Advertorial

Terus Dukung Tenaga Medis, Pertamina Salurkan 305 Unit Ventilator untuk RS BUMN se-Indonesia

Kompas.com - 26/06/2020, 14:25 WIB

Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan berbagai bantuan ke beberapa rumah sakit (RS), pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), pusat pelayanan terpadu (Posyandu), dan masyarakat umum.

Hingga pertengahan Juni 2020, total nilai bantuan yang disalurkan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut mencapai Rp 220,6 miliar.

Terbaru, Pertamina menyumbang 350 unit ventilator ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian didistribusikan ke sejumlah RS BUMN di Tanah Air. Adapun kegiatan itu dilakukan di Gudang BGR, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Kamis (23/6/2020).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, Pertamina terus berupaya dan berkomitmen mendukung perjuangan tenaga medis yang sedang merawat pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan. 

“Sebagai BUMN, Pertamina akan terus memberikan dukungan berbagai peralatan medis yang dibutuhkan rumah sakit, terutama ventilator, APD, dan kebutuhan lainnya sehingga dengan peralatan yang memadai bisa lebih banyak membantu kesembuhan pasien Covid-19,” ujar Fajriyah dalam keterang resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Fajriyah menambahkan, ventilator merupakan salah satu alat penting yang dibutuhkan tenaga medis terutama dalam merawat pasien dengan kategori berat. Alat ini diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri agar bisa tersebar ke berbagai RS BUMN yang membutuhkan.

Di sisi lain, Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrat mengungkapkan, ventilator tersebut akan didistribusikan ke kota-kota yang memiliki tingkat penyebarannya tinggi.

“Tahap awal kami kirim ke daerah Jawa Timur, meliputi Surabaya, Jember, Malang. Semoga bantuan ini dapat membantu memberikan kesembuhan kepada pasien Covid-19,“ ujarnya.

-(Dok. Pertamina) -

Sebelumnya, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan kesehatan yang terdiri dari masker sebanyak 614.667 buah, 7.315 liter hand sanitizer, 215.809 alat pelindung diri (APD), 1.800 unit wastafel, 90.594 sarung tangan, dan 305 ventilator.

Pemberian dalam bentuk sembako dan makanan pun Pertamina lakukan. Totalnya, 127.814 paket.

Tak hanya itu, Pertamina juga telah membantu beberapa RS rujukan Covid-19 dengan total bantuan mencapai 130 Miliar.

Komitmen Pertamina untuk membantu percepatan penanganan wabah virus Corona di Indonesia sepertinya tak main-main. Itu dilihat dari pembangunan RS modular di lahan Lapangan Bola Simprug sebagai rumah sakit darurat Covid-19

Pada kesempatan itu turut hadir Vice President CSR & SMEPP Pertamina, Arya Dwi Paramita, Ketua Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri Harjawan Balaningrat, dan Direktur Operasional Medis Pertamedika, IHC Abdul Harris.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com