Advertorial

Deretan Brand Fashion Lokal Kekinian yang Wajib Kamu Punya

Kompas.com - 06/08/2020, 17:04 WIB
Brand lokal semakin diminati para pecinta fashion Indonesia (Dok. Shutterstock) Brand lokal semakin diminati para pecinta fashion Indonesia (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com - Perkembangan fashion lokal dari hari ke hari semakin menarik untuk disimak. Hadirnya berbagai platform online, seperti e-commerce dan media sosial, mendorong brand lokal terus tumbuh dan dikenal banyak orang. 

Saat ini, banyak brand lokal yang berhasil mempertontonkan desain ciamik dan kualitas mumpuni pada produk-produknya. Pilihan produk fashion yang tersedia pun beragam, mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori, dan masih banyak lagi. 

Lebih jauh lagi, beberapa brand lokal telah berhasil menembus pasar internasional. Selain itu, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau ketimbang merek internasional ternama. Tak heran jika makin banyak orang yang beralih ke brand lokal. 

Nah, agar kamu tidak ketinggalan tren fashion kekinian, berikut deretan brand lokal yang wajib kamu punya tahun ini. 

1. Potmeetspop 

Potmeetspop (PMP) adalah brand lokal asal Kota Bandung yang didirikan Hendry Sasmitapura satu dekade silam. Awalnya, PMP menjadi alternatif produk denim berkualitas dan terjangkau untuk pasar Indonesia. Saat itu, tren denim memang sedang menjamur dengan hadirnya berbagai brand internasional, seperti Nudie Jeans, Cheap Monday, dan Ksubi. 

Perlahan tapi pasti, PMP mengembangkan sayapnya dengan menghadirkan produk pakaian bergaya streetwear. Keputusan itu pun menuai hasil manis. Pada 2018, PMP terpilih sebagai salah satu brand lokal yang dapat berpartisipasi di pameran fashion internasional Agenda Show di Amerika Serikat. 

2. Voyej 

Berawal dari tugas kuliah, Lucas Stephen, Aradea Respati, Ivan Ariwibowo, Yossi Permana, dan Oktavianus Andika berhasil membawa Voyej menjadi salah satu brand aksesori kulit lokal yang disegani. 

Selain konsistensinya dalam menjaga kualitas dan mengembangkan lini-lini produknya, brand ini juga menjadi salah satu pionir yang memopulerkan aksesoris kulit di kalangan anak muda. 

Di tengah arus persaingan sektor aksesori berbahan kulit yang ketat, Voyej bertahan lewat komitmennya terhadap kualitas produk dan servisnya. Tak heran jika mereka berhasil menancapkan benderanya di berbagai kota besar di Indonesia, bahkan mancanegara. 

3. Cotton Ink 

Cotton Ink adalah salah satu brand yang cukup senior di kancah fashion lokal. Brand ini didirikan oleh duo Ria Sarwono dan Carline Darjanto pada 2008 silam. Keduanya mendirikan brand ini karena memiliki ketertarikan yang sama di bidang fashion

Berkat kreativitas dan konsistensi, pendiri Cotton Ink berhasil masuk daftar 30 orang terkaya Asia di bidang fesyen Majalah Forbes atau Forbes 30 Under 30 Asia pada 2016. 

Brand ini dikenal dengan rangkaian koleksi pakaian yang versatile dan masuk ke berbagai ukuran tubuh. 

4. Monstore 

Monstore adalah salah satu brand lokal yang mengusung konsep streetwear dan wearable art pada produknya. Didirikan oleh trio Agatha Carolina, Michael Chrisyanto, dan Nicholas Yudha satu dekade silam, brand ini memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dunia seni lewat produk fashion

Kolaborasi menjadi salah satu kunci Monstore bertahan dan berkembang di tengah arus persaingan brand lokal yang ketat. Salah satu proyek kolaborasi terbaik Monstore adalah “The Project Style” yang digarap bersama The Walt Disney Company. Proyek itu menghasilkan rangkaian produk pakaian dengan desain berbagai karakter Marvel ternama. 

5. Compass 

Belakangan ini, Compass menjadi salah satu brand sepatu lokal yang sedang hangat diperbincangkan. Pasalnya, setiap rilisannya selalu terjual habis dalam waktu singkat. Ribuan orang berbondong-bondong, rela antre berjam-jam untuk mendapatkan sepasang sepatu Compass. 

Didirikan sejak 1998, Compass dikenal dengan produk sepatu vulcanized klasik yang menggabungkan elemen military dan workwear. Harganya yang relatif terjangkau pun menjadi salah satu alasan Compass sangat digemari banyak orang. 

Itulah deretan brand lokal kekinian yang wajib kamu miliki saat ini. Nah, kamu bisa menemukan deretan brand lokal tersebut dan berbagai produk fashion lainnya di Tokopedia. Apalagi saat ini Tokopedia sedang mengadakan promo Kejar Diskon dan Bebas Ongkir

Dengan promo tersebut, kamu bisa menikmati gratis ongkir untuk berbagai produk fashion terkini. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mampir ke Tokopedia sekarang dan nikmati promo free ongkir biar belanja makin hemat!