Advertorial

Mengintip Daya Tahan Baterai dan Kinerja Flagship Huawei Seri P40

Kompas.com - 05/08/2020, 22:31 WIB
Dok. Huawei Dok. Huawei

KOMPAS.com - Perusahaan raksasa teknologi aWSsal China, Huawei, seolah tak berhenti menghadirkan inovasi smartphone flagship terbaru. Setelah tahun lalu sukses mengenalkan HUAWEI Seri P30, tahun ini Huawei kembali memboyong tiga ponsel flagship dengan inovasi unggulan.

Tiga perangkat yang diboyong Huawei untuk mengisi deretan HUAWEI P Series tahun ini, yaitu P40, P40 Pro, dan P40 Pro+.

Berbagai fitur canggih tertanam pada ponsel kelas atas tersebut, mulai dari baterai, desain, layar, performa, dan kamera. Lantas, seperti apa keunggulan fitur-fitur HUAWEI Seri P40? Berikut ulasannya.

Daya Tahan Baterai

Salah satu keunggulan smartphone flagship Seri P40 adalah daya baterainya. HUAWEI P40 menggunakan baterai Li-Po berkapasitas 3.800 mAh, sementara P40 Pro dan P40 Pro+ dilengkapi baterai berkapasitas 4.200 mAh sehingga masa pakainya lebih lama.

Selain itu, berkat dukungan teknologi 40W SuperCharging, baterai dapat terisi dengan cepat. Smartphone ini hanya perlu 30 menit untuk mengisi daya baterai dari keadaan kosong hingga 80 persen. Sementara untuk mengisi daya baterai hingga 100 persen hanya perlu waktu 50 menit saja.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemampuan pengisian daya yang cepat ini membuat HUAWEI Seri P40 cocok bagi pengguna yang mengutamakan efisiensi waktu.

Selain itu, Huawei juga cermat membaca perilaku pengguna smartphone yang seringkali mengisi daya baterai di malam hari dan membiarkan smartphone tertancap dengan kabel charger hingga pagi.

Kebiasaan ini dapat membuat baterai smartphone cepat rusak karena overload daya. Oleh sebab itu, Huawei menyematkan teknologi pintar smart battery charging pada HUAWEI Seri P40. 

Saat pengisian daya telah mencapai 100 persen, ponsel akan memutus arus listrik secara otomatis.

Masih ada kecanggihan lain di HUAWEI Seri P40 yang memudahkan pengguna mengisi daya. Tipe P40 didukung fast charging berdaya 22,5 watt. Sementara, seri yang lebih tinggi, selain fast charging, juga dilengkapi fitur wireless charging dan fast reverse wireless charging.

HUAWEI P40 Pro dibekali fast charging 40 watt dan wireless charging 27 watt, sedangkan HUAWEI P40 Pro+ dibenami teknologi fast charging 40 watt dan wireless charging 40 watt.

Nah, teknologi fast reverse wireless charging ini yang unik. Dengan fitur ini, kedua gadget ini dapat menjadi sumber pengisian daya secara nirkabel.

Caranya cukup dengan menghidupkan fitur reverse charging di opsi baterai, daya smartwatch atau earbuds sudah bisa diisi ulang tanpa menggunakan kabel.

Desain 

Ketiga flagship terbaru Huawei memiliki desain premium dengan bodi dilengkapi kaca. Khusus untuk HUAWEI P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki tambahan lapisan matte di bodinya. Lapisan ini berfungsi untuk mencegah sidik jari tertinggal di ponsel.

Jika dilihat sekilas, ketiga seri tersebut tampak sama. Namun, jika dicermati dengan seksama, Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ ternyata memiliki layar lengkung, sedangkan Huawei P40 tetap bertahan dengan desain layar datar.

Perbedaan lain di ketiga flagship ini terlihat dari bezel. P40 memiliki bezel lebih tebal dibandingkan P40 Pro dan P40 Pro+.

Untuk posisi kamera depan, ketiga smartphone premium ini memiliki desain yang sama. Lensa untuk swafoto dan video call ini ditempatkan di sisi kiri atas.

Selain itu, Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ dirancang dengan lengkungan di keempat sudutnya sehingga terlihat lebih berkelas dan nyaman untuk pengguna.

HUAWEI P40 ditawarkan dengan pilihan warna silver frost, sedangkan P40 Pro ditawarkan dengan opsi warna silver frost dan deep sea blue, dan  P40 Pro + dengan opsi warna ceramic white.

Layar 

HUAWEI P40 hadir dengan layar 6,1 inci, sedangkan HUAWEI P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki layar lebih lebar, yaitu 6,58 inci.

Layarnya memang tak sebesar ponsel flagship yang beredar di pasaran. Namun, Huawei mengambil keputusan tepat. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, ponsel Huawei Seri P40 nyaman digenggam dengan satu tangan dan mudah dimasukkan ke dalam saku.  

Pengalaman menonton konten-konten multimedia pun jadi lebih memuaskan dengan layarnya yang luas. 

HUAWEI P40 menawarkan layar 60 Hz, sedangkan P40 Pro dan P40 Pro+ menawarkan tingkat pembaruan hingga 90 Hz yang tentunya 50 persen lebih baik dari panel 60 Hz biasa. 

Meskipun memiliki refresh rate yang lebih rendah dibandingkan ponsel di kelasnya, keputusan Huawei menggunakan panel 90 Hz telah melalui berbagai pertimbangan. 

Sebab, perbedaan refresh rate panel tersebut sebenarnya tak terlalu berpengaruh bagi pengguna ketika membuka aplikasi atau menyaksikan konten.  

Performa 

Kinerja ketiga flagship terbaru Huawei disokong  chip Kirin 990 5G, RAM 8GB, serta memori internal UFS 3.0 degan pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Ruang penyimpanan ini bisa diperluas hingga 256 GB dengan nano memory.

Nah, dengan chipset dan kapasitas memori RAM sebesar itu, kinerja pemrosesan Huawei Seri 40 ini bisa dibilang cepat. Bermain game dan aplikasi pun tidak ngelag.

Performa apik chipset Huawei tersebut juga dibuktikan dari skor benchmark AnTuTu. HUAWEI P40 mencetak total 450.373 poin, P40 Pro 482.457 poin, dan P40 Pro+ 496.966 poin.

Peranti lunak

Huawei Seri 40 ini dilengkapi peranti lunak Huawei Mobile System (HMS) dan Petal Search  Find Apps – Widget. Di HMS, pengguna bisa mencari beragam aplikasi lokal maupun luar negeri melalui AppGallery.

Petal Search Find Apps – Widget makin mempermudah pengguna dalam mencari aplikasi yang ada di AppGallery maupun aplikasi di pihak ketiga.

Pengguna tinggal mencari di widget yang ada di home, aplikasi yang dicari pun siap dipasang.

Nah, widget ini bisa menghubungkan pengguna Huawei ke jutaan aplikasi dengan aman, tanpa harus takut bila aplikasi tersebut ternyata mengandung malware atau program jahat lainnya.

Aplikasi produktivitas, media sosial, transportasi, dan lain sebagainya dapat dengan mudah dicari dan dipasang.

Kamera 

HUAWEI Seri P40 dibekali lensa kamera yang berbeda-beda. Semakin tinggi level seri, maka semakin bagus pula kualitas kameranya.

Jika pada bagian-bagian di atas ketiga perangkat tersebut hampir sama, pada sektor kamera terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Semakin tinggi level seri maka ada penambahan kamera yang dibarengi kapasitas yang lebih tinggi pula. 

Pada HUAWEI P40, susunan triple-camera disematkan di bagian belakang dengan rincian resolusi 50 MP SuperSensing, 16 MP ultra-wide, dan 8MP telephoto cameras. Masing-masing dapat menghadirkan efek 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom, serta 30x max zoom

HUAWEI P40 Pro memiliki kamera 50 MP SuperSensing, 40MP ultra-wide, 8MP telephoto, dan sensor time-of-flight yang akan memberikan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x max zoom

Sementara itu, P40 Pro+ menambahkan lensa 3x optical telephoto zoom sehingga mampu menghadirkan efek superzoom sampai maksimal 100x zoom. Ketiga perangkat memiliki kamera depan 32 MP dengan sensor depth yang mumpuni. 

Setiap model HUAWEI Seri P40 memiliki kelebihan masing-masing sehingga Anda harus cermat menentukan mana yang paling relevan dengan kebutuhan. Selain itu, pertimbangkan juga kesesuaian dengan budget yang dimiliki.  

Bila kamera utama canggih menjadi keharusan, HUAWEI P40 Pro atau HUAWEI P40 Pro+ layak jadi pilihan. Sementara, bila Anda ingin memiliki smartphone dengan kamera mumpuni tetapi masih dengan harga bersahabat, HUAWEI P40 adalah pilihan tepat.