Advertorial

Penuhi Nutrisi Tubuh, Yuk Simak Aneka Jus untuk Jaga Sistem Imun

Kompas.com - 14/08/2020, 19:10 WIB
Ilustasi jus buah dan sayur untuk jaga sistem imun tubuh. (Dok. Pixabay) Ilustasi jus buah dan sayur untuk jaga sistem imun tubuh. (Dok. Pixabay)

KOMPAS.com – Buah dan sayur sangat penting sebagai asupan nutrisi untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19. Mengonsumsi dua jenis makanan ini dianjurkan agar tubuh tetap fit dan penularan virus bisa dihindari.

Cara penyajian buah dan sayur bermacam-macam. Bisa dimakan langsung, diolah menjadi lauk dan salad, serta dapat dijadikan minuman jus.

Nah, yang disebutkan terakhir ini boleh dikatakan merupakan cara penyajian favorit bagi sebagian orang. Pasalnya, jus dapat menyegarkan tubuh dan cocok sebagai pelepas dahaga kala cuaca terik.

Selain itu, cara membuat jus juga cukup praktis, yakni dengan memasukkan potongan buah maupun sayur ke blender. Minuman ini bisa pula diracik dengan kombinasi buah dan sayur sehingga manfaat nutrisi yang didapat bisa lebih banyak.

Semua jus buah dan sayur memang kaya dengan nutrisi yang baik untuk organ tubuh, tapi ada beberapa jus yang bisa membantu kamu menguatkan sistem imun di masa pandemi. Apa saja? Yuk simak ulasannya yang dilansir dari Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

1. Jus jeruk

Sejak dulu, jeruk sudah dikenal kaya dengan vitamin C dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat menurunkan fungsi jaringan tubuh dan bisa jadi penyebab infeksi.

Oleh karena itu, mengonsumsi jus jeruk secara rutin akan bantu memenuhi kebutuhan vitamin C yang dapat menguatkan sistem imun tubuh. Saat membuat jus jeruk, sebaiknya kamu tidak menambahkan gula agar manfaatnya lebih maksimal.

2. Jus semangka

Semangka mengandung banyak air yang dapat menyegarkan tubuh sehingga cocok diolah menjadi jus. Selain menyegarkan, semangka ternyata juga mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak hanya itu, jus semangka juga dapat mengurangi gejala yang timbul akibat flu, seperti nyeri otot.

3. Jus kale, bayam, dan selada

Selain buah, aneka sayuran juga patut kamu coba menjadi jus, seperti kale, bayam, dan selada. Paduan ketiga sayuran ini akan membuat jus sayur kamu kaya dengan vitamin A, B-6, dan C yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kemudian, jus ini juga mengandung zat besi dan kalsium yang tentunya baik untuk organ tubuh lainnya.

4. Jus tomat

Tomat mengandung vitamin C yang sangat efektif meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, tomat juga mengandung asam folat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Oleh karena itu, tomat menjadi salah satu sayuran yang disarankan untuk diolah menjadi jus sebagai asupan nutrisi tambahan di masa pandemi ini.

5. Jus tomat, kale, dan seledri

Racikan jus sayuran yang satu ini sangat kaya nutrisi dengan kandungan vitamin A dan C, magnesium, potasium, zat besi, serta lemak nabati.

Itulah sebabnya jus ini tak sekadar menaikkan sistem kekebalan tubuh, tapi juga memberikan tubuh perlindungan dari peradangan.

6. Jus wortel, jeruk, dan apel

Berbeda dari racikan jus sebelumnya yang didominasi sayuran hijau, campuran jus yang satu ini dominan dengan warna orange.

Kombinasi wortel, apel, dan jeruk akan membuat jus kaya dengan vitamin A, B-6, C, potasium, dan asam folik. Nutrisi ini akan memberikan tubuh perlindungan dari flu dan demam yang kerap juga menjadi gejala Covid-19.

7. Jus bit, kunyit, dan jahe

Sejak dulu, manfaat kunyit dan jahe sudah dipercaya masyarakat Indonesia sebagai obat herbal untuk mengatasi batuk dan pilek. Tak heran apabila rempah ini sangat populer dan banyak diburu masyarakat di masa pandemi.

Ketika kedua rempah tersebut dipadukan dengan buah bit, maka manfaat jus ini pun semakin baik sebagai anti-peradangan. Dengan begitu, kamu akan terlepas dari serangan batuk pilek serta gejala yang ditimbulkan Covid-19.

Itu tadi buah dan sayur yang dapat kamu olah menjadi jus untuk meningkatkan sistem imunitas. Bahan-bahan jus tersebut bisa kamu peroleh dengan mudah tanpa harus keluar rumah.  

Kamu bisa belanja buah dan sayur secara online di Tokopedia. Saat ini, marketplace terbesar di Indonesia itu sedang mengadakan program Bangga Buatan Indonesia Tokopedia.

Di program itu, kamu bisa menikmati Promo Hari Kemerdekaan untuk beli produk lokal Indonesia, mulai dari buah dan sayur, skincare, fashion, makeup, dan banyak lagi.  

Lewat program tersebut, Tokopedia juga mengajak kamu agar semakin Bangga Buatan Indonesia.

Cek #BanggaBuatanIndonesia di Tokopedia sekarang juga! Beli produk lokal dan raih Bebas Ongkir Tokopedia! Yuk, sebarkan semangat Indonesia!