Advertorial

5 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Menghadapi Era New Normal

Kompas.com - 13/07/2020, 09:41 WIB
Jurnal Program Sehat 12 Hari Royal Wellness (Dok. Realfood)Jurnal Program Sehat 12 Hari Royal Wellness

KOMPAS.com – Tubuh merupakan aset yang berharga karena merupakan sarana untuk menunjang kehidupan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatannya sangatlah penting, terlebih di masa seperti saat ini. 

Ada dua persoalan kesehatan yang harus menjadi perhatian khusus. Selain pandemi virus corona yang belum usai, ada juga demam berdarah dengue (DBD) yang juga merebak di beberapa provinsi.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terhitung sejak Januari sampai 17 Juni 2020 jumlah penderita DBD di Indonesia tercatat mencapai 64.251 orang dan 385 di antaranya meninggal dunia.

Demi memastikan tubuh berada dalam kondisi prima, Kompas.com telah merangkum beberapa cara menerapkan pola hidup sehat.

  1. Jaga kebersihan diri 

Kemenkes menganjurkan untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dan mandi setelah bepergian. Hal ini ditujukan untuk membersihkan virus dan bakteri yang menempel di badan pada saat melakukan aktivitas di luar rumah. 

Selain itu, selalu membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan dan mengenakan masker untuk langkah perlindungan diri dari virus dan bakteri. 

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Kemudian menjaga kebersihan lingkungan juga perlu dilakukan untuk mencegah nyamuk Aedes aegypti yang menularkan virus DBD berkembang biak. 

Melakukan langkah menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mengubur benda yang berpotensi menjadi kubangan air (3M) merupakan langkah efektif untuk terhindar dari DBD.

Selanjutnya, membersihkan rumah dengan cairan disinfektan untuk menghilangkan virus-virus yang menempel pada permukaan benda-benda di rumah.

  1. Rutin berolahraga

Tiga bulan menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan melakukan semua dilakukan #DiRumahAja berisiko menimbulkan kebosanan dan stres. Dilansir dari Kompas.comolahraga secara rutin terbukti bisa membantu mengatasinya.

Selain itu, olahraga rutin juga membuat tubuh terasa bugar sehingga siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari di fase kenormalan baru. 

  1. Istirahat yang cukup

Beristirahat sangatlah dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Oleh karenanya, hindari begadang jika tidak dibutuhkan, dan jangan mengonsumsi minuman mengandung kafein pada sore hari agar terhindar dari masalah susah tidur.

Dilansir dari Kompas.comkurang tidur dapat mengurangi daya tahan tubuh yang sangat dibutuhkan pada era new normal. Selain itu, kurang tidur juga memengaruhi kondisi psikologis, salah satunya membuat suasana hati berubah-ubah (mood swing).

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Pola hidup sehat harus diikuti dengan pola makan yang sehat pula. Karena bagaimana pun, nutrisi yang diserap lewat makanan dan minuman sangat menentukan kesehatan tubuh.

Melansir dari artikel Kompas.com(2/2/2014)nutrisi harian yang dibutuhkan oleh manusia adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pastikan keseimbangan asupan tersebut setiap mengonsumsi makanan.

Salah satu sumber asupan nutrisi yang dapat dicoba yaitu minuman sehat sarang burung walet yang sejak dulu dipercaya sebagai penunjang kesehatan. 

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta, sarang walet memiliki kandungan protein, karbohidrat terlarut, lemak, dan air yang baik dikonsumsi setiap hari.

Sarang burung walet juga memiliki kandungan glikoprotein dan asam sialat yang berfungsi untuk menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh.

Manfaat selanjutnya bisa juga membantu menjaga sistem pencernaan, mempercepat proses regenerasi sel, dan meningkatkan konsentrasi kolagen yang dapat menghambat penuaan dini. Namun, dengan catatan harus dikonsumsi secara rutin agar dampaknya terasa.

Nah, saat ini mengonsumsi sarang burung walet secara rutin tidak sulit karena ada program sehat Royal Wellness dari Realfood. Selama 12 hari, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan dari fully concentrated bird nest

Minuman sehat sarang burung walet ini disarankan dikonsumsi secara rutin saat perut dalam keadaan kosong agar tubuh dapat menyerap zat-zat aktif secara maksimal. Waktu terbaik mengonsumsinya, satu jam sebelum sarapan atau tiga jam setelah makan malam.

Diharapkan program sehat Realfood Royal Wellness 12 hari ini bisa menjadi awal untuk membantu masyarakat memulai pola hidup dengan mengonsumsi sarang burung walet.