Advertorial

Gelar Kompetisi Sobat Bumi, Upaya Pertamina Cari Bibit Unggul Inovator Energi Terbarukan

Kompas.com - 02/07/2020, 23:02 WIB

Pertamina meluncurkan Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 bagi mahasiswa, dosen, peneliti, penggiat energi terbarukan, dan masyarakat umum di seluruh Indonesia.

Kompetisi tersebut digelar untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif dalam hal memaksimalkan potensi energi di Indonesia.

Dengan demikian, kebutuhan energi di daerah pelosok dan terpencil di Tanah Air dapat terpenuhi.

KSB 2020 terdiri dari dua kategori, yakni kategori Teori Sains dan kategori Proyek Inovasi Energi Baru Terbarukan (EBT). Total hadiah untuk keduanya mencapai Rp 900 juta.

Namun, mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, pelaksanaan KSB 2020 dilakukan secara virtual melalui situs web www.sobatbumi.id.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman berharap seluruh lapisan masyarakat mengikuti ajang KSB 2020.

“Seluruh lapisan para akademisi dapat berperan aktif dalam program KSB ini supaya dapat menunjukkan ide tentang pengembangan energi baru terbarukan dalam menjadi pionir membawa keberlangsungan energi masa depan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (2/7/2020).

Bagi para mahasiswa, Fajriyah mengatakan, bisa mendaftar KSB kategori Teori Sains mulai 3 Agustus hingga 30 Oktober 2020. Peserta yang masuk akan diseleksi dalam dua tahap, yakni seleksi daerah dan seleksi nasional.  

Seleksi daerah merupakan babak penyisihan yang dilakukan secara online lewat metode computer based test.

Selanjutnya, seleksi nasional merupakan babak final yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi semifinal dan grand final.

Sementara itu, untuk kategori Proyek Inovasi EBT, pendaftaran telah dibuka sejak 24 Juni dan akan ditutup pada 31 Juli 2020. Peserta kategori ini harus mengirimkan proposal abstrak seputar ide inovasi energi.

Nantinya, 25 peserta dengan proposal terbaik dari kategori Proyek Inovasi EBT bakal mendapat pendanaan dari Pertamina untuk membuat video paparan tentang ide inovasi.

Jumlah tersebut akan diseleksi lagi hingga 10 besar. Peserta yang berhasil masuk ke tahap ini bakal memperoleh akomodasi untuk mengikuti PF Sains Camp di Jakarta selama tiga hari. Pada acara itu, tiga pemenang utama akan diumumkan.

Pengumuman pemenang kategori Proyek Inovasi EBT dilaksanakan pada 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Seluruh pemenang nantinya akan dihadirkan pada acara penganugerahan pada 10 Desember 2020 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamina,” imbuh Fajriyah.

Salah satu pemenang KSB 2016 kategori Teori Sains Bidang Biologi, Hazrina Tiyas Nussa menuturkan, KSB menawarkan pengalaman lomba yang menarik karena tema dan formatnya tidak biasa.

Mahasiswi jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Indonesia, itu pun merasa senang karena bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Saya senang sekali karena dari kompetisi ini saya bisa kenal teman-teman dari seluruh Indonesia dan bisa belajar banyak dari ide-ide yang dipresentasikan,” katanya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.