Advertorial

Peluang Karier Gamer Profesional, dari Hobi hingga Menjadi Pundi-pundi

Kompas.com - 30/07/2020, 13:14 WIB
Ilustrasi seorang gamer profesional. (Dok. Florian Olivo - Unsplash) Ilustrasi seorang gamer profesional.

KOMPAS.com – Sebagian orang mengatakan bermain game hanyalah kegiatan sia-sia dan membuang waktu. Anggapan ini mungkin cukup beralasan karena seseorang yang bermain game bisa menghabiskan belasan jam di depan layar komputer dan laptop.

Padahal, bermain game atau gaming tak hanya dapat dijadikan hobi, tapi juga bisa menjadi profesi dan karier yang menjanjikan.

Bukan rahasia umum lagi, seseorang yang menekuni bidang tersebut bisa memenuhi pundi-pundi keuangannya. Penghasilan menggiurkan inilah yang membuat industri gaming semakin bergeliat dari waktu ke waktu.

Apabila kamu tertarik terjun menjadi professional gamers atau pro gamers, yuk simak dulu beberapa peluang karier menguntungkan yang bisa kamu raih dari hobi main game.

  1. Atlet e-sport

Kompetisi game online atau yang biasa disebut e-sport semakin marak akhir-akhir ini, dari perlombaan kecil tingkat regional hingga kompetisi skala global.

Dalam skala global, kompetisi The International masih mempertahankan gelar sebagai perhelatan e-sport terbesar dan termahal. Pada 2019, kompetisi DOTA 2 ini menciptakan rekor tertinggi soal prize pool atau hadiah dengan total sebesar Rp 481,16 miliar.

Ragam kompetisi e-sport juga sudah menjamur di Indonesia hingga menjadi cabang olahraga yang diujicobakan di Asian Games 2018 Jakarta - Palembang.

Salah satu atlet e-sport Indonesia yang berkompetisi saat itu adalah Hansel Ferdinand dengan keahliannya bermain Counter Strike: Global Offensive (CS:GO).

Pada 2013, gamer dengan nama panggilan BnTet itu mengawali karier profesional dengan penghasilan 600 dollar AS atau setara Rp 8,5 juta dalam satu kali turnamen.

Ketekunannya pun membuahkan hasil nyata. Kini dari hobinya, ia mampu meraup 101.603 dollar AS atau setara Rp 1,43 miliar dalam 38 turnamen hingga 2018.

  1. Bisnis game equipment

Butuh proses cukup panjang untuk mendapatkan berbagai fitur dan peralatan atau equipment dalam permainan game. Padahal, equipment ini sangat dibutuhkan sebagai modal menaikkan level permainan. Di sinilah celah bisnis equipmentgame terbuka.

Dalam game online, sistem jual-beli equipment itu disebut real money trading (RMT). Produk yang ditawarkan dalam RMT beragam, mulai dari aksesori, peralatan, senjata, karakter, hingga akun game.

Sebagai pro gamer yang berkecimpung di bisnis RMT, kamu hanya perlu fokus bermain untuk mengumpulkan equipment tersebut. Makin langka dan lengkap fitur dan peralatan yang kamu tawarkan, makin tinggi pula harga jualnya.

Biasanya, target pasar bisnis RMT adalah gamers pemula yang belum memiliki banyak fitur atau peralatan penunjang permainan. Sebagian dari mereka bahkan rela merogoh kocek cukup dalam demi mendapatkan equipment secara instan.

  1. Jasa menaikkan level game

Selain menawarkan equipment, kamu pun bisa menawarkan jasa menaikkan level kepada gamers yang seringkali mengalami kegagalan atau sekadar malas menaikkan kemampuan karakternya. Dalam dunia game, gamers tersebut dijuluki noob yang berarti payah.

Untuk masuk ke bisnis ini, kemampuan kamu dalam bermain game tentu harus lebih tinggi daripada mereka.

Tarif jasa leveling game sangat bervariasi bergantung dari level yang ingin dinaikkan, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Game tester

Sebelum sebuah game diluncurkan, developer biasanya melakukan uji coba dulu untuk mengukur kelemahan atau cacat produknya. Orang-orang yang menguji coba gameonline baru ini disebut game tester.

Biasanya, developer game merekrut game tester dari kalangan pro gamers yang tak hanya memiliki keandalan dalam bermain, tapi juga kecermatan dan pengetahuan luas seputar game online.

Peluang itu cukup banyak ditawarkan di internet, baik untuk posisi permanen maupun freelance. Bayaran yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

  1. Youtuber game online

Saat ini, Youtube telah menjadi ceruk bisnis yang sangat menjanjikan. Banyak anak muda menjadi jutawan bahkan miliuner hanya dengan membuat konten video yang mendatangkan banyak penonton atau viewers.

Bila kamu seorang pro gamers sekaligus memiliki keahlian membuat video, kamu bisa terjun ke ladang bisnis Youtube. Tak harus memiliki level tinggi untuk menjadi Youtuber game online, kamu hanya perlu menyajikan tangkapan layar dan mengeditnya menjadi lebih menarik.

Kamu pun bisa menambahkan tips menembus level sebuah game atau ulasan lain seputar game. Selain itu, kamu juga bisa selipkan beberapa humor ringan sebagai hiburan untuk viewers.

  1. Menulis blog seputar game

Kalau kamu gamers sekaligus hobi menulis, kamu bisa salurkan dengan membuat konten blog tentang game online. Hal penting dalam memulai bisnis ini, kamu harus memiliki situs sendiri yang bisa kamu isi dengan konten-konten tulisanmu.

Dalam blog tersebut, kamu bisa memberikan tips, ulasan sebuah game, jadwal pertandingan, profil pemain, hingga sinopsis game terbaru.

Dalam merintis bisnis tersebut, konsistensi sangat dibutuhkan dalam mengisi konten agar blog kamu terus hidup dan banyak pengunjung, misalnya satu atau dua tulisan dalam sehari.

Bila pengunjung blog kamu mulai banyak, iklan pun akan berdatangan yang dapat menjadi sumber pemasukan.

Bagaimana? Cukup banyak bukan peluang karier dari hobi bermain game? Meski banyak, kamu tidak bisa langsung menghasilkan uang dari bermain game. Ada proses yang harus kamu lewati hingga bisa menjadi pro gamers, yakni fokus, berkomitmen kuat, dan tekun latihan.

Tak ada cara instan karena profesi tersebut sangat mengandalkan keterampilan yang didapat dari ketekunan latihan. Untuk menunjang kegiatan berlatih gaming, pastikan dulu perlengkapan komputer kamu cukup mumpuni.

Hal itu lantaran permainan game butuh perlengkapan komputer dengan spesifikasi khusus, di antaranya mouse gaming, headset dengan microphone, controller game, gaming keyboard, monitor gaming, coolerpad, serta CPU dan motherboard yang kompatibel.

Tak perlu bingung, ada banyak toko online resmi yang menyajikan perlengkapan komputer gaming dengan jaminan keaslian dan kualitas jempolan, seperti Enter Komputer, Corsair, dan Logitech.

Toko-toko komputer tersebut telah membuka official store di Tokopedia. Kamu pun akan lebih mudah memilih perlengkapan komputer yang dibutuhkan dalam satu aplikasi saja.

Nah, sekarang kamu sudah siap menjadi pro gamers? Cukupi dulu kebutuhanmu hanya di Tokopedia.