Advertorial

Dukung Proses Belajar Jarak Jauh, Zenius Luncurkan Layanan Belajar Live Interaktif

Kompas.com - 18/08/2020, 23:05 WIB
Zenius Education meluncurkan dua layanan belajar interaktif baru, yakni Zenius Ultima dan Zenius Optima guna mendukung proses pembelajaran jarak jauh (Dok. Zenius Education) Zenius Education meluncurkan dua layanan belajar interaktif baru, yakni Zenius Ultima dan Zenius Optima guna mendukung proses pembelajaran jarak jauh (Dok. Zenius Education)

KOMPAS.com – Zenius Education sebagai salah satu pionir penyedia platform belajar online di Indonesia meluncurkan dua layanan terbarunya, yaitu Zenius Ultima dan Zenius Optima.

Chief Executive Officer Zenius Education Rohan Monga mengungkapkan, kedua layanan itu hadir untuk mendukung perkembangan berlangsungnya pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurutnya, Zenius menemukan bahwa interaksi dua arah secara real time sangat dibutuhkan peserta didik selama PJJ.

“Kebutuhan anak untuk memahami materi atau menjawab suatu soal sampai tuntas dapat dipenuhi dengan bertanya secara langsung pada tutor yang mengajar. Tutor Zenius akan mendengarkan serta menjawab kesulitan yang dihadapi saat sesi kelas berlangsung,” ujar Rohan dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8/2020).

Adanya interaksi real time dengan tutor itu, imbuh Rohan, penting untuk mempertahankan gairah keingintahuan anak di tengah terbatasnya ruang interaksi saat ini.

Layanan belajar live dan interaktif

Kedua layanan baru tersebut akan memberikan pengalaman selayaknya belajar di kelas karena dilakukan secara langsung dan interaktif.

Zenius mengombinasikan konten berkualitas, cara mengajar, dan teknologi yang dapat membantu para peserta didik belajar lebih seru, asyik, tetapi tetap informatif dan lebih mudah dipahami.

Sebagai informasi, Zenius Ultima merupakan layanan yang akan membantu mempersiapkan para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 mendatang.

Layanan itu menghadirkan beberapa fitur inovatif, seperti Simulasi Real UTBK dan Evaluasi Progres Belajar Rutin guna memudahkan orangtua murid dalam memonitor progres belajar anak mereka.

Lebih lanjut, Zenius Ultima juga akan membantu para siswa mengenali bakat dan kemampuan mereka masing-masing sehingga dapat mempersiapkan diri lebih matang.

Sementara itu, Zenius Optima adalah layanan bimbingan belajar online secara live dan interaktif yang membantu memastikan dan mengoptimalkan hasil belajar siswa di sekolah. Layanan ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar dari kelas 10 hingga 12 SMA.

Layanan Zenius Optima dihadirkan untuk menjawab masukkan dari beberapa orangtua pengguna Zenius yang mengaku cukup kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait materi belajar yang cukup rumit dipahami oleh anak.

“Walau orangtua berada di rumah, waktu mereka juga terbatas karena tuntutan pekerjaan sehingga orangtua membutuhkan tutor yang dapat membantu mendampingi anak mereka belajar,” papar Chief Education Officer Zenius Education Sabda PS.

Sabda mengatakan, dari kondisi itulah Zenius terinspirasi untuk menyediakan layanan belajar live Zenius Optima untuk memberikan pengalaman belajar seperti di kelas sesungguhnya.

Nantinya, di setiap live class Zenius Ultima dan Optima akan dipandu oleh tutor-tutor senior dan berpengalaman di setiap mata pelajaran yang ada, termasuk beberapa master tutor Zenius.

Bahkan, para pengguna dapat memberikan pertanyaan secara langsung kepada tutor Zenius yang sedang mengajar. Beberapa master tutor yang turut mengajar secara langsung, di antaranya Sabda PS, Wisnu Subekti, dan Prasdianto.

Untuk diketahui, Zenius telah 16 tahun menjadi penyedia platform belajar online dan teman belajar para siswa di Indonesia. Bisnisnya dimulai tahun 2004 dengan menjalankan bimbingan belajar (bimbel) konvensional dan menjual rekaman video pembelajaran dalam bentuk CD.

Kini, Zenius telah berkembang menjadi platform belajar online melalui zenius.net dan aplikasi Zenius. Kedua platform ini memiliki konten pembelajaran berkualitas terbesar di Indonesia yang terdiri dari 80.000 lebih video dan ratusan ribu soal latihan yang dapat diakses secara gratis.

Tercatat, sepanjang tahun ajaran 2019/2020, lebih dari 15,7 juta pengguna unik telah mengakses website dan aplikasi Zenius. Selama tiga bulan terakhir, aplikasi Zenius telah diunduh sebanyak 3 juta kali.

Suguhan konten Zenius juga berbeda dari platform online lainnya. Zenius secara khusus merancang kontennya untuk membangun pemahaman menyeluruh, pola pikir ilmiah, dan menciptakan kecanduan belajar, ketimbang membiarkan para siswa untuk sekadar menghafal.

Selain itu, Zenius pun banyak berinvestasi pada teknologi dan sumber daya manusia yang berkualitas. Contohnya, tutor dan staf pendukung—kombinasi yang turut memastikan konten yang akan disampaikan selalu berkualitas tinggi.

Untuk informasi lebih lengkap tentang layanan Zenius Ultima dan Zenius Optima, bisa diakses lewat laman https://go.zenius.net/ultima dan https://go.zenius.net/optima.