Advertorial

Jangan Anggap Sepele, Hobi Main Game Bisa Datangkan Cuan Jumbo

Kompas.com - 30/07/2020, 15:29 WIB
Illustrasi gamer sedang live streaming (Dok. Shutterstock) Illustrasi gamer sedang live streaming

Bermain game sekarang bukan lagi dianggap sebagai kegiatan menghabiskan waktu. Kini, hobi yang dulu dianggap sebelah mata bisa digunakan untuk meraup cuan yang tak sedikit.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari hobi main game adalah menjadi game streamer. Umumnya, pundi-pundi game streamer ini didapat dari subscriber atau pelanggan, iklan langsung, maupun adsense. 

Semakin bagus konten yang dihasilkan, makin besar pula kesempatan memiliki pelanggan. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan uang turut semakin besar.

Gamer Richard Blevins, misalnya, meraup 500.000 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 7,33 miliar per bulan dari layanan streaming Twitch.

Melansir groovewallet.com, penghasilan per tahun gamer dengan alias Ninja ini bisa lebih besar bila digabungkan dengan kanal maupun iklan. Totalnya diperkirakan mencapai 5,4 juta dollar AS per tahun. Bila dirupiahkan, nilai itu mencapai Rp 79,2 miliar.

Tidak hanya gamer dari mancanegara, pemainlokal Indonesia juga tak kalah berpenghasilan jumbo dari kegiatan menyiarkan permainan game.

Di Indonesia, Tobias Justindianggap sebagai gamer yang memiliki penghasilan tertinggiPemilik alias Jess No Limit ini ditaksir meraup pendapatan Rp 300 juta-Rp 6,3 miliar per bulan.

Kamu bisa mengikuti jejak gamer tersebut, terlebih bila kamu memang punya hobi memainkan game.

Berikut tips menjadi game streamer yang dirangkum Kompas.com dari beragam sumber.

Mempunyai hardware yang mumpuni

Dalam menjadi game streamer, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki perangkat andal. Kamu dapat membeli komputer dengan CPU Quad core, graphic card terbaikRAM minimal 8GB, hingga ke penyimpanan SSD minimal 500GB.

Dengan komputer berspesifikasi tersebut, kamu mampu menjalankan beragam game tanpa lag atau gangguan. Tidak lucu kan saat kamu menyiarkan, game yang kamu mainkan malah ngadat.

Selain CPU, aksesori pendukung lainnya, seperti keyboard, mouse, dan headphone beserta microphone, wajib dimiliki. Jangan lupa pula lengkapi kursi game agar kamu nyaman saat menyiarkan permainanmu.

Kamu bisa menemukan hardware tersebut di Tokopedia. Marketplace terbesar di Indonesia ini menyediakan beragam pilihan komputer maupun aksesori pendukung. Keasliannya pun terjamin lantaran banyak official store di Tokopedia.

Webcam dengan resolusi yang bagus

Menyiarkan game butuh webcamyang mumpuni. Tujuannya, agar kualitas video tidak mengecewakan penonton.

Cari webcam dengan resolusi dan jumlah piksel yang tinggi. Selain itu, fleksibilitas pemasangan juga diperlukan agar mudah mengatur angle kamera pada saat melakukan live streaming. 

Asah kemampuan bermain setiap hari

Walaupun kelihatannya hanya bermain game, kamu perlu berlatih tiap hari. Untuk mengawali, kamu pilih game yang disukai agar tidak cepat bosan dan menyerah.

Latih kemampuan sampai kamu sudah merasa jago dan paham seluk-beluk game tersebut. Bila sudah andal, kamu bisa membagikan teknik rahasia serta tips dan trik.

Setelah itu, kamu bisa mencoba game lain agar kamu punya variasi konten.

Ingat, berlatih memang butuh waktu, tetapi ketekunanmu akan terbayar. Tetaplah yakin bahwa jalan menjadi game streamer dapat membuahkan pundi-pundi rupiah.

Jangan lupakan konsep

Unggahan video tidak bisa asal-asalan. Kamu pun perlu menyiapkan konsep matang agar video kamu tidak semenjana.

Untuk langkah awal, kamu bisa mempelajari unggahan dari game streamer yang sudah sukses. Gunakan rumus umum yang biasa dipakai dalam dunia bisnis maupun kreatif, yakni amati, tiru, dan modifikasi.

Seiring berjalannya waktu, kamu bakal menemukan ciri khas yang bisa ditonjolkan. Ciri inilah yang dapat menarik penonton dan akhirnya memutuskan berlangganan di channel kamu.

Konsisten mengunggahkonten video 

Aktif bermain dan rajin mengunggahvideo merupakan salah satu cara mencapai kesuksesan dalam dunia game streamer. 

Kamu bisa mengelola konsistensi dengan membuat jadwal harian, mingguan, maupun bulanan. Jadwal rutin akan menunjukkan bahwa kamu serius mengelola channel streaming.

Rutinitas ini juga bakal menjaga penonton biar tidak beralih atau meninggalkan channel kamu.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu praktikkan. Ingat, menjadi game streamer itu tidak bisa instan. Para gamer yang telah sukses juga butuh waktu untuk mencapai level saat ini.

Selamat mencoba!