Advertorial

Suka Mendengarkan Musik? Berikut Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 21/07/2020, 13:53 WIB
Illustrasi orang mendengarkan musik di jalan (Dok. Shutterstock) Illustrasi orang mendengarkan musik di jalan

KOMPAS.com – Melakukan beragam aktivitas sambil mendengarkan musik adalah kebiasaan yang dimiliki oleh banyak orang. Misalnya saja, sambil bekerja, belajar, membaca buku, hingga mengemudi. Musik selalu menjadi “teman” setia yang selalu menemani. 

Terlebih di zaman yang serbadigital seperti sekarang, musik makin mudah didengarkan di mana pun dan kapan pun.

Banyaknya platform penyedia layanan streaming membuat musik semakin mudah diakses.

Hanya butuh satu sentuhan jari pada layar smartphone, kamu sudah bisa mendengarkan lagu-lagu favorit tanpa harus membeli maupun mengunduh.

Walaupun terlihat sederhana, mendengarkan musik sambil berkegiatan ternyata mempunyai banyak manfaat.

Manfaat positif yang diperoleh dapat berpengaruh baik dari segi fisik maupun psikis.

Apa saja manfaat-manfaat tersebut, berikut ulasan dari Kompas.com yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Meningkatkan mood

Dilansir dari artikel Dailymail.co.uk, musik terbukti dapat meningkatkan mood, terutama jika menggunakan perangkat dengan kualitas suara yang bagus.

Daniel Müllensiefen, seorang music psychologist dari Goldsmith’s Collage University of London,mengatakan bahwa kualitas suara yang bagus memiliki korelasi signifikan dengan emosi positif yang lebih kuat, pengalaman musik yang lebih kaya, dan kebahagiaan.

Hal ini dikarenakan musik dapat memperlambat tekanan darah, yang memengaruhi sistem pernapasan. Selain itu, mendengarkan musik juga mengurangi otot yang tegang di daerah leher, pundak, perut, dan tulang belakang sehingga menciptakan perasaan lebih rileks.

Mendengarkan musik dengan perangkat berkualitas bagus, ditambah dengan alunan lagu favorit, mood kamu pun dapat menjadi lebih baik.

Memelihara kesehatan mental

Selain untuk hiburan, musik juga berguna untuk merawat kesehatan mental seseorang. Hal ini karena musik mempunyai efek menenangkan bagi pendengarnya. Musik juga bisa digunakan sebagai terapi bagi penderita penyakit mental.

Dilansir dari DailyMail.co.uk, menurut survey online yang dilakukan oleh Sonos terhadap orang-orang di Inggris, Jerman, Polandia, Belanda, dan Perancis, 38 persen dari keseluruhan responden melaporkan merasa bebas stres saat mendengarkan musik.

Selain itu, menurut penelitian berjudul The Power of Music To Reduce Stress yang dilakukan oleh jurnalis Psych Central Jane Collingwood, mendengarkan musik dapat memberikan rasa rileks pada pikiran dan tubuh, terutama musik klasik yang pelan dan hening.

Jenis musik ini juga dapat memiliki efek menguntungkan pada fungsi fisiologi antara lain memperlambat denyut nadi dan detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan kadar hormon stres.

Meningkatkan konsentrasi

Musik ternyata bisa digunakan juga untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Hal ini karena musik menstimulasi kinerja otak sehingga mendorong kita lebih fokus. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Professor Nobuo Masataka dan Dr Leonard Perlovski dari Harvard University, musik ternyata membantu mengatasi stres yang timbul sehingga perasaan menjadi lebih tenang dan fokus.

Adapun riset tersebut menggunakan metode stroop test, yang biasa digunakan untuk mengetahui kondisi mental seseorang.

Riset diikuti oleh 25 anak laki-laki berusia 8-9 tahun dan 25 orang dewasa berumur 65-75 tahun. Mereka diminta untuk mendengarkan musik klasik seperti Wolfgang Amadeus Mozart.

Hasil riset ini membuktikan bahwa otak ternyata secara alami tidak suka terhadap musik yang tidak beraturan. Otak lebih menyukai musik seperti Mozart yang harmonis dan mengalir. Alunan musik tersebut berhasil meningkatkan fokus para peserta riset.

Nah, itu tadi manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan fisik maupun psikis. Agar mendapatkan manfaat maksimal dari mendengarkan musik, kamu bisa membeli perangkat pendukung, seperti earphoneheadphone, dan speaker

Ketiga alat ini akan membuat aktivitas mendengarkan musik lebih menyenangkan. Usahakan mempunyai ketiga perangkat tersebut agar kamu bisa mendengarkan musik di berbagai kondisi.