Advertorial

Tetap Aman Liburan Bareng Keluarga di Era New Normal, Berikut Tipsnya

Kompas.com - 27/07/2020, 21:44 WIB
Ilustrasi: Shutterstock Ilustrasi: Shutterstock

KOMPAS.com - Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, beberapa wilayah sudah mulai dibuka untuk kegiatan wisata. Artinya, liburan sebentar lagi sudah bisa kembali dilakukan.

Namun, mengingat pandemi belum berakhir liburan ke tempat-tempat wisata tersebut juga tidak dapat dilakukan dengan bebas seperti dulu.

Aktivitas liburan sebaiknya dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, sebaiknya dilakukan bersama keluarga yang tinggal satu rumah agar kondisi kesehatan masing-masing terpantau.

Nah, jika Anda dan keluarga ingin mulai merencanakan liburan, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Status keamanan wilayah

Sebelum pandemi melanda, biasanya hal pertama yang ditentukan saat hendak berlibur adalah destinasi wisata, transportasi, dan penginapan.

Karena situasinya berbeda, selain menentukan destinasi, Anda harus memastikan keamanan daerah yang akan didatangi.

Anda bisa mengakses informasi status tersebut melalui laman covid.19.go.id. Di situ, Anda bisa menemukan daerah mana saja yang sudah berstatus zona hijau, atau masih masuk kategori zona kuning, oranye, dan merah.

Pilih daerah yang berstatus hijau sebagai destinasi wisata karena daerah tersebut memiliki kasus positif Covid-19 lebih rendah dibandingkan zona lainnya.

Wisata alam

Melansir National Geographic, tempat wisata yang aman dikunjungi di masa new normal adalah wisata alam. Contohnya adalah pantai, pegunungan, taman hutan raya, dan taman nasional.

Selain menawarkan ketenangan sekaligus menyegarkan diri rasa jenuh, wisata alam juga  memungkinkan untuk menjaga jarak aman dengan pengunjung lain.

Selain itu, pastikan pula destinasi wisata tersebut membatasi pengunjung 50 persen dari kapasitas normal, demi keamanan bersama.

Jika memungkinkan, pilihlah destinasi wisata alam yang jangkauannya tak terlalu jauh dari rumah, sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Pilih penginapan yang tepat

Jika Anda berencana menginap saat liburan, disarankan untuk memilih hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan dasar agar keluarga tetap terlindungi.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda bisa mengecek dahulu melalui situs resmi hotel atau media sosial media.

Dok. Wuling Motors Dok. Wuling Motors

Gunakan mobil pribadi

Saat memutuskan untuk berwisata bersama keluarga, pilihan transportasi yang ideal adalah mobil pribadi. Selain menunjang kenyamanan dan keamanan, kesehatan keluarga pun lebih terjamin.

Jika dibandingkan dengan transportasi umum, liburan menggunakan kendaraan pribadi akan meminimalisasi kontak dengan banyak orang.

Kendaraan berjenis multi-purpose vehicle (MPV) dapat menjadi pilihan transportasi ideal untuk berlibur bersama keluarga. Salah satu kendaraan MPV yang dapat menjadi pilihan adalah Wuling Cortez CT Type S dengan captain seat dan synthetic leather.

Mobil keluarga ini memiliki dimensi kabin yang lega dan konfigurasi tempat duduk yang terdiri dari tujuh kursi (captain seat) dan delapan kursi.  Anda dapat memboyong semua anggota keluarga tanpa mengorbankan kenyamanan mereka selama di perjalanan.

Ruang untuk kaki penumpang antarbaris kursi dibuat lega sehingga penumpang yang duduk di baris ketiga sekalipun tetap merasa rileks dan nyaman selama perjalanan. Apalagi, semburan air conditioner (AC) double blower-nya yang tersebar rata hingga bangku paling belakang, seisi kabin pun akan tetap merasa sejuk.

Oh ya, selain kenyamanan di perjalanan, Wuling juga membekali fitur keamanan pada mobil Cortez CT type S antara lain dual airbag, rem cakram pada roda belakang, dan kamera mundur untuk menjamin keselamatan berkendara.

Salah satu fitur keamanan unggulan di Wuling Cortez CT tipe S adalah kamera mundur. Layaknya mobil premium, saat kamera belakang Wuling Cortez CT type S menyala, steering guides line-nya juga bisa ikut berbelok saat setirnya berputar. Dengan begitu, keamanan saat memundurkan mobil tetap terkendali dari kabin kemudi. 

Adapun Wuling Cortez CT tipe S memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan continuously variable transmission (CVT). Berkendara dengan MPV ini terasa halus dan responsif. 

Kenyamanan lain yang ditawarkan selama berkendara dengan kehadiran fitur one push start/stop button, keyless entry, remote open windows and trunk, dan anti-theft system. 

Tidak hanya itu, varian Cortez CT type S juga dilengkapi dengan beragam fasilitas lainnya, meliputi advanced 8” entertainment systemaudio steering and call button, rear parking camera, rear disk brake, USB charging, sistem deselerasi ABS dan EBD, serta ISOFIX.