Advertorial

Hemat dan Efisien, Ini 5 Tips Belanja Kebutuhan Sehari-hari via Online

Kompas.com - 30/07/2020, 08:17 WIB
Dok. Shutterstock Dok. Shutterstock

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada awal Januari lalu, masyarakat perlahan mengalami perubahan kebiasaan. Bukan hanya dalam hal bekerja, bersosialisasi, dan bersekolah, perilaku belanja masyarakat juga turut berubah.

Kini, masyarakat cenderung memilih berbelanja secara online untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, sabun mandi, kosmetik, hingga bahan-bahan makanan.

Belanja via online dipandang sebagai jalan keluar dan menjadi salah satu solusi menghindari risiko tertular Covid-19.

Apalagi, sejak pemerintah mengampanyekan "di rumah saja", membuat banyak orang untuk memasak sendiri ketimbang membeli makanan dari warung maupun restoran.

Apabila kamu termasuk orang yang gemar belanja kebutuhan harian via online, berikut lima tips belanja online agar hemat dan efisien.

  1. Membuat daftar belanja

Meski belanja dilakukan via online, mencatat hal apa saja yang ingin dibelanjakan penting untuk dilakukan.

Pasalnya, mencatat daftar belanja dapat membantumu menyesuaikan antara kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Selain membantu dalam mengingat, daftar belanja yang disusun membantu mengingatkan sekaligus mencegah membeli barang yang tidak dibutuhkan, di luar kebutuhan yang sebenarnya.

Daftar belanja juga membuatmu lebih fokus saat berburu barang yang dibutuhkan dengan harga termurah.

  1. Masukkan dalam “wishlist”

Jika kamu sudah menyusun daftar belanja sesuai anggaran yang telah dialokasikan, namun ternyata barang diincar ternyata sold out, tidak ada salahnya memasukkan daftar daftar barang tersebut ke dalam wishlist.

Wishlist akan mempermudah kamu dalam proses belanja. Berikutnya, kamu akan menerima pemberitahuan (notifikasi) dari toko online tersebut jika produk yang kamu inginkan sudah di-restock kembali.

Hal ini akan membuat membantumu terhindar dari kehabisan stok lagi atau sebagai pengingat batas durasi program pesta belanja online.

  1. Membandingkan harga

Terkadang, saat belanja via online, produk yang diincar tak selalu masuk dalam daftar promo. Namun demikian, bukan berarti kamu tak bisa mendapatkan barang belanjaan dengan harga miring.

Untuk mendapatkan harga termurah, tak ada salahnya mencoba membandingkan harga menggunakan situs pembanding harga seperti Pricearea dan Priceza.

Di situs tersebut, kamu bisa menemukan urutan harga barang yang diincar. Dari harga paling murah hingga termahal yang dijual pada situs-situs toko online di Indonesia.

Cara tersebut membantumu lebih cermat dalam memilih toko online yang menawarkan barang incaran dengan harga termurah.

  1. Jangan mudah tergoda harga murah

Siapa yang tak tertarik pada produk yang dibanderol dengan harga murah? Tentu, siapapun menginginkannya.

Meski demikian, jangan terburu-buru mudah tergiur pada tawaran barang dengan harga murah. Apalagi, penawaran tersebut dikirimkan melalui email dengan meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail.

Waspadalah, bisa jadi Itu pekerjaan spammer. Selain itu, ada pula spammer yang mengirim e-mail seolah-olah datang dari perusahaan resmi.

Sebaiknya, kunjungi situs perusahaan dan berbelanja langsung di web resmi. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

  1. Belanja di akun official resmi

Agar lebih yakin soal keaslian produk, berbelanja di akun official merupakan pilihan tepat.

Saat ini official resmi sebuah produk atau toko groceries yang menawarkan beragam barang kebutuhan sehari-hari sudah tersedia di Tokopedia.

Tanpa perlu repot belanja langsung ke toko, kamu bisa belanja melalui akun toko groceries resmi seperti Lotte Mart, Prima Freshmart, dan Alfacart.

Sebagai salah satu hypermarket di Asia, Lotte Mart menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, pakaian, mainan, dan elektronik.

Nah, kalau soal urusan dapur, kamu bisa pula belanja di akun resmi Prima Freshmart di Tokopedia. Di Prima Freshmart tersedia aneka produk siap santap seperti beef bulgogi, rendang, ayam semur, bakso, sosis, dan nugget.

Sebagai bagian dari salah satu minimarket terbesar di Indonesia, Alfacart juga bisa menjadi salah satu tempatmu berbelanja melalui Tokopedia. Beragam kebutuhan sehari-hari juga tersedia di akun official AlfaCart.