sistem keamanan untuk melindungi semua aktivitas perbankan Anda ketika #DiRumahSaja.

Yuk mulai berinvestasi obligasi ORI017. Cukup satu sentuhan, banyak hal bisa kamu lakukan di aplikasi digibank by DBS.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.