Advertorial

Memorable, Ini Tiga Game PlayStation Anak 90-an Paling Seru

Kompas.com - 18/07/2020, 16:57 WIB

KOMPAS.com – Banyak yang beranggapan bahwa generasi 90-an mempunyai definisi kebahagiaan yang cukup sederhana dan berbeda dengan generasi yang besar di era digital.

Bagi generasi 90-an, cukup memainkan permainan tradisional, seperti kelereng, yoyo, layang-layang, petak umpet, dan tembakan air, bersama teman-teman kompleks rumah sudah menggembirakan.

Kegembiraan generasi ini makin bertambah ketika konsol game mulai diperkenalkan dan dijual di Indonesia. Konsol game tersebut antara lain Nintendo, Game Boy, dan PlayStation atau yang populer disebut PS.

Kala itu, tak semua anak memiliki konsol game ini. Jadi, bila ingin bermain, anak-anak generasi 90-an akan bertandang ke teman yang memiliki konsol game. Mainnya pun bergantian sesuai giliran.

Namun, di situlah letak keseruan dan kesenangannya karena tiap anak harus bersabar menanti giliran memainkan game favorit.

Saat itu, Nintendo sendiri punya pilihan game lucu, contohnya saja Super Mario Bross. Sementara, Game Boy identik dengan permainan klasik, seperti tetris dan Game Boy Sega yang lekat dengan sosok Sonic.

Nah, konsol game paling seru bagi anak generasi 90-an adalah PlayStation. Konsol game keluaran Sony ini bisa dibilang paling canggih saat itu. Maka tak heran, anak-anak saat itu rela mengantre di rental PlayStation demi memainkan beragam game baru.

Sekadar untuk mengingat lagi bagaimana keseruan masa kecil generasi 90-an, berikut tiga permainan PlayStation yang hype di era 90-an.

Winning Eleven

Sebagai penggemar olahraga bola, anak laki-laki tentu tak mau melewatkan game Winning Eleven.

Saking kepingin main, biasanya sebagian besar anak laki-laki generasi 90-an sudah harap-harap cemas menanti jam sekolah usai. Saat bel berbunyi, mereka langsung menuju rental PlayStation.

Di game tersebut, kepuasan paling hakiki didapat saat berhasil mencetak gol sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, bagi yang kebobolan berkali-kali, itu jadi "aib" paling ngeselin.

Agar tak terus kebobolan, strategi tepat jadi hal paling penting. Salah satunya terus adalah berlari di pinggir lapangan. Kalau kamu sudah sering main game ini bareng teman, kamu pasti hafal strategi apa saja yang bakal temanmu lakukan.

Selain hafal strategi lawan, apa hal paling berkesan saat kamu memainkan Winning Eleven?

Harvest Moon

Tak kalah seru, game Harvest Moon mengajak generasi 90-an untuk masuk dalam dunia imajinasi. Ya, ini merupakan game yang sarat akan khayalan.

Game ini mengisahkan seorang cucu yang mewarisi perkebunan dan peternakan dari kakeknya yang tinggal di sebuah kota kecil bernama “Mineral Town”.

Nah, saat memainkan game ini, kamu punya kewajiban mengembalikan perkebunan yang terbengkalai dan tak terurus sejak kakeknya meninggal.

Menariknya, permainan ini menggiring kamu untuk mencoba mendesain kehidupanmu sendiri. Selain berternak, kamu juga bisa bertani, berkeluarga, dan bertetangga.

Namun perlu diingat, dalam permainan ini kamu harus pandai pandai mengatur waktu antara pekerjaan di ladang dan menjalin persahabatan dengan penduduk kota.

Seru kan? Selain memiliki beragam seri, Harvest Moon merupakan salah satu permainan PlayStation legendaris. Kalau favoritmu, Harvest Moon yang mana, nih?

Crash Team Racing

Crash Team Racing (CTR) merupakan salah satu game yang wajib ada di setiap penyedia rental PlayStation. Game ini sebuah balapan Go-Kart yang awalnya merupakan spin-off dari serial game petualangan Crash Bandicoot.

Game ini bercerita tentang Crash Bandicoot dan teman-temannya yang harus memenangkan balapan melawan penjahat gila, Nitros Oxide, dan anak buahnya untuk menyelamatkan planet dari kehancuran.

Kamu harus membalap musuhmu dengan memanfaatkan senjata dan peralatan yang bisa kamu dapatkan secara acak.

Di game ini, kamu bisa memainkan CTR sorang diri melawan bot ataupun beramai-ramai dengan teman. 

Nah itu tadi game-game di PlayStation yang berkesan bagi generasi 90-an. Selain tiga game tersebut, kira-kira game PlayStation apalagi nih yang membuat masa kecilmu terasa berkesan?

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.