Advertorial

Dukungan Pertamina untuk UMKM, Mulai Pinjaman Dana hingga Luncurkan Buku Katalog Mitra Binaan Unggulan

Kompas.com - 29/06/2020, 13:39 WIB
Buku katalog mitra binaan unggulan Pertamina dengan judul ?Pertamina SME 1000?. (Dok. Pertamina) Buku katalog mitra binaan unggulan Pertamina dengan judul ?Pertamina SME 1000?.

Salah satu yang terdampak pandemi Covid-19 adalah para pegiat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tidak sedikit dari mereka yang akhirnya harus menutup usahanya.

Namun, banyak juga dari UMKM yang masih berjuang untuk tetap bertahan. Mereka pun memutar otak supaya tetap dapat menjalankan bisnisnya.

Ada beberapa yang bertahan dengan memproduksi barang yang sama, tetapi ada juga yang banting setir memproduksi barang yang banyak dibutuhkan selama masa pandemi ini.

Untungnya, mereka tidak sendiri, Pertamina sebagai perusahaan BUMN pun telah menjalankan beberapa program khusus untuk mendukung UMKM agar terus bangkit.

Program tersebut beragam, mulai dari pinjaman dana bergulir hingga pelatihan penjualan produk pada era pandemi Covid-19. Program disusun dan dijalankan sebagai bentuk komitmen Pertamina mendukung kebangkitan UMKM.

Pertamina juga memberdayakan UMKM dengan menjadikannya Mitra Binaan sebagai penyedia produk kebutuhan bantuan Pertamina Peduli.

Tak main-main, nilai penjualan produk mitra binaan yang disalurkan Pertamina Peduli mencapai Rp 5,49 miliar. Angka terseut berasal dari 176 UMKM Mitra Binaan Pertamina dan 420 UMKM RKB Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, dukungan dari Pertamina juga terus diberikan kepada mitra binaannya tersebut. Dalam webinar bertajuk “Strategi UMKM Indonesia Bangkit Pasca Corona” buku katalog mitra binaan unggulan berjudul Pertamina SME 1.000 pun diluncurkan Pertamina secara daring.

“Buku katalog ini berfungsi sebagai media promosi yang cukup lengkap tentang beragam profil mitra binaan, produk unggulan, serta metode pemasaran atau pemesanannya," terang Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (28/6/2020).

Buku tersebut dilengkapi narasi dan foto sehingga diharapkan dapat menarik konsumen untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan akhirnya membelinya.

"Buku katalog ini juga berfungsi sebagai media pertukaran informasi antar Mitra Binaan dalam memenuhi kebutuhan dalam berwirausaha atau business matching," imbuh Fajriyah.