Advertorial

Barang Datang Tak Sesuai Harapan, Ikuti Tips Ini Saat Belanja Online

Kompas.com - 07/08/2020, 19:56 WIB
Illustrasi orang sedang mengambil paket belanja online dari kurir pengantar (Dok. Shutterstock) Illustrasi orang sedang mengambil paket belanja online dari kurir pengantar (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com - Berbelanja secara online sekarang ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah, belanja online memungkinkan konsumen untuk membandingkan harga dari banyak penjual dalam waktu singkat. Sudah begitu, jika belanja di e-commerce, misalnya, mereka bisa lebih hemat dengan program bebas ongkir

Melansir Kompas.com, tren belanja online mengalami peningkatan. Transaksi embelanjaan makanan secara online naik 34 persen dan kebutuhan dasar naik 30 persen. 

Peningkatan itu, salah satunya disebabkan oleh anjuran untuk tetap berdiam di rumah selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan. 

Meski mudah, belanja di e-commerce punya tantangan sendiri. Salah satunya yang biasa dikeluhkan konsumen adalah barang datang tak sesuai harapan.  

Untuk menyiasatinya, konsumen perlu cermat ketika memilih barang. Kompas.com telah menyiapkan beberapa tips agar aktivitas berbelanja tetap aman. Berikut ulasannya. 

Cek testimoni penjual 

Hal pertama yang dapat dilakukan ketika berbelanja online adalah membaca testimoni dari para pembeli.  

Biasanya testimoni ini terdapat pada halaman komentar. Dari sana Anda bisa mengetahui bagaimana reputasi penjual. Namun, tetap berhati-hati ya karena mungkin saja testimoni yang tertulis adalah palsu alias buatan dari penjual itu sendiri. 

Untuk memastikan, pilih penjual yang sudah memiliki banyak testimoni dan reputasi bagus di mata konsumen. Lebih bagus lagi bila di dalam ulasan itu, banyak pembeli yang melampirkan foto. Anda bisa menilai sendiri apakah barang yang dijual benar-benar sesuai deskripsinya dengan melihat foto itu. 

Pastikan beli di e-commerce tepercaya 

Sekarang ini banyak sekali e-commerce di Indonesia, tetapi belum tentu semuanya aman. Sebelum bertransaksi, pilihlah situs belanja yang mendapat apresiasi positif. 

Hindari platform belanja online yang mendapat bintang satu atau mendapat komplain dan kekecewaan dari konsumen di akun media sosialnya maupun di situsnya.  

Salah satu platform e-commerce yang dapat dipilih adalah Tokopedia. Marketplace terbesar di Indonesia ini menjamin keamanan saat bertransaksi. 

Di Tokopedia, Anda bisa berbelanja di toko yang sudah berlabel Power Merchant atau yang ada simbol mahkota berwarna emas. Selain aman, toko-toko dengan label itu menawarkan layanan free ongkir.  

Double check barang yang akan dibeli 

Sebelum melakukan pembayaran, lakukan pengecekan dua kali. Anda bisa membaca deskripsi barang secara teliti, cara klaim garansi bila barang tidak sesuai, dan melihat foto produk. 

Bila masih belum jelas, jangan sungkan bertanya ke penjual. Jangan sampai Anda menyesal setelah membeli barang karena tidak sesuai ekspektasi. 

Upayakan membeli melalui aplikasi e-commerce 

Sekarang ini,  banyak penjual yang menjajakan dagangannya di media sosial (medsos). Harga yang murah menjadi salah satu senjata pedagang online di medsos untuk menarik pembeli. 

Namun, jangan mudah tergiur dengan harga miring yang ditampilkan. Demi keamanan, belanjalah di aplikasi e-commerce yang tepercaya, seperti Tokopedia. 

Selain aman, berbelanja di e-commerce punya banyak kelebihan. Pada waktu-waktu tertentu, Anda berkesempatan mendapatkan promo khusus.  

Contohnya saja promo gratis ongkir dan potongan harga di Tokopedia. Dengan promo ini, Anda pun jadi lebih hemat. 

Jadi tunggu apalagi? Selain aman dan lebih hemat, Tokopedia menyediakan beragam pilihan produk, mulai dari fesyen, elektronik, hingga kebutuhan sehari-hari. 

Ayo unduh dan pasang aplikasi Tokopedia. Dapatkan berbagai promo dan tawaran menarik lainnya.