Advertorial

Menjawab Kegalauan Generasi Muda Dalam Ketidakpastian, Klob Hadirkan Virtual Job Fair

Kompas.com - 28/06/2020, 13:38 WIB
- -

Dengan semangat mendukung program pemerintah dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai bagian dari tahapan besar menuju Indonesia Emas 2045, Klob menghadirkan virtual job fair dan serangkaian sesi webinar, yang disebut Klob Fair. Dengan tujuan membangkitkan optimisme generasi muda Indonesia di masa pandemi, pada tanggal 22-25 Juni 2020, Klob Fair berkolaborasi dengan 43 narasumber yang ahli di bidangnya, dan dengan lebih dari 40 perusahaan yang membuka 150+ lowongan kerja aktif.

Tema besar Klob Fair, “ Challenge Yourself Into the Unknown” diusung untuk mewakili kecemasan dan kegalauan generasi muda Indonesia dengan meningkatnya VUCA ( Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) yang menggambarkan tantangan yang harus dihadapi saat ini - terlebih dengan adanya dampak Pandemi yang telah menciptakan banyak limitasi kesempatan kerja. Namun terbukti, walau dihadapkan dengan banyak tantangan, semangat untuk mengembangkan diri dan mencari kesempatan bekerja tetap tinggi. Selama event berlangsung, 1,7 juta orang mengunjungi klob.id/klobfair, lebih dari 23.000+ orang melamar ke lowongan yang dibuka, dan + 8,000 peserta mendaftar untuk mengikuti 40 sesi webinar. Merespon antusiasme Klob Fair ini, kegiatan yang awalnya direncanakan selama tiga hari, diperpanjang menjadi empat hari.

Klob Fair Menghadirkan narasumber ternama diantaranya Wakil Gubernur Jawa Timur - Emil Dardak, Alamanda Shantika, Jerome Polin, dan Rizky Ardi Nugroho (Mizter Popo). Sesi webinar juga diikuti oleh perwakilan dari berbagai perusahaan seperti PT Pegadaian, PT Paragon Technology and Innovation, BCA, Kompas Gramedia, dan masih banyak lainnya. Ragam topik yang dibawakan ditujukan agar bisa memotivasi, meningkatkan skill dan memberikan arahan melalui pengalaman dan praktik baik terkait karier, pengembangan diri dan juga well-being.

Dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi VUCA, Klob Fair menyoroti aspek-aspek utama yang harus dimiliki. Pertama, purpose dan nilai hidup perlu dimaknai sebagai dasar dan panduan untuk setiap pengambilan keputusan. Kedua, kemampuan membaca peluang dan keberanian mengambil langkah - yang didasari oleh purpose - merupakan salah satu kunci mencapai tujuan. Ketiga, dalam menghadapi ketidakpastian, dibutuhkan agility atau kegesitan dalam menghadapi berbagai tantangan - termasuk tajam dalam memahami objektif, fokus dalam menyelesaikan masalah, serta mampu menanggapi segala perubahan.

Gerakan yang diinisiasi oleh Klob ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan yang bertujuan untuk membuka kesempatan dan menyebarkan semangat optimisme bagi generasi muda Indonesia - yang diharapkan bukan saja sebagai penerus, tetapi juga penentu kemajuan bangsa.

- -