Advertorial

Huawei Rilis Tiga Flagship Seri P40, Baca Ulasannya Sebelum Beli

Kompas.com - 18/06/2020, 05:44 WIB
. Dok. Huawei.

Tak puas merilis dua jenis ponsel seri flagship saja, tahun ini Huawei semakin rajin menambah produk baru dengan menawarkan seri perangkat ponsel baru yaitu HUAWEI P40, P40 Pro, dan P40 Pro+. 

Lantas, apa yang membedakan antara ketiga seri tersebut dan mana yang paling sesuai kebutuhan Anda? Berikut ini perbandingannya: 

Desain 

HUAWEI P40, ponsel flagship dari seri terbaru yang diluncurkan ditawarkan dengan pilihan warna silver frost. Bodi ponsel ini dilapisi kaca. 

Sementara itu, P40 Pro ditawarkan dengan opsi warna Silver Frost dan Deep Sea Blue, sedangkan  untuk P40 Pro + dengan opsi warna Ceramic White. Bodi kedua ponsel juga dilapisi kaca. Namun bedanya kedua seri ini juga memiliki lapisan matte yang mencegah sidik jari tertinggal pada bodi ponsel. 

Jika dilihat sekilas, ketiga seri tersebut tampak sama. Namun, jika dicermati dapat dilihat bahwa Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki layar lengkung, sedangkan Huawei P40 bertahan pada layar datar. 

Huawei P40 hadir dengan layar 6.1 inci dan memiliki kamera depan ganda pada sisi kiri atas. Sementara Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki layar lebih lebar yaitu 6.58 inci dan kamera depan dengan posisi yang sama.  

Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ dirancang dengan lengkungan keempat sudutnya sehingga terlihat lebih berkelas dan nyaman untuk pengguna. 

Layar 

Seperti uraian sebelumnya, HUAWEI P40 memiliki layar lebih kecil dan datar serta bezel yang lebih tebal dari “kakak”-nya. Sebaliknya, HUAWEI P40 Pro dan P40 Pro+ punya layar yang lebih lebar. 

Layarnya memang tak sebesar ponsel flagship yang beredar di pasaran. Namun, Huawei mengambil keputusan tepat dalam menentukan ukurannya. 

Ukuran yang tidak terlalu besar membuat ponsel Huawei P40 nyaman digenggam dengan satu tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku.  

Huawei model Pro maupun Pro+ memiliki Overflow Display yang terinspirasi dari permukaan air yang tumpah, sehingga bezel-nya sangat tipis dan hampir tidak tampak. 

Pengalaman menonton konten-konten multimedia lebih memuaskan dengan layarnya yang luas. 

HUAWEI P40 menawarkan layar 60 Hz, sedangkan Pro dan Pro+ menawarkan tingkat pembaruan hingga 90 Hz yang tentunya 50 persen lebih baik dari panel 60 Hz biasa. 

Meskipun ponsel lain di pasaran menawarkan hingga 120 Hz atau 144 Hz, keputusan Huawei menggunakan panel 90 Hz telah melalui berbagai pertimbangan. 

Akan tetapi, perbedaan refresh rate panel tersebut sebenarnya tak terlalu berpengaruh bagi pengguna ketika membuka aplikasi atau menyaksikan konten. 

Performa 

Ketiga perangkat ponsel flagship tersebut menjadi bukti kekuatan inovasi HUAWEI dalam menciptakan perangkat lunak dan keras. 

Kinerja ketiganya disokong oleh penggunaan chip Kirin 990 5G dan perangkat lunak Huawei Mobile System. Nantinya, pengguna akan mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan dari Huawei AppGallery. Saat ini, sudah terdapat lebih dari 50 aplikasi yang dapat diunduh oleh para pengguna ponsel Huawei. 

Untuk kategori perbankan dan keuangan, aplikasi BTN Mobile, BCA Mobile, DANA, Permata Mobile, GO Mobile oleh CIMB Niaga, dan Akulaku telah tersedia di AppGallery. 

Adapun untuk kategori commerce juga tersedia seperti Blibli, Matahari, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, dan Shopee. Selain itu, tak ketinggalan operator seluler seperti MyXL, Bima +, My IM3, dan My Telkomsel. 

Aplikasi travelling seperti Here We Go, Traveloka, Garuda Indonesia Mobile, dan KAI Access juga sudah bisa digunakan dengan baik. Bahkan aplikasi Kompas.com juga tersedia dan dapat digunakan dengan lancar di perangkat Huawei. 

Sementara itu, aplikasi pemerintah juga tersedia baik itu BPJSTKU dan Info BMKG. Kategori hiburan pun tak ketinggalan seperti Vidio, Fore, HAGO, dan masih banyak aplikasi lainnya. 

Huawei senantiasa berkomunikasi dan membangun kerjasama dengan App Developer lokal maupun global demi memberikan kenyamanan bagi pengguna. 

Selain itu, ketiganya juga sudah dilengkapi dengan EMUI 10.1 dan sudah mendukung aplikasi MeeTime. Aplikasi ini memberikan pengalaman panggilan video all-scenario, termasuk berbagai file saat melakukan panggilan, khusus untuk sesame pengguna smartphone Huawei yang telah update ke EMU.10.1. 

Bicara soal kapasitas baterai, trio flagship Huawei memiliki perbedaan. Seri P40 didukung kapasitas baterai 3.800 mAh. HUAWEI Pro dan Pro+ memiliki kapasitas baterai hingga 4.200 mAh. 

Ketahanan baterai memang tergantung pada ukuran perangkat dan fitur-fitur yang dimiliki. Namun, bisa dipastikan daya ketiga perangkat smartphone dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama.  

Kemampuan pengisian dayanya juga menakjubkan. Huawei P40 mampu melakukan fast-charging 22.5 W sedangkan P40 Pro dan P40 Pro+ mencapai 40 W. Pengguna tidak perlu khawatir lagi ketika tidak punya waktu banyak untuk mengisi daya baterai ponsel. Sebab, baterai bakal cepat terisi, meski hanya sebentar mengisi daya.  

Selain itu Huawei juga memperkenalkan pengisian daya nirkabel 40 W pada Pro+ yang mengejutkan banyak orang. Hal ini berarti perangkat mampu melakukan pengisian daya tanpa kabel kurang dari 1 jam. 

Kamera 

Jika pada bagian-bagian di atas ketiga perangkat tersebut hampir sama, pada sektor kamera terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Semakin tinggi level seri maka ada penambahan kamera yang dibarengi kapasitas yang lebih tinggi pula. 

Pada HUAWEI P40 susunan triple-camera disematkan di bagian belakang dengan rincian resolusi 50 MP SuperSensing, 16 MP ultra-wide, dan 8MP telephoto cameras. Masing-masing dapat menghadirkan efek 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom, serta 30x max zoom

HUAWEI P40 Pro memiliki kamera 50 MP SuperSensing, 40MP ultra-wide, 8MP telephoto, dan sensor time-of-flight yang akan memberikan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x max zoom

Sementara itu P40 Pro+ menambahkan lensa 3x optical telephoto zoom sehingga mampu menghadirkan efek "SuperZoom" sampai maksimal 100x zoom. Ketiga perangkat memiliki kamera depan 32 MP dengan sensor depth yang mumpuni. 

Setiap model memiliki kelebihan masing-masing sehingga Anda harus cermat menentukan mana yang paling relevan dengan kebutuhan. Selain itu pertimbangkan juga kesesuaian dengan budget yang dimiliki.  

Bila kamera utama canggih menjadi keharusan, Huawei P40 Pro atau Huawei P40 Pro+ dapat layak jadi pilihan. Sementara bila Anda ingin memiliki smartphone dengan kamera mumpuni tetapi masih dengan harga bersahabat, HUAWEI P40 adalah pilihan tepat.