Advertorial

Tidak Hanya Fotografi, Flagship Huawei Seri P40 Juga Mulus Saat Gaming

Kompas.com - 25/06/2020, 00:45 WIB
. Dok. Huawei.

Bagi penggemar game, pasti pernah merasakan ponsel ngelag saat mabar alias main bareng. Lagi asyik-asyiknya main game, tiba-tiba layar kabur atau macet. 

Hal itu tentu menjengkelkan. Terlebih, ponsel ngelag saat mabar ini juga kerap menjadi penyebab kekalahan. 

Ponsel ngelag biasanya disebabkan sistem ponsel yang tidak bisa menjalankan syarat minimum untuk mengoperasikan aplikasi. 

Seperti diketahui, setiap aplikasi game punya syarat berbeda-beda, tergantung ukuran file, kualitas grafis, dan jumlah data di dalamnya. Agar ponselmu lancar saat menjalankan game, maka ponsel harus memenuhi syarat tersebut. Jika salah satu syarat tak terpenuhi, lagging tak bisa dihindari. 

Namun demikian, ketika kamu main game dengan smartphone flagship HUAWEI Seri P40, kamu tak perlu khawatir ngelag lagi. 

Tunggu sebentar, mungkin kamu bertanya-tanya, bukankah Huawei identik sebagai produsen ponsel kamera canggih? 

Ya, nama Huawei memang melekat sebagai vendor ponsel dengan kamera mumpuni. Bahkan, situs benchmark kamera DxOMark, menobatkan Huawei sebagai produsen smartphone dengan kamera terbaik. 

Keandalan smartphone bikinan Huawei ternyata tak cuma bertumpu pada fitur kameranya, tetapi juga kemampuannya menjalankan aplikasi game. 

Sebagai smartphone seri tertinggi yang baru saja dirilis Huawei, HUAWEI Seri  P40 dibekali sejumlah fitur mumpuni agar ngegame tetap mulus. Misalnya display layar 90 Hz (Hertz), performa system on chip (SoC) Kirin 990 5G, dan daya tahan baterai. 

Berikut ini ulasan fitur-fitur pendongkrak performa HUAWEI Seri P40 saat ngegame. 

Display layar

Agar performa tetap prima saat digunakan untuk bermain game, HUAWEI Seri P40, P40 Pro, dan P40 Pro+ dibekali display layar dengan refresh rate mencapai 90 Hz. 

Asal tahu saja, refresh rate merupakan spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detik. Sederhananya, layar 90 Hz mampu menampilkan 90 gambar per detik. 

Dengan kata lain, semakin tinggi angka refresh rate, semakin mulus pula gambar yang ditampilkan. Kemampuan refresh rate yang tinggi juga menyuguhkan tampilan animasi yang lebih mulus untuk keseluruhan interaksi User Interface (UI).

Beberapa game dari berbagai genre sudah diuji menggunakan HUAWEI Seri P40, seperti PUBG Mobile, Call of Duty, dan Mobile Legends. Termasuk aplikasi game Free Fire yang sudah tersedia di AppGallery dan authorized 

Kecepatan refresh rate HUAWEI P40 Pro diklaim menjanjikan pengalaman gaming lancar dan responsif. Hal ini berkat prosesor unggul yang dibenamkan yakni Kirin 990 5G. 

Setelah diuji coba, hasil keseluruhan menunjukkan game-game tersebut bisa mulus dijalankan HUAWEI Seri P40.  Meski dimainkan dalam waktu cukup lama, dengan kapasitas 30-90 fps (frame per second), performanya pun tetap stabil. 

Menariknya, konsumsi daya HUAWEI Seri P40 tetap hemat meski memainkan game dengan fps tinggi. Hal ini berkat kemampuan render dari graphic processing unit (GPU) Mali-G76 MP16 yang ada di Kirin 990 5G. GPU tersebut mampu meningkatkan performa sistem sekaligus menghemat daya. 

Selain itu, GPU juga membantu mengurangi potensi ngelag yang sangat mengganggu saat pengguna tengah asyik memainkan game. 

Performa Kirin 990 5G

System on Chip (SoC) Kirin 990 5G juga melengkapi chipset HUAWEI Seri P40 yang menjadikannya lebih tangguh. Sebagai SoC terbaik yang dimiliki Huawei saat ini, Kirin 990 5G memiliki octa-core CPU, 16-core GPU dan triple-core NPU. 

Ketiganya bersinergi agar kinerja HUAWEI Seri P40 tetap prima. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung efisiensi produktivitas pengguna, meningkatkan pengalaman gaming, dan Artificial Intelligence (AI) computing scenario. 

Performa apik chipset Huawei tersebut juga dibuktikan dari skor benchmark AnTuTu. HUAWEI P40 mencetak total 450.373 poin, P40 Pro 482.457 poin, dan P40 Pro+ 496.966 poin. 

Baterai tahan lama 

HUAWEI Seri P40 dilengkapi baterai berdaya tahan lama. Saat digunakan ngegame selama empat jam nonstop, baterainya hanya berkurang tak lebih dari 20 persen. 

Hal itu dipengaruhi sejumlah aspek, seperti konektivitas yang stabil, pengaturan layar, dan teknologi pendinginan yang inovatif sehingga suhu HUAWEI Seri P40 tetap terjaga. 

Selain memiliki baterai yang awet, seri smartphone premium Huawei ini juga dilengkapi teknologi untuk mereduksi panas dan memaksimalkan kinerja pendingin, sebut saja 3D Graphene Film + Ultra-Thin Heat Pipe. Teknologi ini ditanamkan pada HUAWEI P40. 

Untuk HUAWEI P40 Pro, disematkan 3D Graphene Film + Ultra-Thin Vapour Chamber, sedangkan HUAWEI P40 Pro+ dilengkapi 4-in-1 Supercool System: Highly Thermal Conductive Graphene Film + Ultra-Thin Vapour Chamber + Heat Pipe + Graphite. 

Selain itu, HUAWEI Seri P40 juga dilengkapi kabel 40 W Supercharge. Dengan kabel ini, pengguna hanya membutuhkan waktu satu jam agar daya ponsel kembali terisi 100 persen. 

Nah, itulah fitur-fitur unggulan ponsel flagship HUAWEI Seri P40 untuk memaksimalkan pengalaman ngegame. Sebagai ponsel premium, Huawei tak cuma menawarkan pengalaman fotografi, tetapi juga keseruan dalam memainkan game-game kekinian.