Advertorial

Mengenal Lebih Dekat Kamera Terbaik Smartphone Flagship Huawei Seri P40

Kompas.com - 22/06/2020, 15:13 WIB
- Dok. Huawei -

Anda tentu pernah punya pengalaman kesulitan memotret obyek bergerak. Tiap memotret obyek tersebut, hasil yang didapat justru blur alias buram. Misalnya saja, saat mengambil foto anak kecil yang aktif bergerak atau mungkin saat sedang berolahraga.

Namun tenang, kendala semacam itu sudah tidak akan Anda temukan bila menggunakan smartphone terbaru dari Huawei.

Flagship HUAWEI Seri P40 menawarkan solusi dengan mengadopsi teknologi Artificial Intelligence(AI) Best Moment. Teknologi ini memudahkan fotografer pemula untuk menghasilkan jepretan yang memuaskan. Baik dalam kondisi cahaya terang maupun gelap, di di dalam ataupun di luar ruangan.

Sensivitas pengambilan gambar dalam kondisi cahaya redup yang dimiliki HUAWEI Seri P40 ini bisa jadi yang terbaik dari pendahulu maupun pesaingnya.

Teknologi AI yang digunakan mampu memaksimalkan penggambilan cahaya saat night mode, sehingga foto yang dihasikan lebih jernih dan jelas, baik kamera depan maupun kamera belakang.

Memang sudah bukan rahasia lagi bila ponsel keluaran Huawei dikenal mempunyai kamera mumpuni. Ini dibuktikan dengan penilaian situs benchmark kamera, DxOMark, yang menobatkan Huawei sebagai produsen smartphone dengan kamera terbaik.

Selain AI Best Moment tadi, Huawei kembali membuat gebrakan di kamera seri ponsel premium terbarunya. Apa saja, berikut ulasannya.

Kamera depan

Salah satu keunggulan tersebut terbukti dari kualitas kamera depan yang terdiri dari dua lubang kamera berbentuk mini kapsul. Setelah melalui hasil uji, kamera depan HUAWEI Seri P40 bahkan mendapatkan skor keseluruhan 103 poin. Dengan rincian, 108 poin dari segi foto dan 95 poin untuk video.

Dual kamera tersebut sama-sama disematkan di ketiga HUAWEI Seri P40. Resolusinya juga tak main-main, 32 MP dengan bukaan diafragma f/2.2 dan IR 3D sensor, serta dipasangkan dengan sensor kedalaman (depth sensor) untuk menghasilkan efek bokeh.

Berfungsi sebagai kamera selfie, kamera depan HUAWEI Seri P40 kini sudah mendukung autofocus untuk menghasilkan foto yang tajam. Dengan fitur ini, baik dari jarak dekat maupun jarak jauh, foto yang dihasilkan tetap jernih. Kontras, warna, dan dinamika yang dihasilkan juga luar biasa.

Kamera utama

Kamera belakang menjadi kekuatan utama flagship terbaru Huawei. Ketiga tipe HUAWEI Seri P40 dibekali lensa besutan Leica dengan susunan kamera berbeda-beda. P40 memiliki tiga kamera, P40 Pro memiliki empat kamera, lalu P40 Pro+ dengan lima kamera.

P40 Pro+ mempunyai spesifikasi kamera paling mumpuni. Tipe tertinggi di Seri P40 ini sudah dibenami kamera SuperZoom 8 MP dengan zoom optik 10x. Lensa inilah yang tidak ada di tipe P40 Pro dan P40.

Untuk tipe P40 Pro dan P40 Pro+, Huawei menambahkan satu kamera sensor kedalaman 3D atau ToF. Fungsi kamera ini untuk menentukan kedalaman obyek yang dipindai melalui sinar inframerah dan membantu menciptakan efek bokeh.

Meski terdapat perbedaan, ketiga varian P40 mempunyai kesamaan, yakni di kamera utama. Ketiganya dibekali kamera ultra vision 50 MP.

Selain itu, ketiga flagship ini juga dilengkapi teknologi RYYB (color filter Red-Yellow-Yellow-Blue) dan juga sensor CMOS berukuran 1/1.28 inci yang jauh lebih besar dari kamera lainnya.

Fitur HUAWEI Golden Snap

HUAWEI Golden Snap menjadi fitur unggulan di flagship Seri P40. Fitur ini bisa secara otomatis menyajikan foto dengan hasil terbaik melalui teknologi AI.

Terdapat tiga teknologi AI yang disematkan di HUAWEI Golden Snap, yakni AI Best Moment, AI Remove Passerby, dan AI Remove Reflection. Ketiganya mempunyai fungsi berbeda-beda.

Teknologi AI Best Moment memudahkan pengguna Huawei Seri P40 mendapatkan hasil foto terbaik meski obyek bergerak. AI akan menganalisis frame yang diambil sebelum, saat, dan setelah tombol shutter (rana) ditekan.

-Dok. Huawei -

Kemudian, AI akan mendeteksi fitur postur dan ekspresi dari gambar bergerak. Setelah itu, fitur Gallery Edit akan merekomendasikan 1-3 foto terbaik.

Pengguna Huawei Seri P40 juga tak perlu khawatir bila ada gangguan yang tak diinginkan tiba-tiba muncul saat memotret. Misalnya saja, ada orang yang tiba-tiba lewat saat Anda sedang membidik obyek.

Teknologi AI Remove Passerby akan menghilangkan gangguan tersebut. Setelah mengetuk tombol rana, AI secara otomatis akan mengumpulkan informasi kemungkinan adegan yang akan terjadi, baik sebelum dan setelah rana ditutup.

AI lantas menghilangkan gangguan dengan menggabungkan beberapa frame menjadi satu. Foto yang dihasilkan pun akan bersih dan fokus sepenuhnya pada obyek.

Selain obyek bergerak dan gangguan, pantulan cahaya yang merusak foto pun bisa dihilangkan dengan AI Remove Reflection. Teknologi AI ini akan menghapus lapisan cahaya tertentu sehingga foto yang dihasilkan lebih bagus.

Kemampuan merekam video

Selain mumpuni untuk memotret, hasil video bidikan kamera HUAWEI Seri P40 juga istimewa. Ponsel dengan layar kaca lengkung di empat sisi itu mampu merekam video dengan kualitas ultra high definition (UHD) 4K 60 frame per second (fps).

Untuk rekaman video, sensor ultra-wide 40 MP pada P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki dimensi 1/1.54 inci dengan rasio 3:2. Hasil rekamannya pun mampu menangkap tekstur rambut secara detail, termasuk bulu mata dan warna kulit dengan presisi.

HUAWEI Seri P40 juga dapat merekam video dengan kualitas tinggi di berbagai cahaya. Momen malam hari maupun senja dapat direkam dengan jelas dan jernih tanpa ada noise. Hasil video pun tampak seakan-akan terjadi di depan mata.

Bukan itu saja, HUAWEI Seri P40 sudah dilengkapi teknologi AIS dan OIS terbaru. Teknologi ini memungkinkan merekam momen dari kejauhan dengan tingkat kejelasan dan stabilitas yang tinggi. Anda pun tak perlu khawatir video yang dihasilkan bakal buram dan tremor.

Nah, itu tadi keunggulan-keunggulan fitur kamera flagship HUAWEI Seri P40. Melihat nilai plus sebanyak itu, maka tak heran ponsel premium terbaru Huawei merupakan smartphone terbaik di kelasnya.