Advertorial

Gerakkan Ekonomi Mikro, Bank Mandiri Libatkan Warung dan Agen Makanan dalam CSR

Kompas.com - 22/06/2020, 14:50 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Shutterstock) Ilustrasi Bank Mandiri.

Bank Mandiri turut membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 lewat kegiatan corporate social responsibility (CSR). Namun, tidak sekedar menyerahkan bantuan, dalam melakukan kegiatan CSR ini Bank Mandiri juga turut menggerakkan ekonomi mikro.

Bank Mandiri melibatkan warung kecil dan agen makanan untuk menyiapkan bantuan berupa 120 ribu paket makanan serta sembako dengan nilai total Rp 6 miliar.

"ini adalah salah satu bentuk dukungan kami kepada pemerintah juga kepada pelaku usaha agar bisa terus menggerakkan roda perekonomian khususnya pada sektor mikro yang sangat terdampak oleh wabah corona" kata Rully.

Paket tersebut kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19. Sebagian bantuan diberikan secara langsung oleh Bank Mandiri. 

Rully mengatakan demi menjamin penyaluran paket bantuan tepat sasaran pihaknya bekerja sama dengan pengurus RT dan RW, serta kelurahan di area yang menjadi sasaran CSR.

Beberapa paket juga disalurkan melalui yayasan ke panti asuhan dan panti jompo. Penyaluran lewat yayasan panti asuhan dan panti jompo ini dilakukan sejak Mei 2020 hingga akhir bulan ini.

Kegiatan CSR dengan skema ini sebenarnya telah dilakukan Bank Mandiri sejak Ramadan, tepatnya April 2020. Bank Mandiri saat itu menggandeng pelaku usaha kuliner yang tergabung dalam jaringan Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara).

Para pelaku usaha diajak untuk menyiapkan 4.000 paket takjil Ramadan yang kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Rully menambahkan, program Mandiri Untuk Negeri ini adalah salah satu aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan diharapkan dapat sedikit membantu serta meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.