Advertorial

Tingkatkan Kemampuan Peringatan Dini Gempa dan Tsunami, BMKG Pasang WRS NewGen di 315 Lokasi

Kompas.com - 23/06/2020, 07:39 WIB
Monitor Warning Receiver System (Dok. Sentuh Digital Teknologi) Monitor Warning Receiver System

Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati oleh Ring of Fire. Hal ini membuat Indonesia termasuk di wilayah yang rawan terkena bencana gempa dan tsunami.

Dalam dua dekade terakhir saja, tercatat telah terjadi 5 gempa bumi besar di Indonesia, di antaranya gempa bumi Aceh pada 2004, gempa bumi Pulau Nias (2005), gempa bumi Yogjakarta (2006), gempa bumi Padang (2009), dan yang terakhir gempa bumi Palu (2018).

Terkait kerawanan ini, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) diharuskan mempunyai teknologi yang mumpuni untuk mendeteksi gempa agar bisa memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

Penggunaan teknologi untuk memitigasi bencana gempa dan tsunami sudah diatur dalam UU No 31 Tahun 2009 tentang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Aturan tersebut diperkuat dengan Perpres No 93 Tahun 2019 yang berisi tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami.

Salah satu amanat peraturan tersebut adalah pemasangan alat pendeteksi gempa dan peringatan dini tsunami bernama Warning Receiver System (WRS) di daerah yang rawan.

Sejak 2008, BMKG sudah memasang 275 WRS yang tersebar di berbagai daerah. Namun, dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kecepatan informasi terkait gempa bumi sangat dibutuhkan, tahun ini BMKG memasang WRS generasi terbaru di 315 lokasi berbeda.

WRS NewGen ini merupakan terobosan BMKG yang didukung oleh Sentuh Digital Teknologi. Alat pendeteksi ini mempunyai kelebihan untuk memberikan informasi gempa secara real time.

Sinergi antara BMKG dan Sentuh Digital Teknologi melalui WRS NewGen diharapkan dapat membantu percepatan penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Dengan demikian, pemerintah bisa mengambil langkah penting secara cepat dan segera tanggap dalam penanganan bencana sehingga bisa menyelamatkan ratusan, bahkan ribuan korban jiwa.

Sedikit informasi, Sentuh Digital Teknologi merupakan perusahaan startup dalam negeri yang mengembangkan Interactive Digital Display. Perusahaan ini didirikan pada 2017 dan fokus pada komunikasi digital.

Sentuh Digital Teknologi percaya bahwa teknologi informasi dapat membantu memperluas dan mempercepat komunikasi untuk khalayak ramai. Dengan bantuan teknologi, instansi maupun perusahaan pun dapat efektif dalam mengomunikasikan nilai.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Sentuh Digital Teknologi, bisa berkunjung ke situs www.sentuh.id atau akun media sosial.