Advertorial

Koperasi & UKM Paling Cepat Beradaptasi dalam New Normal

Kompas.com - 30/06/2020, 18:47 WIB
. .

Koperasi Nasari Syariah & Nasari Group kembali mendukung pemerintah, khususnya di Kota Surabaya dan wilayah Jawa Timur, dalam menangani wabah virus corona lewat program Nasari Peduli Covid-19.  Program tersebut diluncurkan secara nasional sejak awal Mei lalu dalam menyambut 75 tahun Indonesia merdeka hingga Agustus mendatang. 

Hari ini, Selasa (30/6/2020), Koperasi Nasari Syariah memberikan donasi dalam bentuk 7.500 set APD (baju hazmat dan shoe cover) dan 10.000 masker medis kepada Pimpinan PP Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur di Surabaya. 

Donasi APD diperuntukan terutama untuk pahlawan medis antara lain dokter, perawat, staff RS, serta pengemudi ambulans sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di seluruh RS Muhammadiyah di Jawa Timur. 

Kerja sama ini dilakukan karena Muhammadiyah adalah salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia dan mempunyai jaringan rumah sakit terbesar untuk penanganan Covid-19 di Surabaya dan seluruh wilayah Jawa Timur. 

Dalam kesempatan ini Ketua Pengurus Nasari Syariah Chandra Saritua mengajak seluruh lapisan masyarakat Surabaya dan Jawa Timur untuk bersatu gotong rotong, penuh solidaritas, dan cepat beradaptasi dengan mengubah perilaku di dalam masa kenormalan baru agar roda kegiatan ekonomi segera pulih dan tetap waspada menjaga kesehatan. 

. .

“Koperasi & UKM adalah badan usaha yang paling cepat beradaptasi dengan apapun kondisi krisis ekonomi terutama dalam pandemi ini. Khusus di wilayah Jawa Timur ada 25.000 koperasi yang aktif, 10 juta UKM, yang menyerap tenaga kerja sebanyak 15 juta orang dengan kotribusi terhadap Produk Domistik Bruto (PDB) nasional 5,4 persen atau di atas rata-rata nasional 5,1 persen,“ tegas Chandra.   

Chandra juga mendesak Pemprov, Pemkot, dan Pemkab Jawa Timur untuk bersatu bekerja sama untuk revitalisasi koperasi & UKM dan mengesampingkan ego sektoral.  

Sebagai contoh bahwa APD yang diserahkan merupakan hasil produksi langsung anggota binaan Koperasi Nasari Syariah yang ada di wilayah Surabaya dan sekitarnya yang banting setir untuk tetap bertahan dan berkarya. 

Kegiatan aksi peduli ini memberikan harapan dan optimisme bahwa koperasi dan UKM harus tetap eksis dan menjadi penyelamat ekonomi kerakyatan khususnya di masa krisis ekonomi akibat pandemi. 

“Perlu kami tambahkan bahwa pada tanggal 9 Mei 2020 yang lalu, Nasari Group mengadakan Aksi Peduli dengan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia Pusat Jakarta memberikan bantuan sembako berupa 5 ton beras, 5 ton minyak, 5.000 bungkus mi instan, 2,5 ton gula pasir, dan 10.000 bungkus kopi instan. Ditambah juga masker kain produk pelaku UKM anggota binaan kami sebanyak 5.000 buah, serta 250 liter cairan desinfektan yang disebar ke pesantren dan masjid," tutup Chandra.